Berita Wisata

Wisata West Lagoon di Sleman Clean Up, Sambut Kembali Kunjungan Wisatawan: Okezone Travel

TEMPAT Wisata ‘Laguna Barat’ di Desa Wisata Mlangi, Desa Nogotirto, Kapanewon (Kecamatan) Gamping, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta, mulai bangkit dan berbenah untuk mengakomodir kunjungan wisatawan setelah sempat terhenti akibat pandemi COVID-19.

“Di desa wisata Mlangi yang berbatasan dengan Sungai Bedog, sebelum pandemi ada destinasi bernama ‘West Lagoon’ yang dulu sempat viral,” ujar Kabid Pengembangan Destinasi dan Pemasaran Ekonomi Kreatif Sleman. Pariwisata Kabupaten. Kantor, Wasita, di Sleman, Senin (5/12)./2022).

Menurutnya, akibat pandemi COVID-19, destinasi “West Lagoon” mengalami penurunan seperti destinasi lainnya di berbagai daerah.

BACA JUGA:7 Tempat Wisata Kecil di Malang, Sayang Kalau Dilewatkan!

“Sekarang pandemi sudah mulai mereda, pengelolaan desa wisata Mlangi mulai berbenah dan bertekad untuk memulai kembali kegiatan pengabdian desa wisata dengan menggabungkan potensi wisata alam dan budaya,” ujarnya, dikutip oleh DI ANTARA.

Dikatakannya, secara umum potensi tersebut meliputi river tubing seperti adventure, bumi perkemahan, wisata pendidikan, wisata budaya, wisata religi, outing/outing course dan kuliner.

“Pembukaan kembali destinasi ini tetap dilakukan secara hati-hati dengan menerapkan protokol kesehatan yang dianjurkan pemerintah,” ujarnya.

Wasita mengatakan: Desa wisata Mlangi merupakan desa wisata yang terkenal dengan potensi wisata religi di Masjid Pathok Negoro dan memiliki beberapa pondok pesantren. Oleh karena itu tidak heran jika kabupaten ini dijuluki sebagai “kampung pelajar”.

BACA JUGA:7 tempat wisata di Batam yang membuat wisatawan betah berlama-lama

“Berbagai potensi ekonomi kreatif juga dihasilkan dari desa wisata ini yang kemudian dijual ke berbagai tempat wisata lainnya, bahkan termasuk sebagai penyimpan berbagai komoditas atau produk UMKM yang dijual di kawasan Malioboro Yogyakarta,” ungkapnya.

Dikatakannya, pada Sabtu, 3 November 2022, pihak pengelola desa wisata Mlangi mulai membuka kembali kegiatan pelayanan yang ditandai dengan pemotongan tumpeng.

Baca juga : Lifebuoy x MNC Peduli mengajak masyarakat untuk berbagi kebaikan dengan mendonasikan rambut, catat tanggalnya!

Koordinator Operasional Pariwisata Mlangi Mugihadi mengatakan, pihaknya memiliki 15 paket wisata yang dijual, antara lain wisata sungai pelampung, kayak, wisata bambu edukasi, wisata memancing edukasi, dan wisata air edukasi ekonomi kreatif.

“Ada juga wisata edukasi kelas memasak, wisata edukasi kaligrafi, wisata edukasi morfologi sungai bedog, wisata edukasi mengenal dunia pondok, wisata edukasi belajar bahasa arab, wisata edukasi belajar kitab kuning, wisata sejarah ke Masjid Pathok Negoro dan Kyai Nuriman, wisata budaya ke Kojan Mlangi, camping dan main ke luar negeri,” ujarnya.

Menggambar

Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Sleman, Ishadi Zayid, berharap pihak manajemen mengutamakan kualitas pelayanan kepada wisatawan sehingga diharapkan wisatawan yang berkunjung ke Desa Wisata Mangi merasa puas dan ingin kembali untuk berkunjung kembali.

“Selain itu, diharapkan juga paket pelayanan yang menggunakan aliran Kali Bedog yaitu river tubing dan kayaking benar-benar memperhatikan dan mengutamakan aspek keselamatan, mengingat terkait dengan cuaca saat hujan. musim,’ katanya.

Source: news.google.com

Related Articles

Back to top button