Tempat Wisata

Wisata Kebun Raya Bogor : harga tiket, foto, lokasi, fasilitas dan tempat

Kebun Raya tidak hanya menjadi objek wisata, tetapi juga digunakan sebagai tempat penelitian dan cagar alam bagi para peneliti. Setiap hari Kebun Raya tidak pernah sepi. Wisata Kebun Raya Bogor merupakan salah satu tempat wisata yang menarik. Kisah-kisah yang diceritakan oleh pemandu juga memperluas wawasan Anda tentang kebun raya.

Pepohonan yang menjulang tinggi dan dedaunan hijau akan menyenangkan para pecinta alam. Udara sejuk dan angin sepoi-sepoi menciptakan suasana unik di taman luas. Beberapa bangunan bersejarah bisa anda saksikan sebagai tempat berfoto, terdapat taman dan danau buatan yang akan membuat anda betah berlama-lama di Wisata Kebun Raya Bogor Jawa Barat.

Fasilitas Wisata Kebun Raya Bogor

Fasilitas yang ada di kebun raya besar ini cukup memadai, pemerintah sangat memperhatikannya dan memastikan kebun raya selalu dikunjungi wisatawan. Oleh karena itu, tidak heran jika Anda akan menemukan berbagai jenis fasilitas yang bisa dikatakan lengkap.

Mulai dari fasilitas konservasi, guest house, paket shooting, dan lain-lain bisa Anda coba. Untuk menggunakan fasilitas Kebun Raya, Anda memerlukan sejumlah uang. Di bawah ini adalah daftar tarif penggunaan fasilitas Kebun Raya saat ini pada tahun 2017.

  • Untuk pemotretan harga mulai dari Rp 750.000 hingga Rp 3.500.000.
  • Harga sewa ruangan berkisar antara Rp4.000.000 hingga Rp17.000.000.
  • Menembak, harga mulai dari Rp 1.500.000 hingga 7.500.000
  • Untuk iklan produk komersial dikenakan tarif Rp 1.500.000 per hari
  • Untuk bangunan listing harga mulai dari Rp 1.000.000 hingga Rp 3.000.000.
  • Guest house harga mulai dari Rp 500.000 hingga 2.500.000

Sejarah Pariwisata di Kebun Raya Bogor

Semula Wisata Kebun Raya Bogor merupakan bagian dari hutan buatan yang ada pada masa pemerintahan Raja Siliwangi, seperti yang tertulis pada prasasti Batutulis. Untuk menjaga lingkungan dan melestarikan bibit kayu langka, diperlukan hutan buatan.

Pada awal abad ke-18, Jenderal Stamford Raffles menduduki Istana Bogor dan kemudian tertarik untuk mengubah halaman istana menjadi taman yang indah. Dengan bantuan beberapa ahli, Raffles akhirnya menyulap halaman istana menjadi taman bergaya klasik Inggris. Inilah awal berdirinya Kebun Raya Bogor.

Pada tahun 1814, istri Raffles meninggal dunia sehingga didirikanlah monumen Olivia (istri Raffles) di kawasan Kebun Raya. Terakhir, Gubernur Jenderal Van Der Capellen menerima surat dari seorang ahli biologi bernama Abner. Surat itu menyatakan ingin meminta sebidang tanah diubah menjadi taman.

Pada tahun 1817, Gubernur Jenderal Van Der Capellen secara resmi mendirikan Wisata Kebun Raya Bogor dengan nama “S Lands Planuntukin te Buitenzorg”. Sekitar 47 hektar lahan di sekitar Istana Bogor dijadikan kawasan pertama untuk kebun raya.

Berburu foto di kawasan wisata Kebun Raya Bogor

Bagi Anda yang suka berburu foto pasti akan sangat senang karena tempat ini menawarkan banyak spot foto yang pasti akan menciptakan momen spesial. Ada banyak tempat unik diantaranya Danau Gunting, Museum Zoologi, Pemakaman Belanda Kuno, Monumen Lady Raffles, Taman Meksiko, Taman Astrid dan Kafe Dedaunan dan masih banyak lagi.

Tentunya jangan lupa membawa perlengkapan fotografi Anda. Mengajak keluarga, sahabat atau pasangan sejenak menikmati indahnya suasana alam merupakan salah satu kegiatan yang membuat nyaman dan tidak bisa kita temukan di kota-kota besar.

Peta Tempat Wisata Kebun Raya Bogor

Biaya masuk wisata Kebun Raya Bogor

  • Biaya masuk: Rp 15.500/orang
  • Biaya masuk sepeda: Rp 15.000/orang
  • Biaya masuk sepeda motor: Rp 5.000/orang
  • Harga tiket masuk mobil: Rp 50.000/orang

(Pembaruan September 2023)

Jam Buka Wisata Kebun Raya Bogor

  • Buka setiap hari dari jam 7 pagi sampai jam 4 sore

Tips berlibur di Kebun Raya Bogor

Bagi yang membawa warna coklat, disarankan untuk membawa Stollen karena sebagian besar rute cocok untuk Stollen. Tidak ada restoran cepat saji di Kebun Raya, yang ada hanya pedagang yang menjual makanan ringan, minuman, nasi kuning, dan nasi uduk yang dibungkus plastik. Jadi jangan lupa membuang sampah pada tempatnya.

Disarankan juga untuk membawa topi atau syal, karena meski udaranya sejuk, sinar matahari juga cukup terik. Kenakan sepatu yang nyaman saat kita bepergian di area yang sangat luas. Semua orang membayar toilet umum di sana, jadi siapkan sedikit uang agar lebih mudah.

Demikianlah ulasannya Wbepergian kebun Raya BogorSemoga tips diatas dapat membantu anda yang sedang merencanakan liburan ke kebun raya. Botanical Garden sangat direkomendasikan bagi Anda yang ingin berwisata bersama keluarga. Jadi tak ada salahnya mengajak keluarga jalan-jalan lokal di akhir pekan ini.

Galeri foto Kebun Raya Bogor

Selamat datang di Kebun Raya Bogor
Potret Kebun Raya Bogor
Berburu foto di taman
Spot foto dengan bunga kaktus
Naik sepeda listrik ke Kebun Raya Bogor

Source: www.tempatwisata.pro

Related Articles

Back to top button