Berita Wisata

Wow! 4 pantai di Tulungagung ditetapkan sebagai Kawasan Ekosistem Esensial

jatimnow.com – Empat pantai di Tulungagung telah ditetapkan sebagai Kawasan Ekosistem Esensial (KEEs) oleh Gubernur Jawa Timur.

Keputusan ini dibuat untuk melindungi ekosistem penyu di pantai. Keempat pantai tersebut adalah Pantai Sanggar, Ngalur, Patok Gebang dan Jung Pakis. Semua kawasan ini, yang disebut Galur Pakis, terletak di desa Jengglungharjo, kecamatan tanggung.

Sekretaris Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Tulungagung Makrus Manan mengatakan, akhir tahun 2022 Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa mengeluarkan SK KEE untuk keempat pantai tersebut.

Proposal KEE sudah diajukan sejak tahun 2020. Namun, SK tersebut belum akan diterbitkan hingga akhir tahun 2022. Kawasan Fern Strain kerap dijadikan tempat pendaratan dan peneluran penyu.

“Dengan ditetapkannya sebagai KEE Galur Pakis diharapkan dapat menjaga ekosistem dan melestarikan penyu yang ada di Tulungagung,” kata Makrus, Selasa (3/1/2022).

Makrus Manan, sekretaris DLH Tulungagung (Foto: Bramanta Pamungkas/jatimnow.com)Makrus Manan, sekretaris DLH Tulungagung (Foto: Bramanta Pamungkas/jatimnow.com)

KEE Galur Pakis memiliki luas 260 hektar. Wilayahnya meliputi pantai dan hutan. Selain melestarikan penyu, pendirian KEE ini juga melestarikan satwa hutan. Berbagai hewan masih ditemukan di hutan.

“Di hutan sekitar kawasan masih banyak terdapat burung dan rusa. Bahkan di pinggir pantai pun nelayan sering menemukan lumba-lumba berenang-renang,” kata Makrus.

Sebelum terbentuknya KEE Galur Pakis, sudah ada kelompok masyarakat yang berkomitmen terhadap konservasi penyu. Mereka melakukan konservasi sejak 2015. Sejauh ini, sejumlah penyu telah bertelur di pantai Patok Gebang sejak Juli hingga September. Jenis penyu yang sering hinggap adalah penyu hijau.

“Saya pernah mendapat laporan bahwa ada 20 ekor penyu yang mendarat untuk bertelur di kawasan ini. Ini menunjukkan kawasan ini masih alami dan ekosistemnya masih sangat terjaga,” pungkasnya. .

Source: news.google.com

Related Articles

Back to top button