Berita Wisata

Wulan Kapitu, Kaldera Bromo Tengger ditutup untuk kendaraan bermotor

KOMPAS.com – Kawasan Kaldera Tengger Taman Nasional Bromo Tengger Semeru (TNBTS) ditutup sementara untuk kendaraan bermotor mulai Jumat (23/12/2022), karena tradisi Wulan Kapitu masyarakat Tengger.

“Penutupan itu dilakukan dalam rangka menghormati adat dan budaya masyarakat Tengger pada masa Wulan Kapitu,” kata Kepala Balai Besar TNBTS Hendro Widjanarko dalam keterangan tertulis. Kompas.com terima kasih, Jumat (9/12/2022).

Baca juga :

Informasi tersebut juga tertuang dalam pengumuman yang dikeluarkan Balai Taman Nasional Bromo Tengger Semeru (BB TNBTS) pada Jumat (9/12/2022) terkait pembatasan kunjungan wisata alam dan aktivitas masyarakat di Wulan Kapitu 2023.

Pengumuman tersebut memuat beberapa poin penting, antara lain:

  • Penutupan dilakukan pada awal Wulan Kapitu, mulai Jumat (23/12/2022) pukul 18.00 WIB hingga Sabtu (24/12/2022) pukul 18.00 WIB, ditutup untuk kendaraan bermotor kecuali dalam keadaan darurat. .
  • Penutupan juga dilakukan pada akhir Wulan Kapitu, mulai Sabtu (24/1/2023) pukul 18.00 WIB hingga Minggu (22/1/2023) pukul 18.00 WIB.

Selama periode tersebut, kendaraan bermotor hanya diperbolehkan melewati beberapa titik.

Perinciannya, dari arah Pasuruan batas maksimalnya di Pakis Bincil, kemudian dari Probolinggo batasnya sampai ke Cemorolawang.

Baca Juga: Mobil Masuk Laut Pasir Bromo Bikin Kontroversi, TNBTS Bakal Review

Sedangkan dari Malang dan Lumajang, batas maksimalnya adalah di Jemplang.

Di luar titik ini, wisatawan dipersilakan untuk berjalan kaki, menyewa tandu, bersepeda atau menunggang kuda (wajib menggunakan kantong kotoran kuda).

Beberapa wisata alam yang dapat dikunjungi dengan kendaraan bermotor antara lain Penanjakan, Keduh/Bukit Kingkong dan Bukit Cinta.

Kasubbag Data, Evaluasi dan Humas Balai Besar TNBTS, Sarif Hidayat memastikan tempat wisata TNBTS tetap buka seperti biasa dan penutupan ini hanya berlaku untuk kendaraan bermotor.

Baca juga: Rute Menuju Seruni Point, Titik Pemandangan Unggulan di Gunung Bromo

“Wisatawan tetap bisa mengunjungi Bromo (Kaldera Bromo) dan sebagainya, hanya saja tidak diperbolehkan menggunakan kendaraan bermotor,” kata Sarif Hidayat saat dikonfirmasi. Kompas.comSelasa (13/12/2022).

Sekadar informasi, Wulan Kapitu atau bulan ketujuh penanggalan masyarakat Tengger merupakan bulan yang dianggap suci oleh sesepuh atau tokoh masyarakat Tengger.

Baca Juga: 4 Pintu Masuk Gunung Bromo Yang Perlu Diketahui Sebelum Datang

Selama sebulan di bulan ini, sesepuh tenggeran akan melakukan “amalan puasa putih”, untuk menahan perilaku atau sifat duniawi dan mendekatkan diri kepada Tuhan.

Dapatkan pembaruan berita terpilih dan berita Baru setiap hari di Kompas.com. Yuk gabung di grup Telegram “Kompas.com News Update”, caranya klik link lalu gabung. Pertama, Anda perlu menginstal aplikasi Telegram di ponsel Anda.

Source: news.google.com

Related Articles

Back to top button