Tempat Wisata

Wisata Makam Bung Karno : Harga Tiket, Foto, Lokasi, Fasilitas dan Spot

Siapa yang tidak kenal dengan mantan presiden pertama kita, Bapak Ir. Ir.Soekarno yang namanya dikenal sampai ke luar negeri. Semasa di bangku sekolah kita mengetahui seperti apa sebenarnya Bung Karno dan lika-liku perjalanannya sebagai salah satu tokoh bangsa Indonesia, sangat dikagumi dan disegani hingga akhirnya beliau menghembuskan nafas terakhir dan mengambil keputusan di kota tersebut. Blitar memilih Jawa Timur sebagai tempat tinggalnya. Beristirahatlah dalam damai selamanya.

Tidak lengkap rasanya jika berwisata ke Blitar dan tidak melewati makam mantan presiden pertama kita yang terletak di Desa Bendogerit, Kecamatan Sanan Wetan.

Di Sentul, 2 km sebelah utara pusat kota, makam mantan Presiden Sukarno ditandai dengan batu hitam besar dan monumen tiang serta mural yang menggambarkan prestasinya. Sukarno (atau Bung Karno) secara luas dianggap sebagai bapak bangsa Indonesia, meskipun ia baru diangkat kembali sebagai pahlawan nasional pada tahun 1978. Meski ada permintaan dari pihak keluarga untuk menguburkannya di rumahnya di Bogor, namun Sukarno dimakamkan di kuburan tak bertanda di samping ibunya di Blitar di atas tanah seluas 1,8 m2.

Makam ayahnya juga dipindahkan dari Jakarta. Baru pada tahun 1978 sebuah monumen rumit bernilai jutaan dolar didirikan dan pemakaman tersebut dibuka untuk pengunjung. Ada juga museum kecil yang didedikasikan untuk pria tersebut, menampilkan ratusan foto sejarah Sukarno dengan kepala negara seperti John F. Kennedy dan Ho Chi Minh.

Monumen ini memiliki kehadiran yang tak terbantahkan dan setiap tahun ribuan peziarah Indonesia datang ke sini untuk memberikan penghormatan. Puncak kehadiran terjadi sekitar Hari Kemerdekaan (17 Agustus), ketika pria dan wanita dengan pakaian batik dan hijab terbaik berkumpul dan bernyanyi untuk menghormatinya. Sayangnya, saat keluar, keadaan tiba-tiba berubah menjadi konsumeris, saat Anda dibawa menyusuri jalan dengan penjual suvenir yang tak ada habisnya di kedua sisinya.

Letak makam atau kubah Bung Karno tepatnya berada di sebelah utara bangunan perpustakaan dan museum (di lokasi ini juga terdapat museum dan perpustakaan Bung Karno). Ditandai dengan gerbang besar sebagai pintu masuknya. Anda harus menaiki tangga yang cukup tinggi sebelum memasuki area makam, lalu mengisi buku tamu di sebelah barat tangga. Setelah itu, Anda bisa memasuki area makam Bung Karno. Saat memasuki area pelataran pemakaman, Anda akan melihat bangunan berbentuk joglo yaitu kubah makam Bung Karno. Kubah ini diberi nama Astono Mulyo. Ada batu marmer hitam di atas kuburan yang bertuliskan: “Di sini dimakamkan Bung Karno, proklamator kemerdekaan dan Presiden pertama Republik Indonesia. Juru Bicara Rakyat Indonesia.”

Jika Anda sudah puas berziarah ke Makam Bung Karno, masih ada aktivitas lain yang bisa Anda lakukan di sini sambil mengenang jasa dan masa lalu mantan Presiden pertama kita. Di tempat ini juga terdapat museum dan perpustakaan Bung Karno seperti yang telah disebutkan di atas. Di sini Anda bisa leluasa melihat dokumentasi foto perjalanan hidup Bung Karno dan juga membaca buku sejarah yang ada di perpustakaan. Siapa tahu banyak ilmu tentang Pak Sukarno yang belum pernah Anda pelajari sebelumnya.

Fasilitas di Makam Bung Karno

Mengingat merupakan wisata sejarah dan religi, Makam Bung Karno memang tidak menawarkan banyak fasilitas, namun beberapa fasilitas yang tersedia juga cukup membantu bagi wisatawan yang datang, seperti tempat parkir mobil yang luas untuk kendaraan bermotor dan musala untuk doa, taman yang bisa anda kunjungi. Anda bisa menikmati pemandangan dan juga gazebo tempat pengunjung bisa duduk dan menunggu.

Letak kompleks makam yang berada di pusat kota sendiri juga memudahkan Anda dalam mencari akomodasi seperti hotel dengan tarif terjangkau hingga mahal. Tak jauh dari kawasan Makam Bung Karno, banyak terdapat kafe dan restoran yang bisa Anda kunjungi setelah selesai berkunjung. Ziarah untuk mengisi perut yang kosong. Sebelum pulang, Anda juga bisa membeli oleh-oleh satu atau dua buah sebagai oleh-oleh untuk sanak saudara di toko dekat Makam Bung Karno.

Berburu foto di makam Bung Karno

Meski fotografi di lokasi ini gratis, namun Anda tetap perlu menjaga sopan santun dan tidak mengambil foto di sembarang tempat. Tempat yang biasa dikunjungi pengunjung untuk berfoto adalah di dekat pintu masuk makam yang terdapat tiang-tiang tinggi. Anda juga bisa berfoto selfie atau foto dengan latar belakang makamnya, namun jangan terlalu memakan waktu.

Selain dari tempat ini, anda bisa bergerak sedikit menuju Perpustakaan Bung Karno dimana anda akan menemukan patung Bung Karno yang berukuran sangat besar, sangat cocok dijadikan sebagai tempat berfoto bersama keluarga sebagai oleh-oleh yang berkesan. Anda juga bisa berfoto di area museum dan perpustakaan, namun tetap harus mengikuti aturan.

Baca Juga: Wisata Air Terjun Jagir, Nikmati Keajaiban Keindahan Air Terjun di Banyuwangi

Akses jalan menuju Makam Bung Karno

Letaknya yang berada di tengah kota memudahkan jangkauan siapa pun yang ingin datang ke sini. Jika menggunakan kendaraan pribadi menginaplah di Alun-Alun Kota Blitar yang jaraknya hanya sekitar 2,5 km dari Makam, sekitar 3 km dari stasiun kereta api, dan sekitar 6 km dari terminal bus. Tentunya Anda juga bisa menggunakan angkutan umum seperti angkutan umum atau becak dengan biaya murah.

Kompleks Makam Bung Karno terletak tepat di jalan utama. Ada beberapa pintu masuk, bisa melalui Jalan Kalasan atau Jalan Ir. Sukarno. Jika Anda melewati Ir. Ir.Soekarno, setelah gerbang kita melewati pos penjagaan atau tamu. Dari pos penjagaan, di sebelah kanan adalah gedung Perpustakaan dan Museum Bung Karno, sedangkan di sebelah kiri adalah Makam Bung Karno.

Biaya masuk Makam Bung Karno

  • Biaya masuk: Rp 3.000/orang (belum termasuk biaya parkir)

(Diperbarui September 2023)

Jam buka Makam Bung Karno

  • Buka setiap hari dari jam 7 pagi hingga 6 sore

Tips berlibur di Makam Bung Karno

  • Jika Anda ingin lebih menikmati tempat ini, sebaiknya datang pada hari kerja karena tempatnya tidak terlalu ramai
  • Kenakan pakaian sopan
  • Jangan berkata kasar di sekitar kubur
  • Jangan membuang sampah sembarangan di sekitar kuburan
  • Hormati jamaah lainnya

Galeri foto makam Bung Karno

Potret batu nisan Bung Karno
Berdoa di Makam Bung Karno
Makam Bung Karno
Potret patung Bung Karno
Potret Bung Karno

Source: www.tempatwisata.pro

Related Articles

Back to top button