Berita Wisata

Wisata Unggulan Semua Kabupaten – Utara Nomor Satu

TANJUNG REDEB, NOMOR SATU DI UTARA – Satu lagi objek wisata baru di Kabupaten Berau. Diresmikan oleh Bupati Berau, Sri Juniarsih. Yakni kunjungan kota tua di kecamatan Teluk Bayur.

Bupati Berau, Sri Juniarsih meminta agar pengembangan pariwisata terus dilakukan dengan sungguh-sungguh. Bahkan ia menargetkan Bumi Batiwakkal harus memiliki wisata unggulan di setiap kecamatan yang ada. Termasuk di perkotaan.

Sehingga wisatawan yang datang tidak hanya menikmati wisata alam kecamatan Segah dan Kelay hingga pulau Maratua, Derawan dan Bidukbiduk.

“Kami menargetkan 13 kecamatan yang semuanya memiliki wisata unggulan. Sesuai dengan potensi daerah masing-masing,” ujarnya, Minggu (20/11).

Ia merasa khusus di Kabupaten Teluk Bayur banyak bangunan tua yang menjadi saksi kejayaan Teluk Bayur. Sejak 1912, Teluk Bayur menjadi pusat produksi batu bara pada masa penjajahan Belanda.

Ditandai dengan berbagai bukti peninggalan sejarah, berupa rel kereta api yang membawa batu bara yang kini tertutup bumi. Selain itu, sejumlah gedung saat ini berfungsi sebagai kantor teater.

“Saya telah meminta organisasi perangkat daerah (OPD) terkait untuk kembali mencari sisa-sisa peninggalan sejarah yang masih tersisa,” ujarnya.

Menurutnya, saat ini masih banyak benda-benda bernilai sejarah yang kondisinya tertutup rerumputan bahkan tanah. Orang nomor satu di Kabupaten Berau itu ingin semua peninggalan sejarah kembali normal.

Selain sebagai warisan yang memiliki arti untuk diwariskan kepada generasi mendatang, semua benda bersejarah tersebut dapat menjadi daya tarik wisata untuk mengundang banyak wisatawan datang ke Kabupaten Berau.

“Wisatawan yang datang juga bisa belajar banyak tentang potensi wisata budaya dan sejarah Berau, tidak hanya menikmati keindahan alamnya saja,” jelasnya.

Ia menegaskan, Pemkab Berau terus berkomitmen untuk mengembangkan potensi wisata yang ada. Diharapkan dengan terciptanya berbagai item wisata premium akan berdampak pada upaya peningkatan perekonomian warga Bumi Batiwakkal. (IZA)

Source: news.google.com

Related Articles

Back to top button