Berita Wisata

Wisata Kuliner Malam di Kali Pepe Land Boyolali, Gratis Masuk Lur!

Boyolali

Ada destinasi wisata baru di Kabupaten Boyolali, namanya Kali Pepe Land. Tempat wisata populer ini memiliki suasana yang nyaman dan romantis, juga cocok untuk wisata keluarga. Dapur menjadi andalan.

Tempat wisata ini terletak di tepi Sungai Pepe yang menjadi perbatasan antara kedua wilayah tersebut. Sebelah utara sungai adalah Desa Gagaksipat, Kecamatan Ngemplak, Boyolali. Sisi selatan sungai berada di kecamatan Colomadu, Kabupaten Karanganyar.

Pintu masuk ke Kali Pepe Land adalah dari utara sungai atau di desa Gagaksipat, Boyolali. Lokasinya tidak jauh dari kota Solo, sekitar 10-15 kilometer. Sedangkan terminal bandara Adi Soemarmo Boyolali hanya berjarak sekitar 3 kilometer.

Tanah Kali Pepe terletak di atas tanah milik Puspo Wardoyo. Puspo mengatakan lahannya di Desa Gagaksipat, di tepi Sungai Pepe, awalnya tampak kumuh dengan pepohonan dan ilalang.

“Saya ingin jadikan tempat wisata, tempat rekreasi,” kata pengelola Kali Pepe Land Puspo Wardoyo, Minggu (6/11/2022).

Tidak hanya fiksasi lahan di wilayah Boyolali, lahan di seberang sungai yang masuk ke wilayah Karanganyar juga sedang dikembangkan. Untuk menghubungkan kedua daratan tersebut, dibangun sebuah jembatan di atas Sungai Pepe.

Menurut Puspo, pembangunan Sungai Pepe Land saat ini baru sekitar 30% selesai, dijadwalkan selesai dalam dua tahun. Namun, objek wisata ini telah dibuka dan dibanjiri pengunjung setiap malam, terutama pada akhir pekan.

Dari Jalan Gagaksipat hingga tempat parkir Kali Pepe Land, pengunjung akan disambut dengan berbagai tanaman buah-buahan. Sebuah paviliun bambu besar menjadi pemandangan pertama saat tiba di lokasi.

Setelah melintasi jembatan ke arah selatan, pengunjung akan sampai di halaman yang luas dengan deretan gazebo dan pepohonan rindang. Juga berjajar dengan kursi dan bangku bundar dengan payung di tanah seperti bidak catur.

Warna senada dari lampu hias berjajar di atas dan melilit pepohonan. Di beberapa tempat, ayunan juga sudah dipasang.

Di tempat ini juga terdapat dua panggung musik untuk hiburan pengunjung. Nanti juga akan ada panggung untuk pertunjukan wayang kulit.

“Nanti ada perahu (di sungai), lalu hilir mudik, kelelawar buah, masak-masak. Kebanyakan masak,” kata Puspo.

Tentang pemberdayaan UMKM di Sungai Pepe Land ada di halaman selanjutnya…

Simak Videonya “Dipanggil DPP PDIP Ganjar Saja Ucapnya”
[Gambas:Video 20detik]

Source: news.google.com

Related Articles

Back to top button