Berita Wisata

Wisata wajib di Kalimantan Timur, surga pecinta alam

Merdeka.com – Wisata kalimantan bisa dijadikan tujuan liburan. Kalimantan memiliki banyak tempat wisata alam favorit mengingat kawasan ini termasuk dalam salah satu pulau terbesar di Indonesia. Wilayah Kalimantan memiliki banyak potensi wisata alam yang luar biasa. Salah satunya di Kalimantan Timur.

Kalimantan Timur memiliki berbagai potensi wisata yang tak kalah mengagumkan dengan tempat wisata lain di Tanah Air. Bahkan, sudah banyak orang di dalam maupun luar negeri yang mengakui keindahan panorama alam Kalimantan Timur.

taboola tengah artikel

Jika Anda berkunjung ke pulau ini, jangan lupa untuk mengunjungi beberapa tempat wisata dengan pemandangan alam yang menakjubkan. Berikut situs merdeka.com membagikan rekomendasi tempat wisata Kaltim dilansir berbagai sumber (8/12/2022):

2 dari 5 halaman

Pulau Derawan

tujuan di Kalimantan Timur

Foto: tripadvisor ©2022 Merdeka.com

Pulau Derawan adalah salah satu tempat wisata paling populer di Kalimantan Timur. Di pulau ini, Anda akan diperkenalkan dengan wisata bahari yang akan membuat liburan Anda berkesan. Terdapat beberapa ekosistem pesisir dan pulau kecil, seperti terumbu karang, padang lamun dan hutan bakau.

Di Pulau Derawan juga dapat dijumpai beberapa spesies hewan laut yang dilindungi seperti lumba-lumba, penyu hijau, paus, ketam kelapa dll. Di tempat ini pengunjung juga bisa melakukan berbagai aktivitas.

Mulai dari snorkling, diving, surfing atau sekedar bermain dan bersantai di pantai. Di tempat ini Anda juga bisa menemukannya dengan mudah Biro perjalanan yang akan memandu liburan anda di Pulau Derawan.

Baca juga :
121 tebakan konyol buat pacar, mengungkapkan romantisme lewat flirting
40 teka-teki romantis lucu yang akan membuat Anda tertawa
7 Resep Tahu Rumahan Enak dan Mudah Disiapkan
80 Kata Romantis Perjuangkan Cinta, Jaga Kasih Sayangmu Untuk Si Doi

3 dari 5 halaman

Pulau Kakaban

Masih berada di kawasan yang sama dengan Pulau Derawan, Pulau Kakaban juga menjadi salah satu tujuan wisata favorit karena adanya danau yang indah di tengah pulau. Danau ini dipenuhi campuran air hujan dan air laut yang merembes dari pori-pori di dalam tanah.

Danau Kakaban merupakan rumah bagi ubur-ubur cantik yang tidak beracun, sehingga pengunjung bisa snorkeling sambil menikmati keindahan pulau ini. Ada dua jenis ubur-ubur, yaitu ubur-ubur emas dan Ubur-ubur bulan.

tujuan di Kalimantan Timur

Foto: tripadvisor ©2022 Merdeka.com

Saat berenang di Danau Kakaban, Anda juga bisa menjumpai beberapa jenis ikan seperti barakuda hingga hiu ujung putih. Namun, jika ingin berenang di danau, pengunjung tidak diperbolehkan menggunakannya Krim surya Di mana layar penuh

Bahkan, bahan kimia yang dikandungnya dikhawatirkan dapat mencemari habitat ubur-ubur dan hewan laut lainnya yang hidup di Pulau Kakaban.

4 dari 5 halaman

Cermin Labuan

tujuan di Kalimantan Timur

Foto: tripadvisor ©2022 Merdeka.com

Danau Labuan Cermin tentunya sangat populer di kalangan masyarakat Indonesia. Lokasinya berada di Kabupaten Berau, Kalimantan Timur. Telaga ini memiliki air yang sangat jernih hingga ke dasarnya. Di permukaan, air danau berasa asin dan segar di dasarnya. Hal ini membuat Labu Cermin sering disebut sebagai Danau Dua Rasa.

Dinamakan Danau Labuan Cermin karena danau ini memiliki lapisan yang dapat memantulkan sinar matahari. Lapisan air yang terdiri dari air laut yang asin dan tawar inilah yang membuat air di danau tersebut memantul seperti cermin.

Untuk menuju tempat ini, pengunjung harus menempuh perjalanan darat sekitar 8 jam dari Bandara Kalimarau. Di sana, pengunjung bisa melakukan aktivitas seperti snorkeling.

Namun, pengunjung juga harus tetap berhati-hati. Karena letaknya yang berada di tengah hutan, bukan tidak mungkin danau ini juga dihuni oleh hewan liar seperti ular dan buaya.

Gua Haji Mangku

tujuan di Kalimantan Timur

Foto: tripadvisor ©2022 Merdeka.com

Gua Mangku Haji merupakan tempat wisata tersembunyi di Kalimantan Timur. Lokasinya berada di tengah hutan yang dikelilingi pepohonan rimbun yaitu Pulau Maratua.

Di tempat ini pengunjung dapat melakukan snorkeling atau cave diving atau snorkeling.Waktu terbaik mengunjungi Gua Haji Mangku adalah pada siang hari.

Karena pada saat itu matahari akan bersinar di dalam gua dan airnya akan jernih dan berwarna kebiruan. Untuk menuju ke sana, Anda bisa menempuh jalur darat atau laut.

5 dari 5 halaman

Telaga Biru Tulung Ni Lenggo

tujuan di Kalimantan Timur

Foto: tripadvisor ©2022 Merdeka.com

Telaga Biru Tulung Ni’Lenggo terletak di Desa Tembudan, Kecamatan Batu Putih, Kabupaten Berau, Kalimantan Timur. Di tempat ini pengunjung bisa menikmati keindahan danau yang menyejukkan mata.

Taman Nasional Kutai

tujuan di Kalimantan Timur

Foto: tripadvisor ©2022 Merdeka.com

Meliputi area seluas 198.000 hektar, Taman Nasional Kutai sangat cocok bagi pengunjung yang ingin merasakan alam dan satwa Kalimantan Timur.

Beberapa ekosistem yang bisa Anda lihat antara lain hutan campuran dipterocarp, hutan mangrove, hutan rawa air tawar, vegetasi hutan heather, dan masih banyak lagi.

Lokasinya berada di Desa Sangkima, Kecamatan Sangatta Selatan, Kabupaten Kutai Timur.

Bukit Bangkirai

tujuan di Kalimantan Timur

Foto: tripadvisor ©2022 Merdeka.com

Di tempat ini pengunjung bisa menemukan jembatan gantung pertama di Indonesia di kawasan Semboja, Kutai Kertanegara. Kawasan Bukit Bangkirai ini luasnya sekitar 1.500 hektar dan terletak di hutan hujan tropis yang cukup jarang.

Uniknya, di sini pengunjung akan melihat banyak pohon yang tingginya mencapai 40-50 meter dan berdiameter 2,3 meter. Lokasi bukit ini berada di Karya Merdeka, Semboja, Kabupaten Kutai Kartanegara.

Baca juga :
7 Wisata Air Terjun di Bogor yang Menawarkan Pemandangan Indah, Wajib Dikunjungi
Álvaro Morata, pencetak gol terbanyak timnas Spanyol, berikut profil dan prestasinya
Contoh diagram alir sistem dan penjelasan lengkap tentang fungsinya
50 kata kata sabar bahasa jawa, mengandung arti kehidupan

TOPIK TERKAIT

Setelah

taboola di bawah artikel

Source: news.google.com

Related Articles

Back to top button