Berita Wisata

Wisata Mangrove Surabaya Lengkap Dengan Harga Tiket, Fasilitas dan Jam Buka

Wisata Mangrove Surabaya Lengkap Dengan Harga Tiket, Fasilitas dan Jam Buka
Ekowisata Mangrove Wonorejo. ©Liputan6.com/Ahmad Ibo

Merdeka.com – wisata mangrove Surabaya menjadi salah satu destinasi alam favorit bagi wisatawan lokal maupun non lokal. Tak hanya wahana hiburan untuk permainan, ada juga wisata alam yang tak kalah menarik untuk dikunjungi.

Wisata mangrove dipenuhi dengan hutan bakau yang rimbun. Di kawasan pasang surut pantai, hutan bakau selalu mekar, sehingga wisatawan tidak perlu khawatir saat berkunjung.

taboola tengah artikel

Adapun Wisata Mangrove Surabaya yang dikelola oleh pemerintah yaitu Wisata Mangrove Wonorejo dan Wisata Mangrove Gunung Anyar.

Berikut merdeka.com rangkuman detail wisata mangrove di Surabaya, dengan harga tiket masuk, fasilitas yang tersedia, serta jam buka dan tutup, menurut Liputan6:

2 dari 3 halaman

Wisata Mangrove Surabaya : Wonorejo


Wisata mangrove Surabaya yang paling terkenal ada di Jalan Raya Wonorejo No.1, Rungkut, Surabaya. Tempat konservasi mangrove yang dikelola sebagai ekowisata ini dikenal dengan nama Ekowisata Mangrove Wonorejo. Lebih dari separuh jenis mangrove di Indonesia tumbuh subur di kawasan ini.

Vegetasi asli yang tumbuh di kawasan ini didominasi oleh mangrove, api-api, pidada dan buta-buta. Beberapa jenis tumbuhan lain juga terdapat di kawasan ini, seperti ketapang dan nipah.

Selain mangrove, juga terdapat 83 jenis burung eksotis dan langka seperti bambangan kuning, bangau merah, merpati jawa dan merpati gading. Di hutan mangrove Wonorejo pengunjung akan melihat monyet laut atau monyet ekor panjang yang hidup bebas.

Pengunjung dapat berlayar di sepanjang muara Sungai Brantas untuk merasakan kekayaan keanekaragaman hayati hutan ini. Fasilitas kapal disediakan dengan perjalanan pulang pergi selama 20 menit.

Setelah 20 menit, perahu kembali satu demi satu. Selain perahu, pengunjung juga bisa menyewa speedboat berkapasitas 6 orang dengan biaya sekitar Rp300.000. Berikut fasilitas lainnya:

  1. Area parkir yang luas untuk kendaraan penumpang
  2. Pusat Informasi
  3. Tempat beribadah
  4. Toilet umum
  5. Belvedere
  6. Taman yang indah
  7. Spot Foto Instagrammable
  8. Wahana seru

Pengunjung hanya perlu menyiapkan kocek Rp 25.000 untuk dewasa dan Rp 15.000 untuk anak-anak agar bisa masuk ke zona ekowisata ini. Mangrove tour buka pada hari Sabtu dan Minggu serta hari libur nasional dan buka mulai pukul 08:00 hingga 18:00 WIB.

Sedangkan pada hari biasa, pengunjung harus menghubungi pihak pengelola wisata mangrove terlebih dahulu jika ingin mengikuti study tour untuk pelajar.

3 dari 3 halaman

Wisata Mangrove Surabaya : Gunung Anyar


Selain Wonorejo, wisata mangrove Surabaya lainnya adalah Gunung Anyar. Hutan Mangrove Gunung Anyar menjadi tempat wisata seperti Hutan Mangrove Wonorejo. Kebun Raya Mangrove Gunung Anyar Surabaya menjadi tujuan warga yang mencari kesejukan kota Surabaya.

Destinasi berkonsep ekowisata ini berlokasi di Jalan Medokan Sawah, Desa Medokan Ayu, Kecamatan Rungkut, Gunung Anyar Tambak, Gunung Anyar.

Kebun Raya Mangrove Gunung Anyar Surabaya memiliki aliran sungai dengan mangrove hijau yang asri. Berbagai fasilitas juga bisa dinikmati dengan bebas. Ada jalur joging bambu sepanjang 20 meter yang terhampar memanjang melintasi kawasan bakau.

Di sepanjang kawasan ini terdapat spot foto dengan pemandangan hijau hutan mangrove yang sangat diminati pengunjung. Spot foto ini berupa lingkaran bambu yang bisa digunakan untuk beristirahat. Ada juga gazebo di tengah hutan bakau tempat pengunjung bisa bersantai.

Di ujung timur Kebun Raya Mangrove Surabaya terdapat menara observasi setinggi 12 meter yang dapat digunakan untuk melihat kawasan mangrove dari ketinggian.

Untuk melihat pesona hutan mangrove di Wisata Mangrove Gunung Anyar ini pengunjung bisa menggunakan perahu. Namun, menjelajahi hutan bakau dengan perahu akan dikenakan biaya tambahan. Berikut fasilitas lengkapnya:

1. Wisata Edukasi Mangrove

2. Jalur joging sepanjang 630M

3. Menara Pengawal setinggi 12M

4. Tandai foto

5. Dermaga

6. Area piknik

7. Perjalanan perahu ke menara

8. Kantor manajemen

9. Toilet

10. Ruang sholat

Liburan di Wisata Mangrove Gunung Anyar bisa dilakukan pada akhir pekan. Pengunjung bisa mengunjungi objek wisata alam ini bersama keluarga atau pasangan agar semakin romantis.

Tempat wisata ini buka setiap hari mulai pukul 07.00 hingga 17.00 WIB. Pengunjung dimohon untuk menjaga kebersihan dan fasilitas selama berkunjung.

Wisata Mangrove Gunung Anyar merupakan destinasi wisata gratis atau gratis. Namun bagi pengunjung yang membawa kendaraan akan dikenakan biaya parkir.


[amd]

Source: news.google.com

Related Articles

Back to top button