Tempat Wisata

Wisata Kuliner Simpang Lima Boyolali ke Patung Terkenal Desember 2022

Tiket Masuk Simpang Lima Boyolali: Gratis Jam: 24 jam No. Telepon: -Alamat: Bayanan, Siswodipuran, Boyolali, Boyolali, Jawa Tengah, Indonesia, 57311

Simpang Lima Boyolali bisa menjadi alternatif wisata di Boyolali yang memiliki icon arca Arjuna. Patung berbentuk dua orang laki-laki yang sedang menaiki kereta kuda. Dimana jumlah patung kuda mencapai 13 ekor.

Sebenarnya kawasan ini bukanlah tempat wisata. Tapi taman kota di tengah perempatan. Namun karena di sana terdapat arca Arjuna yang besar, tiba-tiba tempat ini berubah menjadi tempat wisata. Tempat ini memiliki banyak keindahan yang tak terduga. Misalnya taman hijau yang bersembunyi di balik arca Arjuna.

Harga tiket Simpang Lima Boyolali

Simpang Lima Boyolali tidak memungut biaya masuk bagi pengunjung yang datang. Semua fasilitas di sekitarnya, mulai dari taman hingga perpustakaan, dapat digunakan secara gratis. Berfoto dengan latar belakang patung Arjuna juga gratis. Bisa dibilang kawasan ini merupakan objek wisata yang murah.

Harga tiket Simpang Lima Boyolali
tiket masuk Gratis

Baca : Tiket GUNUNG MERBABU & 5 Jalur Pendakian

jam buka

Kawasan Simpang Lima Boyolali tidak menetapkan jam buka tertentu. Siapapun bisa datang kapanpun mereka mau. Karena wisata ini selalu buka setiap hari dan bekerja 24 jam sehari. Mereka juga buka seperti biasa pada tanggal merah.

jam buka
Setiap hari 24 jam

Obyek wisata Boyolali Simpang Lima

Simpang Lima Boyolali bisa menjadi alternatif tujuan wisata selama berada di Kabupaten Boyolali. Daerah ini memiliki sejumlah atraksi. Beberapa di antaranya patung Arjuna, wisata kuliner, perpustakaan Boyolali dan taman terbuka hijau. Kalau mau beli sayur bisa mampir ke pasar sore di belakang perpustakaan.

Baca: Tiket & Wahana Atraksi Tlatar Boyolali

Patung Arjuna

Patung Arjuna Simpang Lima Boyolali.Patung Arjuna Simpang Lima Boyolali menggambarkan Arjuna dan Krisnha di atas kereta perang Bharatayudha. Foto: Googlemap/Herupit

Keberadaan arca Arjuna memang menjadi magnet tersendiri bagi wisatawan. Daya tariknya sendiri terletak pada deretan patung kuda yang tampak hidup. Banyak yang mampir ke kawasan ini hanya untuk berfoto selfie. Dan tak jarang ingin melihat kemegahan dan keindahan patung tersebut dari dekat.

Konsep patung mengambil cerita pewayangan salah satu tokoh Pandawa bernama Arjuna. Dalam arca ini, Arjuna digambarkan mengendarai kereta bersama Kresna. Sosok Arjuna dengan anak panah di kedua tangannya. Sementara itu Krishna berada di depan mengemudikan kereta.

Diperkirakan tinggi arca Arjuna ini mencapai 25 meter. Sedangkan panjangnya sekitar 24 meter. Hampir seluruh badan patung ini terbuat dari tembaga berkualitas tinggi. Pada malam hari, patung tersebut memancarkan cahaya ungu yang menakjubkan.

Baca: Tiket & Wahana CENGKLIK PARK RESERVOIR

Wisata kuliner

Wisata Kuliner Malam di Simpang Lima Boyolali.Wisata kuliner di Simpang Lima Boyolali menawarkan berbagai menu makanan dan minuman dengan harga yang terjangkau. Foto: Googlemap/Ilham Andree

Tidak hanya patung Arjuna saja yang menjadi daya tarik wisata Simpang Lima. Kawasan ini juga terkenal dengan kulinernya yang beragam. Pengunjung dapat berjalan ke sisi timur atau barat trotoar. Di kawasan ini banyak pedagang yang menawarkan makanan dan minuman dengan harga terjangkau.

Salah satu minuman paling terkenal di Simpang Lima adalah susu segar. Penjualnya adalah seorang wanita bernama Tutik Amiyati. Ia selalu menjajakan dagangannya di sisi timur trotoar setiap Sabtu dan Minggu pagi. Usaha ini sudah berjalan kurang lebih 1 tahun.

Susu segar yang dijual Bu Tutik memiliki kisaran harga Rp 5.000 hingga Rp 10.000. Tergantung ukuran liter susu dalam kemasan. Normalnya ukuran 250 mililiter harganya Rp 5.000. Yang 600 mililiter kini dijual seharga Rp 10.000.

Baca: Tiket Unik BARU SELO Boyolali & Spot Foto

Perpustakaan Boyolali

Perpustakaan Daerah Kabupaten Boyolali.Perpustakaan Simpang Lima Boyolali memiliki sejumlah koleksi buku seperti novel, buku cerita, pelajaran dan lainnya. Foto: Googlemap/Jambul Yudha

Simpang Lima Boyolali bukan sekadar tempat nongkrong atau bersantai. Wisata ini juga memiliki sisi edukasi dengan mengunjungi perpustakaan di belakang patung Arjuna. Sebelumnya, perpustakaan tersebut terletak di Jalan Seiko di sebelah toko konstruksi. Namun kini pemerintah telah memindahkannya ke Simpang Lima dengan bangunan putih dan modern.

Di perpustakaan terdapat buku-buku menarik yang bisa dibaca pengunjung. Jangan hanya membaca di tempat. Pengunjung juga bisa meminjam bukunya untuk dibaca di rumah. Selain koleksi buku, pengelola juga menyediakan komputer dan WiFi gratis.

Berkunjung ke Simpang Lima tidak hanya memberikan hiburan bagi pengunjung. Tapi juga dapat banyak ilmu dengan mengunjungi Perpustakaan Boyolali. Ada beberapa buku bagus yang sayang untuk dilewatkan. Mulai dari buku pelajaran, novel, buku cerita dan masih banyak lagi.

Baca: Tiket, Aktivitas, dan Fasilitas BALE RANTJAH PARK

Taman terbuka hijau

Di sekitar patung Arjuna terdapat taman terbuka hijau yang biasa digunakan untuk relaksasi. Penataannya begitu rapi dengan ornamen rerumputan hijau di permukaan tanah. Suasana semakin sejuk dengan adanya pohon besar di sisi perpustakaan.

Selain itu, ada pula tumbuhan berbunga warna-warni yang menghiasi permukaan rerumputan. Ada yang putih, ungu, merah, kuning dan orange. Namun yang paling dominan adalah warna merah pada bunga tasbih. Tanaman ini tingginya sekitar 2 meter dengan daun yang besar dan lebar.

Baca: Tiket EMBUNG MANAJAR & Panorama 5 Gunung

pasar sore

Menjelang sore, diadakan pasar dadakan di belakang perpustakaan. Di sini banyak pedagang yang menjual aneka sayuran. Mulai dari kol, wortel, tomat, cabe dan masih banyak lagi.

Selain sayur mayur, ada juga pedagang yang menjajakan jajanan pasar. Wisatawan bisa berbelanja sambil menikmati wisata kuliner. Harganya murah dan tidak terlalu menguras isi kantong. Biasanya kue dijual dengan harga Rp 500 hingga Rp 10.000.

Fasilitas Boyolali Simpang Lima

Padahal Simpang Lima merupakan wisata baru di Kabupaten Boyolali. Namun fasilitas penunjang yang disediakan pengelola sudah cukup memadai. Dimulai dengan menyediakan tempat parkir, fasilitas makan dan gazebo sebagai tempat bersantai.

Lokasi Simpang Lima Boyolali

Simpang Lima Boyolali terletak di Bayanan, Siwodipuran, Kecamatan Boyolali, Kabupaten Boyolali, Jawa Tengah. Lokasinya tidak terlalu jauh dari Alun-alun Selatan Boyolali. Dan masih tepat di tengah pusat kota Boyolali.

Source: travelspromo.com

Related Articles

Back to top button