Berita Wisata

Wisata Religi di Labuan Bajo, 4 Gua Maria Yang Bisa Kamu Kunjungi

mangarai barat

Selain wisata alam dan budaya, ada juga tempat wisata spiritual bagi wisatawan yang berkunjung ke Labuan Bajo, Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur. Bagi wisatawan yang ingin melakukan ziarah spiritual, ada empat gua Maria yang bisa dikunjungi di kota Labuan Bajo.

Setelah melihat komodo atau menikmati indahnya pemandangan alam Taman Nasional Komodo, wisatawan bisa berziarah ke Gua Maria di Labuan Bajo. Wisatawan juga bisa berziarah setibanya di Labuan Bajo, sebelum memulai aktivitas petualangan di berbagai destinasi wisata di Labuan Bajo.

Wisatawan dapat memanfaatkan waktu sebelum kembali ke kampung halaman dengan berziarah ke Gua Maria terdekat di Labuan Bajo. Berikut empat gua Maria di Labuan bBajo yang cocok untuk dikunjungi.

1. Gua Surga “Mary Queen of the World”

Lokasi Gua Maria ini berada di dekat Bandara Internasional Komodo. Jaraknya sekitar 500 meter di sebelah barat Bandara Internasional Komodo.

Jika Anda punya cukup waktu sebelumnya untuk lepas landas Dengan pesawat, wisatawan dapat melakukan ziarah terlebih dahulu ke gua Maria ini.

2. Gua Mary Golo Koe

Terletak di Golo Koe, Desa Wae Kelambu, Labuan Bajo, sekitar 10 menit dari Bandara Internasional Komodo. Gua Maria telah dikunjungi oleh banyak umat Katolik sejak pertengahan Agustus 2022.

Nama Gua Maria Golo Koe sudah tidak asing lagi bagi penduduk Labuan Bajo, juga umat Katolik daratan Manggarai Raya (Manggarai Barat, Manggarai, Manggarai Timur), Keuskupan Ruteng.

Patung Bunda Maria di Gua Golo Koe Maria memiliki lambang Garuda di dadanya, sehingga disebut patung Maria Asumta Nusantara.

“Gua Maria Golo Koe sering dikunjungi karena Agustus lalu ada kegiatan festival Golo Koe. Patung Maria ada lambang Garuda di dadanya, jadi namanya Patung Maria Asumta Nusantara”, jelas Vincent kepada Labuan Bajo.

Gua Maria ini cukup dikenal masyarakat karena ada prosesi agung arca Maria Assumpta Nusantara yang kini ditempatkan di gua Maria Golo Koe.

Dalam rangkaian Festival Golo Koe 14 Agustus 2022, patung Maria Assumpta Nusantara diarak oleh ribuan umat Katolik dari Keuskupan Ruteng Perairan Labuan Bajo menuju Gua Maria Golo Koe.

Prosesi akbar saat itu diawali dengan prosesi bahari yaitu membawa patung Maria Assumpta Nusantara dengan perahu dari Kampung Ujung Labuan Bajo. Kapal yang membawa patung tersebut berhenti di Dermaga TPI dan Pelabuhan Labuan Bajo Waterfront City.

Patung Bunda Maria kemudian diturunkan dari kapal dan kemudian diarak menuju Gua Golo Koe Maria. Komunitas perempuan Nahdlatul Ulama Manggarai Barat juga menjadi tuan rumah patung Bunda Maria di Waterfront City kali ini.

3. Gua Maria, Bunda Belas Kasih

Gua Maria berada di dalam kompleks biara Suster-suster SSpS. Lokasinya strategis, persis di utara kantor Bupati Maggarai Barat.

4. Gua Maria Golo Kaca

Gua Maria ini terletak di Wae Nahi, Desa Wae Kelambu, Labuan Bajo. Dari Bandara Internasional Komodo, Gua Maria ini bisa ditempuh dalam waktu sekitar 15 menit.

Tonton video “RS Siloam Labuan Bajo Sediakan Layanan Wisata Kesehatan Internasional”
[Gambas:Video 20detik]
(irb/dpra)

Source: news.google.com

Related Articles

Back to top button