Tak Berkategori

Wisata Religi GUNUNG SANTRI, Makam Ulama Besar

Gunung Santri

  • Biaya masuk: Bebas
  • Jam buka: 24 jam
  • Nomor telepon:
  • Alamat Lokasi : Desa Merapit, Desa Ukir Sari, Bojanegara, Serang, Banten, Indonesia, 42454

Gunung Santri merupakan tempat wisata alam dan religi di Serang. Diketahui, daerah sekitar Banten banyak menyimpan bukti sejarah berkembangnya Islam di Pulau Jawa. Salah satunya di Gunung Santri. Di tempat ini terdapat makam ulama besar masa lalu yaitu Syekh Muhammad Sholeh. Ia merupakan murid Sunan Gunung Jati yang juga Wali Songo.

Letaknya sekitar 25 km dari pusat kota Serang dan menawarkan pemandangan alam yang sebenarnya bukan termasuk kategori pegunungan. Dengan ketinggian kurang dari 600 meter di atas permukaan laut, kawasan ini sebenarnya lebih tepat disebut sebagai perbukitan. Meski tidak terlalu tinggi, namun jalur menuju puncak cukup menantang. Kawasan wisata ini selalu ramai dikunjungi masyarakat yang ingin berziarah. Selain itu pemandangan dari tempat ini juga menarik.

Biaya masuk Gunung Santri

Tidak ada biaya masuk ke objek wisata religi ini. Wisatawan bisa berziarah secara gratis atau sekedar menikmati pemandangan. Namun wisatawan juga bisa mengisi kotak amal untuk membantu pengelolaan dan pemeliharaan kawasan wisata tersebut. Parkir kendaraan dikenakan biaya.

Baca: KARANG GUNUNG Situs Suci Sumur Tujuh

Jam Buka Gunung Santri

Tidak berlaku jam operasional. Wisatawan bisa datang kapan saja. Bahkan banyak orang yang melakukan ziarah pada malam hari. Namun, sangat ideal untuk dikunjungi pada siang hari dan saat cuaca cerah. Sebab saat hujan akses menuju puncak sangat licin dan cukup berbahaya.

Sejarah Gunung Santri

Gunung yang digunakan untuk wisata religiGunung yang digunakan untuk wisata religiSelain pemandangannya yang indah, gunung ini juga menjadi saksi sejarah perkembangan Islam di Banten. Foto: Gmaps/Lintang Nafiz Channel

Kawasan wisata ini mempunyai sejarah yang panjang. Termasuk di balik penamaan Gunung Santri. Menurut cerita turun temurun, ulama besar Syekh Muhammad Sholeh pernah tinggal di gunung ini. Beliau merupakan Santri atau murid Sunan Gunung Jati.

Syekh Muhammad Sholeh diutus langsung oleh gurunya untuk menyebarkan ajaran Islam di daerah tersebut. Hingga akhirnya Syekh Muhammad Sholeh meninggal dunia dan bersemayam di puncak gunung tersebut. Karena itulah tempat ini akhirnya dinamakan Gunung Santri.

Saat ini kawasan pegunungan ini menjadi salah satu destinasi wisata religi paling terkenal di Serang. Kedekatan Syekh Muhammad Sholeh dengan Sunan Gunung Jati menjadikannya salah satu tokoh Islam penting di wilayah Banten. Gunung Santri tidak pernah sepi dari peziarah. Jika Anda berziarah ke tempat ini, Anda akan merasakan sensasi yang benar-benar berbeda. Pasalnya wisatawan harus mendaki ke puncak dan menempuh jalur yang cukup terjal.

Baca: Tiket Masuk dan Perjalanan ke PANTAI MARINA Serang

Tangga untuk akses menuju puncak gunungTangga untuk akses menuju puncak gunungUntuk menuju kawasan makam, wisatawan harus menaiki ratusan anak tangga. Foto: Gmaps/M. FAHMI IDRIS WAHYUDIN

Untuk sampai ke puncak dan melihat langsung makam Syekh Muhammad Sholeh, wisatawan harus melakukan pendakian. Meski ketinggiannya hanya sekitar 500 meter di atas permukaan laut, namun jalur menuju puncak cukup menantang. Kemiringannya mencapai 50 derajat dan membutuhkan daya tahan prima. Akses menuju puncak melalui tangga. Dengan setidaknya 500 langkah menuju ke atas.

Meski melelahkan, pemandangan indah akan menemani Anda dalam perjalanan. Pasalnya, tempat ini terletak di tengah pegunungan di Banten. Gugusannya memanjang dari pesisir pantai dan berakhir di Gunung Gede. Hutan hijau dengan kicauan burung akan menemani perjalanan Anda. Semakin tinggi Anda pergi, semakin indah panoramanya. Wisatawan bisa melihat gunung-gunung lain di wilayah Banten.

Baca: AQUALAND serang tiket dan 5 wahana

Makam Syekh Muhammad Sholeh Gunung Santri

Makam ulama besar di BantenMakam ulama besar di BantentPemandangan makam Syekh Muhammad Sholeh di puncak gunung. Foto: Gmaps/M. FAHMI IDRIS WAHYUDI

Sesampainya di atas Anda akan melihat makam Syekh Muhammad Sholeh. Makamnya sendiri terletak di sebuah bangunan yang menyerupai masjid. Bangunannya sangat terawat dan kebersihan di dalamnya tetap terjaga.

Saat ini sudah banyak warung di sekitar makam yang menjual berbagai makanan dan minuman. Selain itu, penjual souvenir juga bermacam-macam jenisnya. Setelah wisatawan bosan mendaki dan berziarah, biasanya mereka duduk di puncak dan bersantai. Nikmati indahnya alam dengan menyajikan berbagai makanan dan minuman untuk memulihkan stamina Anda yang terkuras.

Baca: ISTANA SUROSOVAN Meski sudah runtuh, namun tetap eksotik

Keajaiban Laut Utara dari Puncak Gunung Santri

Gunung dengan pemandangan laut Gunung dengan pemandangan laut Dari puncak gunung, wisatawan bisa menikmati pemandangan laut utara Banten. Foto: Gmaps/Danu Apriansyah

Dari puncak Gunung Santri Anda akan menikmati pemandangan yang unik dan luar biasa. Gunung Santri terletak di wilayah pesisir utara Provinsi Banten. Jadi wisatawan bisa menikmati pemandangan laut dari puncak. Laut Utara Banten dengan berbagai kegiatan industri. Lengkap dengan laut dan kapal-kapal besar yang lalu lalang.

Saat sore atau malam tiba, pemandangan semakin indah. Cahaya lampu kapal dan mercusuar yang mulai bersinar memberikan keindahan tersendiri. Apalagi saat cuaca sedang cerah. Langit jingga memberi kesan menenangkan dan terlupakan.

Baca: PULAU OAR Harga terjangkau, pesona beragam

Kunjungi Masjid Beji

Masjid bersejarahMasjid bersejarahKeindahan Masjid Beji dilihat dari atas. Foto: Gmaps/Hafidz Kuning

Selain di atas, masih ada hal menarik lainnya di bawah ini. Tak jauh dari tempat parkir terdapat sebuah masjid tua penuh sejarah yaitu Masijd Beji. Masjid ini sudah ada sejak masa Kesultanan Banten dibawah pimpinan Sultan Hassanudin. Arsitekturnya sendiri telah banyak mengalami perubahan dan terlihat lebih megah.

Perabot

Meski tidak ada tiket masuknya, namun tempat ini dilengkapi dengan sarana dan prasarana yang memadai. Kompleks wisata ini memiliki tempat parkir yang luas, toilet, tempat ibadah dan konektivitas yang baik.

Lokasi Gunung Santri

Objek wisata ini terletak di Desa Merapit, Desa Ukir Sari, Kecamatan Bojonegara, Kabupaten Serang. Letaknya sekitar 25 km dari pusat kota Serang dan dapat ditempuh dalam waktu sekitar 30 menit.

Source: travelspromo.com

Related Articles

Back to top button