Berita Wisata

Yandri Susanto: Keindahan alam Garut harus dimanfaatkan untuk kemakmuran masyarakat

TIMESINDONESIA, GARUT – Wakil Presiden MPR RI Yandri Susanto mengatakan, potensi alam Garut yang indah harus dimanfaatkan untuk kemakmuran warganya. Hal itu disampaikan Wakil Ketua Umum Partai Amanat Nasional (PAN) itu di Pondok Pesantren Peradaban Al Amin, Kecamatan Pameungpeuk, Kabupaten Garut, Jawa Barat pada 26 November 2022.

Pameungpeuk adalah salah satu kabupaten di Garut. Kecamatan ini memiliki sejarah panjang karena tercatat sebagai kawasan penting sejak masa penjajahan Belanda. Topografi Paemeungpeuk mirip dengan daerah selatan Jawa Barat lainnya, yaitu berupa pegunungan dan berhadapan dengan Samudera Hindia Belanda.

Kecamatan ini berjarak sekitar 86 km dari kota Garut, sehingga untuk sampai ke Pameungpeuk membutuhkan waktu sekitar 3 jam hingga 4 jam. Selain itu, jalan pegunungan membutuhkan kendaraan bermotor, roda empat dan roda dua, selain harus naik turun, belok kanan dan kiri yang sudutnya sangat ekstrim. Di sebelah kanan bisa jurang bisa juga tebing.

Saat malam tiba, disarankan untuk tidak mengemudi karena kabut tebal akan menutupi pegunungan sehingga menghalangi pandangan.

Garut bagian selatan memiliki pemandangan alam yang indah dan tanah yang subur. Hamparan ladang tanaman sayuran. Yandri yang saat itu sedang dalam kunjungan kerja ke sana menyempatkan diri untuk mengapresiasi suasana di sana. Usai meresmikan Pondok Pesantren Peradaban Al Amien, beliau mengunjungi sebuah tempat wisata bernama Batu Tumpang.

Tempat wisata ini berada di jalan raya dari kota Garut menuju kecamatan Pameungpeuk. Lokasi Batu Tumpang berada di Kecamatan Cikajang. Disebut Batu Tumpang karena di pinggir jalan terdapat 3 buah batu yang bertengger, salah satunya berukuran raksasa dan menjorok ke langit sehingga dapat terlihat dengan jelas. Batu-batu yang ditemukan di sana sangat padat meski sering diguncang gempa.

Yandri mengatakan potensi alam yang ada diharapkan dapat dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya guna meningkatkan taraf hidup masyarakat Garut. Wilayah yang berhadapan dengan laut, jalur selatan, diimbau terhubung dengan wilayah selatan lainnya. “Bisa terkoneksi dengan Tanjung Lesung di Banten,” ujarnya.

Dengan terhubung dengan wilayah lain, akses akan semakin cepat sehingga roda perekonomian semakin berputar.

**) Ikuti berita terbaru KALI Indonesia di berita Google

Klik link ini dan jangan lupa follow.

Source: news.google.com

Related Articles

Back to top button