Tempat Wisata

Wisata Pura Monte Rambut: Harga Tiket, Foto, Lokasi, Fasilitas dan Spot

Jawa Timur merupakan salah satu provinsi di Pulau Jawa yang banyak digemari wisatawan dari berbagai daerah di Indonesia, baik itu wisata kuliner, wisata belanja, maupun wisata sejarah, karena tidak dipungkiri banyak sekali kejadian bersejarah yang menarik di pulau tersebut. Jawa. Dan objek wisata yang patut anda kunjungi ketika berada di Jawa Timur adalah Pura Rambut Monte.

Rambut Monte adalah sebuah telaga, pura dan tempat bermeditasi dengan latar belakang perkebunan teh, hamparan sawah hijau yang indah, aneka sayuran segar dan pohon durian di sepanjang perjalanan udara sejuk yang berkelok-kelok dan tidak membosankan antara lereng Gunung Kelud dan Gunung Kawi. . Rambut Monte terletak di Desa Krisik, Kecamatan Gandusari, sekitar 30 km dari Kota Blitar. Di situs ini terdapat sebuah pura yang merupakan tempat peribadatan umat Hindu pada masa Kerajaan Majapahit.

Kini terdapat telaga jernih berwarna biru kehijauan di bawah pura yang dihuni sejumlah ikan yang oleh penduduk setempat disebut “ikan mas” (godfish). Namun ada pula yang menyebut ikan Sengkaring sebagai ikan unik yang panjangnya sekitar 60 sentimeter. Jumlah ikan yang ada di danau ini konon tetap sama dan tidak pernah berubah.

Menurut masyarakat tempat ini dan berdasarkan legenda, terjadilah pertempuran antara Rahwana dan para naga melawan Mbah Rambut Monte, seorang keturunan kerajaan Majapahit. Pertarungan tersebut dimenangkan oleh Mbah Rambut Monte. Mbah Rambut Monte mengutuk Rahwana dan Naga berupa relief candi kera dan naga. Mbah Rambut Monte menjelaskan kepada murid-muridnya bahwa banyak candi yang dilestarikan berupa relief Rahwana dan naga. Namun karena sebagian besar muridnya tidak menuruti perintahnya, Mbah Rambut Monte sangat marah dan mengutuk murid-muridnya menjadi ikan Sengkaring yang masih hidup di danau.

Mengacu pada cerita tersebut, Ibu baptis adalah ikan sungai berbintik putih dan warna bercak putih agak bersisik asal Melayu, banyak dibudidayakan di desa Selo Tumpuk Wlingi Blitar.

Ukuran candi ini adalah panjang 375 cm dan lebar 290 cm. Kuil Monte Hair runtuh. Bangunan eksisting terbuat dari batu andesit dan berbentuk persegi panjang. Sisa candi ini adalah Kamadathu atau alas candi dan Rupadathu atau badan candi. . Struktur aslinya diperkirakan hanya memiliki 4-5 lapis batu pondasi. Di sisi barat terdapat sisa-sisa tangga menuju ke atas, sehingga diperkirakan candi ini menghadap ke barat.

Di depan artefak yang bentuknya seperti lingga yoni ini terlihat kepala kala dan kepala naga yang bermahkota. Kala sendiri sebenarnya adalah anak Dewa Siwa yang digambarkan sebagai raksasa besar dengan wajah yang menakutkan. Namun jika dilihat kepala di candi ini seperti kepala manusia dalam posisi merangkak.

Di sekitar candi masih terdapat relief lepas yang menggambarkan seseorang sedang duduk bersila (Danardhana, 1997: 25). namun kini keberadaan relief tersebut sudah tidak dapat ditentukan lagi. Mungkin di tumpukan candi. mengingat candi tersebut direnovasi kembali. Pada dinding candi terdapat tiga buah bunga Padma yang dipahat pada batu andesit. Terdapat hiasan bunga Padma pada dinding utara candi di sudut barat.

Fasilitas di Pura Rambut Monte

Pengunjung yang datang ke tempat ini tidak bisa berharap bisa berenang di danau hijau yang indah, namun kabar baiknya di samping danau terdapat kolam renang yang bisa digunakan umum sambil menikmati berenang serta pemandangan hijaunya. danau. Tepat di samping kolam renang juga terdapat bangunan yang berfungsi sebagai tempat duduk bersila berkarpet. Di sana Anda bisa bersantai menikmati udara sejuk di Pura Rambut Monte sambil menikmati jajanan yang dijual dengan harga terjangkau.

Dari sana, masyarakat pun suka melempar roti berbumbu ke ikan-ikan di danau. Fasilitas lain yang ada di lokasi ini adalah tempat parkir kendaraan roda dua yang dijaga oleh petugas parkir, sedangkan untuk kendaraan roda empat hanya perlu parkir di tepi jalan menuju pintu masuk candi. Ada juga dua toilet yang bisa digunakan umum namun lokasinya berbeda.

Berburu foto di Pura Rambut Monte

Jangan lupa untuk mengabadikan indahnya arsitektur candi dan beberapa bangunan masa lalu di kawasan ini, termasuk indahnya danau hijau dengan ikan-ikannya. Selain itu, suasana asri di sekitar lokasi candi juga sangat cocok dijadikan sasaran jepretan kamera Anda. Anda juga bisa berfoto selfie dengan bebas.

Baca Juga: Wisata Gua Embultuk, Kagumi Keindahan Stalaktit Dari Dekat

Akses jalan menuju Pura Rambut Monte

Ada dua jalur yang bisa Anda pilih jika ingin mengunjungi Kuil Monte Hair, yaitu:

– Rute dari Blitar ke Pura Rambut Monte : Bagi anda yang memulai perjalanan dari kota Blitar dapat berkendara menuju Wlingi melalui Garum dan Talun. Setelah sampai di Wlingi, perjalanan selanjutnya sebenarnya cukup mudah karena Anda sering menemukan petunjuk arah menuju Rambut Monte di sepanjang perjalanan. Menuju desa Semen, lalu menuju Tulungrejo sebelum akhirnya sampai di desa Krisik di kecamatan Gandusari. Jarak dari Kota Blitar ke Rambut Monte sekitar 39 km.

– Rute Malang (Kepanjen) Menuju Candi Rambut Monte : Jika dari arah Kepanjen cukup menuju Kabupaten Blitar lebih tepatnya kawasan perkotaan Wlingi. Cari jalan menuju Pasar Wlingi. Mulai dari Pasar Wlingi dan lanjutkan ke utara. Setelah melewati pasar Anda akan diberikan petunjuk menuju Rambut Monte. Setelah itu ikuti jalur yang sama seperti dari kota Blitar menuju Rambut Monte yang dijelaskan di atas (desa semen – desa Tulungrejo – desa Krisik).

Biaya masuk ke Pura Rambut Monte

  • Biaya masuk untuk anak-anak: Rp 2.000/orang
  • Biaya masuk untuk dewasa: Rp 3.000/orang

(Diperbarui September 2023)

Jam buka Pura Rambut Monte

  • Buka setiap hari dari jam 8 pagi sampai jam 4 sore

Tips liburan untuk Kuil Monte Hair

  • Karena ini adalah tempat yang menyimpan sejarah dan kepercayaan tentang hal-hal tertentu, kami harap Anda menghormati dan menghargainya
  • Kenakan pakaian yang sopan
  • Jika ingin berenang maka sebaiknya dilakukan saat tempat ini tidak terlalu ramai
  • Jangan mencoret-coret bangunan candi
  • Dan jangan membuang sampah

Galeri Foto Kuil Rambut Monte

Selamat datang di Pura Rambut Monte
Potret Kuil Rambut Monte
Danau di depan kuil
Keindahan Danau Monte Hair
Saung potret untuk istirahat

Source: www.tempatwisata.pro

Related Articles

Back to top button