Tempat Wisata

Wisata Pantai Siring Kemuning : Harga Tiket, Foto, Lokasi, Fasilitas dan Tempat

Karena letaknya sebagai negara maritim kepulauan dengan garis pantai yang panjang, tentu Indonesia mempunyai banyak pantai yang indah. Beberapa di antaranya, misalnya yang ada di Bali yakni Kuta dan Sanur, bahkan sudah dikenal hingga ke mancanegara. Namun ada sejumlah pantai tersembunyi dengan keindahan mempesona yang belum banyak diketahui orang. Salah satunya adalah pantai Siring Kemuning di Madura, lebih tepatnya di desa Mecajah di kecamatan Tanjung Bumi, sekitar 41 km sebelah utara kota Bangkalan.

Pada saat hari-hari libur khususnya malam tahun baru atau tahun baru, Pantai Siring Kemuning cukup ramai dikunjungi wisatawan lokal, mancanegara, dan mancanegara.

Suasana pantai ini sendiri menjadi magnet yang mengundang para pecinta pantai dan gemar berwisata. Lembutnya pasir yang membentang tentunya sangat cocok bagi Anda yang sekedar ingin duduk-duduk, bermain pasir bersama anak atau yang lebih seru lagi bermain voli pantai bersama teman-teman untuk mengisi waktu. Angin sepoi-sepoi juga membuat Anda merasa ingin berlama-lama menyaksikan deburan ombak di karang sekitar pantai.

Letak pantai ini di Bangkalan berarti garis pantainya sejajar dengan pantai lain di utara Pulau Madura.

Sejarah Pantai Kemuning

Sesuai dengan namanya, Pantai Siring Kemuning memiliki warna yang agak kekuningan. Berbeda dengan pantai berpasir putih pada umumnya, pasir putih di tempat ini juga agak kekuningan jika dilihat dari kejauhan. Tak hanya pasirnya, deburan ombak yang menyapu pantai pun terlihat menguning. Kata Kemuning sebenarnya berasal dari bahasa Jawa, dengan tambahan “em” yang berasal dari kata “Kuning” sehingga menjadi “Kemuning”. Kemungkinan besar, warna pantai yang cenderung kuning ini merupakan asal muasal Siring Kemuning yang menjadi nama pantai ini.

Beberapa puluh tahun yang lalu, ketika Pantai Siring Kemuning belum begitu dikenal masyarakat seperti saat ini, pantai ini sudah dikenal oleh wisatawan mancanegara. Kebanyakan wisatawan asing memilih pantai ini karena lokasinya yang tenang, indah, dan ombaknya yang landai. Namun pengunjung tetap harus berhati-hati karena ombaknya yang tenang sedang lesu. Berhati-hatilah saat bepergian dengan anak kecil. Awasi terus mereka saat mereka bermain air di pantai.

Dulunya Pantai Siring Kemuning panjangnya mencapai 100 meter. Namun karena banyaknya tambang pasir ilegal yang mengambil pasir untuk bahan pelebaran jalan di Kecamatan Tanjung Bumi, pasir di pantai tersebut berangsur-angsur berkurang hingga hanya menyisakan sekitar 25 meter.

Fasilitas di Pantai Siring Kemuning

Sangat disayangkan pantai indah yang terbilang tersembunyi ini masih kurang diperhatikan oleh pemerintah setempat, dilihat dari minimnya fasilitas pendukung di sekitar pantai. Bahkan untuk toilet atau kamar mandi umum, pengunjung harus menginap di rumah warga sekitar pantai.

Jangan berharap di tempat ini tidak ada warung atau tempat makan, jadi lebih baik bekal dari rumah saja.

Namun, setidaknya ada satu akomodasi yang bisa Anda temukan di dekat pintu masuk Pantai Siring Kemuning jika Anda memutuskan untuk menginap di sana.

Untuk berteduh di pinggir pantai sendiri bahkan terdapat beberapa bangku di bawah pohon rindang untuk berjaga-jaga jika terik matahari terlalu terik dan membutuhkan tempat berteduh sejenak.

Berburu foto di Pantai Siring Kemuning

Penggemar fotografi maupun yang baru berswafoto pasti akan betah menghabiskan waktu untuk berfoto seru bersama teman atau kerabat, selain itu latar pasir pantai yang agak kuning serta deburan ombak laut yang tak henti menghiasi air laut turut menambah kesan estetik yang sering digandrungi anak muda. inginkan hari ini. Jadi jangan lupa manfaatkan momen liburan Anda dengan mengabadikannya dalam foto.

Baca juga : Keindahan Pantai Rongkang memang memanjakan mata

Akses jalan menuju Pantai Siring Kemuning

Untuk menuju Pantai Siring Kemuning dari Bangkalan tidak terlalu sulit, ditambah lagi tersedia banyak kendaraan yang bisa Anda gunakan. Baik itu kendaraan pribadi seperti sepeda motor, mobil atau kendaraan sewaan bahkan angkutan umum pasti banyak sekali dan harganya hanya berkisar 8.000 rupiah saja.

Dari Madura sendiri dapat menempuh dua jalan utama yaitu Barat ke Timur dan Tengah ke Utara dengan waktu tempuh sekitar 1-2 jam. Jika melewati jalur tengah, Anda bisa mendapat bonus dengan berkendara menyusuri jalan yang menyuguhkan pemandangan indah.

Dari Surabaya sendiri memerlukan dua jenis jalur yaitu jalur darat dan jalur laut. Pertama, naik kapal feri dari pelabuhan Tanjung Perak atau lewat Suramadu. Untuk menuju Pantai Siring Kemuning dari Suramadu sendiri harus menempuh jarak sekitar 64 km, namun melalui Jl. Raya Klampis, jarak tempuh mungkin lebih pendek.

Biaya masuk ke Pantai Siring Kemuning

  • Biaya masuk: Rp 5.000/orang

Biaya masuk ke destinasi wisata ini dapat berubah sewaktu-waktu. (Pembaruan September 2023)

Jam buka Pantai Kemuning

  • Buka setiap hari dari jam 6 pagi hingga 6 sore

Tips berlibur di Pantai Siring Kemuning

Minimnya fasilitas di Pantai Siring Kemuning membuat pengunjung perlu mempertimbangkan beberapa hal berikut sebelum menuju ke sana.

  1. Rencanakan kendaraan mana yang akan Anda gunakan: kendaraan pribadi, kendaraan sewaan atau angkutan umum. Jika Anda menyewa atau menggunakan transportasi umum, pastikan Anda membawa uang yang cukup untuk menghindari masalah yang tidak diinginkan.
  2. Seperti pantai pada umumnya, cuacanya cukup panas jika datang ke sini pada siang hari sehingga bisa mengganggu. Pastikan untuk membawa tabir surya, topi, dan kacamata untuk melindungi tubuh Anda dari sinar matahari.
  3. Karena minimnya pilihan tempat makan di tempat ini, Anda perlu membawa bekal makanan dan minuman yang cukup karena pasti akan merasa haus dan lapar setelah bermain pasir atau laut.
  4. Tidak ada lokasi untuk menyewa tikar. Jadi jika Anda berencana untuk tinggal di sana dalam waktu lama, Anda perlu membawa tikar dari rumah.

Galeri Foto Pantai Siring Kemuning

Selamat datang di Pantai Siring Kemuning
Potret Pantai Siring Kemuning
Potret perahu nelayan

Berburu foto di pantai

Sunset di Pantai Siring Kemuning

Source: www.tempatwisata.pro

Related Articles

Back to top button