Tempat Wisata

Wisata Soko Langit: Lokasi, Jam Buka, HTM & Tips

Perjalanan ke Wonogiri tidak lengkap tanpa mengunjungi Soko Langit. Wisata ini sering menjadi tujuan utama saat berlibur di Wonogiri. Lebih tepatnya di Padepokan Bulukerto

Wisata ini memiliki konsep kolam renang yang dipadukan dengan wisata alam. Selain itu, karena harganya yang murah, wisata ini selalu ramai pengunjung.

Alamat wisata Soko Langit

Obyek wisata ini terletak di Dusun Nglarangan, Desa Conto, Kecamatan Bulukerto, Kabupaten Wonogiri, Jawa Tengah. Wisata ini berjarak 42 kilometer dari Lapangan Giri Krida Bakti Wonogiri. Kedatangan dengan kendaraan pribadi adalah sebagai berikut:

Dari alun-alun silakan ke timur dan ikuti Jalan Raya Wonogiri – Ponorogo. Kemudian arahkan kendaraan Anda menuju Jalan Raya Slogohimo-Bulukerto. Sesampainya di pertigaan dekat SPBU Slogohimo, belok kiri ke arah Desa Conto hingga sampai di dusun Nglarangan.

Pemudik yang menggunakan Google Map disarankan menyalakan GPS dari SPBU Slogohimo. Atau berdasarkan unit BRI Bulukerto. Dengan begitu, rute yang disediakan Google menawarkan jalan yang lebih nyaman untuk kendaraan.

Pemandangan sawah yang hijau ditawarkan dalam perjalanan menuju objek wisata. Tidak ada salahnya berhenti sejenak, merilekskan tubuh dan menikmati segarnya suasana pedesaan.

Akses jalan menuju obyek wisata dapat digunakan oleh kendaraan roda dua dan empat. Namun, kendaraan roda empat harus diparkir di area bawah.

Kawasan wisata ini berada di puncak, sehingga wisatawan terlebih dahulu harus menaiki ratusan anak tangga. Namun jangan khawatir, ada jasa ojek yang bisa mengantar Anda touring dengan biaya Rp 3.000 per orang.

jam operasi

Wisatawan dapat mengunjungi objek wisata ini setiap hari dengan jam buka mulai pukul 08.00 hingga 18.00 WIB.

Tiket masuk Wisata Soko Langit

Wisatawan hanya perlu membayar Rp 3.000 untuk tiket masuk wisata. Namun, untuk bisa menggunakan wahana lain, Anda harus membayar tiket tambahan per wahana. Tiket wahana Flying Fox Rp 10.000 per orang, kolam renang Rp 7.000 per orang dan menara observasi Rp 2.000 per orang.

Fasilitas wisata Soko Langit

1. Parkir kendaraan

Tempat parkir cukup luas untuk menampung beberapa kendaraan besar seperti mobil dan bus.

2. Ojek

Ojek-ojek ini siap mengantarkan Anda ke tempat-tempat wisata agar tidak lelah menaiki tangga.

3. Paviliun

Bersantai di pendopo sambil menikmati suasana sejuk merupakan pengalaman yang tak terlupakan.

4. Ruang loker

Ada ruang ganti untuk pria dan wanita.

5. Masjid

Fasilitas sholat juga tersedia untuk umat Islam.

6. Restoran

Nikmati sajian khas Wonogiri sambil menikmati indahnya pemandangan Gunung Lawu. Menu yang ditawarkan sangat beragam, mulai dari nasi ayam hingga seblak. Harga makanan di restoran cukup terjangkau, mulai dari Rp 7.000 hingga Rp 20.000.

Tempat Wisata Soko Langit

Begitu memasuki kawasan perbukitan, wisatawan langsung disuguhkan panorama Gunung Lawu bagian selatan. Sangat berharga untuk mengabadikan panorama dengan kamera.

Wisata ini menawarkan berbagai wahana untuk Anda nikmati. Wahana seperti Flying Fox, Viewpoint dan Outbound Arena bisa ditemukan di sini. Dan jangan lupa untuk berenang di kolam yang selalu menjadi tujuan wisatawan.

Untuk menikmati wahana di sini, wisatawan harus membayar tiket masuk mulai dari Rp 7.000 hingga Rp 10.000. Tempat-tempat menarik berikut tersedia:

1. Kebun

Di kebun ini Anda akan menemukan berbagai jenis buah seperti buah naga, jeruk keprok, belimbing, jambu air, jambu kristal dan anggur. Wisatawan bisa memetik buah atau berfoto ria dengan latar kebun buah yang rindang.

Selain pohon buah-buahan, tanaman hias juga ditanam di taman ini. Tanaman-tanaman ditata di sini untuk mempercantik kebun.

2. kelelawar buah

Flying Fox dengan tinggi awal sembilan meter ini cocok bagi wisatawan yang ingin memompa adrenalin. Wahana ini menawarkan panorama alam yang indah dan memberikan tambahan keseruan berkendara saat meluncur. Anak-anak juga bisa mencoba wahana flying fox ini.

3. Sudut pandang

Biasanya ada titik pandang terpisah untuk setiap tur. Masing-masing wisata tersebut tentunya memiliki sisi keindahan dan keunikan tersendiri. Tergantung letak geografis objek wisata tersebut.

Karena letaknya yang berada di perbukitan, gardu pandang di sini menyuguhkan pemandangan hijau lereng selatan Gunung Lawu. Tentu saja, penduduk kota jarang menikmati panorama seperti itu.

Di pagi hari Anda bisa merasakan udara dingin khas pegunungan. Kabut tipis dan panorama sawah terasering menambah suasana liburan yang hening.

4. Kolam renang

Wahana kolam renang merupakan wahana terbaru dan atraksi yang populer. Wisatawan bisa berenang dan menikmati suasana alam perbukitan di lereng Gunung Lawu.

Kolam renang ini berada di ketinggian 900 meter di atas permukaan laut. Ini pasti akan membuat berenang lebih santai dan menyegarkan.

Ada kolam renang untuk dewasa dan kolam khusus untuk anak-anak. Jadi jangan lupa membawa baju ganti saat berwisata ke sini.

5. Rumah hobbit

Selain kebun buah-buahan, ada juga spot foto yang belakangan ini sangat populer. Tempat itu adalah rumah hobbit. Wisatawan bisa mencoba wahana ini untuk merasakan kehidupan seperti para hobbit di film-film.

Tips kunjungan Anda ke Wisata Soko Langit

1. Waktu terbaik untuk berkunjung adalah pagi hari pada hari kerja

Tur ini pasti akan ramai pada hari libur nasional. Entah wahana flying fox atau kolam renang. Yang terbaik adalah mengunjungi tur ini pada hari kerja karena di sana cukup sepi. Bahkan, saat berenang, Anda bisa merasakan seperti sedang berenang di kolam renang pribadi.

2. Siapkan baju ganti dan kamera

Berkunjung ke sini tanpa baju ganti rasanya rugi. Lagi pula, kapan lagi Anda bisa menikmati kolam renang khas hotel bintang lima dengan harga jalanan?

Ada juga ruang ganti dan toilet. Jadi Anda tidak perlu lagi khawatir tentang ke mana harus mengubah.

Keindahan panorama alam yang terbentang di sini wajib untuk diabadikan. Apalagi jika berkunjung pada hari kerja. Kegiatan foto tidak akan terganggu oleh pengunjung lain.

3. Selalu perhatikan kebersihan

Meski wisata ini merupakan wisata buatan dengan fasilitas yang cukup lengkap, namun kebersihan wisata juga menjadi tanggung jawab pengunjung. Misalnya, kemasan tidak boleh begitu saja dibuang ke lantai setelah makan dan minum.

Buanglah sampah pada tempatnya. Jangan lupa untuk menjaga kebersihan kolam. Tidak disarankan buang air kecil di kolam renang.

Gunakan toilet yang disediakan pengelola. Karena buang air kecil di kolam merupakan perbuatan yang tidak terpuji. Selain mencemari kolam, tindakan ini juga merugikan wisatawan lain.

Menutup

Meski tergolong wisata baru, jumlah wisatawan yang datang ke sini membludak. Dengan segala fasilitas yang disediakan, Soko Langit menjadi destinasi wisata yang cocok bagi wisatawan yang ingin bersantai dari hiruk pikuk kota.

Source: www.tempatwisata.pro

Related Articles

Back to top button