Tempat Wisata

Wisata Pantai Sukamade : Harga tiket, foto, lokasi, fasilitas dan spot

Wisata Pantai Sukamade : Harga tiket, foto, lokasi, fasilitas dan spot

Sebelumnya kita sudah membahas betapa serunya berwisata ke Taman Nasional Meru-Betiri yang merupakan surganya flora dan fauna. Kali ini kita akan membahas tentang tempat wisata yang masih berada dalam kawasan Taman Nasional Meru-Betiri dan juga sangat populer di kalangan wisatawan dalam dan luar negeri.

Pantai Sukamade di Banyuwangi terletak ke arah Pantai Rajegwesi dan Pantai Teluk Hijau. Sehingga lokasinya cukup berdekatan dan merupakan salah satu dari tiga tempat wisata segitiga berlian yang paling banyak dikunjungi bersama Kawah Ijen dan Pantai Plengkung.

Mengapa tempat ini banyak menjadi tujuan wisatawan yang berkunjung ke Banyuwangi? Karena di tempat ini Anda bisa menikmati pemandangan yang mungkin belum tentu bisa Anda lihat di pantai lain. Keunikan Pantai Sukamade adalah tempat ini merupakan surganya penyu karena juga terdapat lahan sebagai tempat penangkaran dan perlindungan penyu.

Ditemukan oleh Belanda pada tahun 1927, letak pantai yang cukup terpencil membuat penyu Samudera Hindia dan Pasifik merasa aman bertelur di lokasi ini, jauh dari gangguan manusia. Meski ada juga pantai lain di Banyuwangi yang dijadikan sebagai tempat penangkaran penyu yaitu Pantai Ngagelan, namun Sukamade merupakan habitat penyu terbesar di Indonesia hingga saat ini.

Dahulu puluhan penyu bahkan lebih dari 50 ekor bisa datang ke Pantai Sukamade untuk bertelur di pantai ini, namun belakangan ini jumlahnya semakin berkurang dan turun menjadi hanya belasan saja akibat banyaknya perahu nelayan yang datang menerangi pantai tersebut. daerah sekitar pantai. Penyu yang tidak menyukai cahaya agak takut dan tidak mau datang, namun ada peraturan yang tidak menyalakan lampu di Pantai Sukamade agar penyu tidak takut lagi.

Ada empat jenis penyu yang biasa bersarang di sini, yakni penyu hijau (Chelonia mydas), penyu sisik (Eretmochelys imbricata), penyu Slengkrah (Lepidochelys olivacea), dan penyu belimbing (Dermochelys coriaceae). Dari keempat spesies tersebut, penyu hijau paling melimpah di kawasan sekitar Pantai Sukamade, dan pantai ini juga menjadi tempat pendaratan penyu hijau terbaik di Indonesia.

Selain pemandangan pantai yang sangat memanjakan mata dan membawa keceriaan, Anda juga bisa melakukan kegiatan penetasan telur penyu yang dikumpulkan oleh petugas di sini, dan wisatawan diperbolehkan untuk berpartisipasi hingga bayi penyu tersebut nantinya dilepasliarkan ke laut.

Biasanya pada bulan November hingga Maret banyak penyu betina yang datang ke pantai ini untuk bertelur mulai pukul setengah tujuh malam hingga menjelang tengah malam. Ratusan telur dihasilkan.

Patroli rutin dilakukan di pantai ini setiap malam untuk memastikan telur penyu aman dari tangan orang tak dikenal dan gangguan apa pun yang ada, serta mencatat jumlah penyu yang bertelur pada saat itu.

Dahulu hingga tahun 1979 masih banyak orang yang melakukan perburuan penyu di tempat ini, namun untungnya saat ini penangkapan dan perburuan penyu dilarang keras karena penyu merupakan hewan yang dilindungi.

Fasilitas di Pantai Sukamade

Sedangkan untuk fasilitas pendukung yang bisa didapatkan ketika berkunjung ke Pantai Sukamade memang tidak banyak mengingat lokasinya yang cukup terpencil, namun ada pula yang dirasa cukup untuk digunakan, seperti disediakan oleh pihak pemerintah kabin pendakian, bumi perkemahan atau campsite. Ruang pertemuan, wisata jalan kaki bagi anda yang ingin mengunjungi kawasan Pantai Sukamade, laboratorium, pusat informasi penangkaran penyu dan juga workshop.

Sedangkan untuk akomodasinya sendiri, jika tidak ingin berkemah, Anda bisa menginap di guest house satu-satunya yang ada di Taman Nasional Meru Betiri ini. Sayangnya di tempat ini Anda tidak akan menemukan café atau restoran, mungkin hanya kantin sehingga mau tidak mau Anda harus membawa bekal sendiri untuk dimasak di sana.

Berburu foto di Pantai Sukamade

Bagi anda yang hobi fotografi, baik sekedar ingin eksis di media sosial ataupun karena memang menyukai seni foto, disini anda akan menemukan banyak tempat menarik untuk diabadikan, mulai dari memandangi pantainya sendiri yang sangat indah, karena itu adalah Letaknya yang sama dengan Taman Nasional Meru Betiri dan sekaligus jauh dari pemukiman warga atau jalan raya, sehingga serasa berada di tempat yang berbeda. Warna air laut yang biru dengan pasir putih juga menjadi background yang bagus untuk foto keluarga Anda.

Bahkan di malam hari, Anda bisa mencari foto penyu betina dewasa yang datang ke tepi pantai untuk bertelur. Namun perlu diingat: meski Anda bebas mengabadikan momen tersebut, Anda tidak boleh mengganggu ketenangan penyu yang sedang tidur. Bertelur atau menakuti mereka.

Baca juga: Wisata Kalibaru Lori, Nikmati Relaksasi di Kereta

Akses jalan menuju Pantai Sukamade

Bagi Anda yang ingin menuju pantai ini, jalur jalan paling mudah dan terdekat adalah jika berangkat dari Pelabuhan Ketapang Banyuwangi atau Jember. Sesampainya di banyuwangi atau jember, perjalanan bisa dilanjutkan langsung menuju sarongan dengan menggunakan mobil van tour atau kendaraan pribadi.

Selanjutnya kita harus menyewa mobil jeep dari Sarongan, penduduk setempat menyebutnya “taksi”. Jeep ini dapat digunakan untuk menyimpan barang-barang Anda. Perlu diketahui bahwa sewa jeep sudah termasuk dalam paket akomodasi di Sukamade di sini. Jadi jika menyewa jeep, akomodasi di Sukamade sudah termasuk dalam harga. Jika tidak ingin melakukannya, Anda juga bisa menyewa kendaraan off-road jenis lain. Namun, Anda harus membawa pemandu yang mengetahui rute menuju Pantai Sukamade.

Biaya masuk ke Pantai Sukamade

  • Biaya masuk: Rp 10.000 hingga 25.000/orang

(Diperbarui September 2023)

Jam buka Pantai Sukamade

  • Buka 24 jam setiap hari (kecuali Senin dan Selasa)

Tips berlibur di Pantai Sukamade

  • Bawalah baju ganti
  • Bawalah makanan dan minuman secukupnya
  • Jangan lupa gunakan tabir surya
  • Datanglah pada bulan November hingga Maret jika ingin melihat penyu bertelur
  • Jangan lupa membawa senter

Galeri Foto Pantai Sukamade

Pantai SukamadePantai Sukamade

Pelepasan penyu di Pantai Sukamade
Pilihan sewa mobil
Keindahan Pantai Sukamade
Potret penyu di Pantai Sukamade

Source: www.tempatwisata.pro

Related Articles

Back to top button