Tempat Wisata

Wisata Watu Dodol : harga tiket, foto, lokasi, fasilitas dan tempat

Tempat wisata Watu Dodol di banyuwangi ini terletak di Kecamatan Kalipuro Kabupaten Banyuwangi. Lokasinya berada di jalan bypass banyuwangi menuju situbondo. Dari banyuwangi ke watudodol berjarak 14 km dan jarak dari pelabuhan ketapang hanya 5 km. Karena lokasinya, kawasan ini dijadikan sebagai tempat istirahat dan Pantai Watudodol biasanya ramai dikunjungi wisatawan lokal pada akhir pekan atau hari libur.

Pengunjung bisa menikmati panorama laut atau bahkan berjalan-jalan ke bukit di seberang jalan. Dari puncak bukit terpampang indahnya panorama Selat Bali. Kegiatan kuliner menjadi tawaran menarik lainnya. Toko-toko kecil menjual suvenir yang terbuat dari kerang dan batu.

Datang ke Watudodol dari utara, patung Gandrung menyambut pengunjung. Patung ini merupakan ikon dari banyuwangi. Gandrung merupakan tarian tradisional dari kota ini.

Di dekat patung Gandrung terdapat sebuah batu besar yang bentuknya mirip dodol (makanan buah, pita), mungkin karena itulah daerah ini dinamakan watudodol. Watu dalam bahasa Jawa berarti batu atau batu. Ada cerita mistis seputar batu ini. Daerah ini pernah diduduki oleh Jepang pada masa Perang Dunia II dan Jepang menganggap batu ini mengganggu aktivitas mereka. Mereka mencoba mengeluarkan batu tersebut dengan menyuruh seseorang memotong batu tersebut, namun tidak berhasil. Pihak Jepang kemudian memutuskan untuk menariknya dengan kapal, namun tetap tidak berhasil, sehingga kapal malah ditarik. Sampai saat ini, baik masyarakat Bali maupun supir truk dikatakan memberikan tawaran yang tidak masuk akal.

Di tempat ini Anda akan menemukan banyak objek dan pemandangan menarik, mulai dari pemandangan kapal feri yang memasuki pelabuhan Gilimanuk, patung Gandrung, hingga pemandangan Pulau Bali dari kejauhan. Untuk menikmati pemandangan Selat Bali dengan lebih leluasa, Anda bisa mendaki bukit di seberang jalan.

Jika anda menuju ke pantai ini anda akan menemukan sesuatu yang aneh yaitu terdapatnya sumber mata air tawar. Meski permukaan air laut sedang tinggi, sumber air ini tidak terasa asin sama sekali. Oleh karena itu, banyak wisatawan yang sering membawa pulang air tersebut karena dipercaya dapat menyembuhkan penyakit.

Legenda dan Misteri Watu Dodol

Tumenggung Wiroguno yang saat itu menjabat sebagai pemimpin di Banyuwangi berusaha membujuk penasehatnya yang mempunyai kesaktian itu untuk memindahkan bukit yang menghalangi pembangunan jalan tersebut. Kemudian penasehatnya, Jaksa Ki Buyut, menyetujuinya dan kemudian bersama anak angkatnya meminta bantuan kepada hantu tersebut.

Namun tentu saja roh tersebut tidak mau membantu dengan sia-sia, ada beberapa syarat yang harus dipenuhi agar pemindahan bukit tersebut berjalan lancar, yaitu tidak boleh menempelkan atau membongkar batu-batu yang sebelumnya telah ditandai oleh roh tersebut. Mereka harus meninggalkan tumpukan batu di tepi pantai, Jaksa Ki Buyut dan anak angkatnya harus mengunjungi tempat ini minimal setahun sekali.

Batu-batu besar yang tersisa di kawasan pantai ini tidak pernah digali, dihancurkan atau dipindahkan, meskipun banyak orang telah berusaha semaksimal mungkin.

Fasilitas di Pantai Watu Dodol

Anda tidak perlu khawatir dengan fasilitas yang akan anda temukan ketika berkunjung ke objek wisata Pantai Watu Dodol. Karena letaknya yang dekat dengan pelabuhan, banyak wisatawan lokal maupun mancanegara yang datang ke sini, sehingga tersedia beberapa hotel dan akomodasi jika Anda membutuhkan tempat istirahat selama beberapa hari.

Jika Anda lelah setelah bermain di pantai, Anda juga bisa membilas tubuh di tempat yang telah ditentukan. Selain itu banyak terdapat tempat makan atau warung yang menyediakan makanan dan minuman, termasuk beberapa kuliner khas banyuwangi.

Tersedia juga tempat parkir yang luas jika anda membawa atau menyewa kendaraan bermotor, biayanya juga cukup terjangkau. Jika bermain di pantai belum cukup, Anda juga bisa menyewa perahu untuk menyusuri laut lebih jauh di Pantai Watu Dodol dan menikmati panorama yang tentunya sangat mengesankan.

Berburu foto di Pantai Watu Dodol

Jangan lupa abadikan momen berharga anda saat berlibur bersama keluarga atau teman di Pantai Watu Dodol.

Ada banyak tempat yang bisa dipilih mulai dari patung Gandrung yang ada di sana, bunker zaman penjajahan Jepang, sumber air tawar dan tentunya Watu Dodol sendiri yang letaknya dekat dengan pantai. Publikasikan dan pamerkan rekaman Anda di berbagai media sosial.

Baca juga: Kawah Ijen dan “Blue Fire”, Pesona yang Terkenal di Luar Negeri

Akses menuju pantai Watu Dodol

Letak pantai ini yang strategis tentunya sangat memudahkan pengunjung yang ingin berwisata karena terletak di antara jalur antara Situbondo dan Banyuwangi.

Anda juga bisa menggunakan kendaraan pribadi seperti mobil atau sepeda motor atau bisa juga menggunakan angkutan umum.

Ada dua alternatif yang bisa Anda pilih: Pertama, jika Anda menuju Watu Dodol dari kota Banyuwangi, langsung saja menuju Terminal Blambangan lalu menuju ke arah Ketapang. Dari Pelabuhan Ketang Anda hanya perlu melanjutkan langsung ke jalur menuju Situbondo. Kedua, dari Surabaya bisa naik kereta api dari Stasiun Pasar Turi atau Gubeng menuju Banyuwangi kemudian melanjutkan perjalanan seperti yang sudah dijelaskan di atas.

Biaya masuk ke pantai Watu Dodol

  • Biaya masuk: 0 IDR (gratis)

Biaya masuk ke destinasi wisata ini dapat berubah sewaktu-waktu. (Pembaruan September 2023)

Jam buka Pantai Watu Dodol

Tips berlibur di Pantai Watu Dodol

Persiapkan kamera Anda, baik kamera profesional maupun kamera ponsel biasa, agar Anda bisa memotret indahnya panorama di pantai ini. Siapkan uang tunai jika Anda tidak ingin membawa makanan dan minuman dari rumah.

Pastikan untuk memakai tabir surya, terutama jika Anda berkunjung pada siang hari. Dan tentunya jangan membuang sampah sembarangan agar tidak mencemari lingkungan sekitar pantai.

Galeri foto Watu Dodol

Potret wisata Watu Dodol
Air lautnya biru dan jernih
Berlayar di laut
Fasilitas hotel dan restoran
Sunset di Watu Dodol

Source: www.tempatwisata.pro

Related Articles

Back to top button