Berita Wisata

Yuk, berwisata ke Desa Lima Puluh Kota Sarugo, menyaksikan keindahan rumah gadang berbagai suku Minangkabau

HARIANHALUAN.COM – Kampuang Sarugo (Saribu Gonjong) merupakan obyek wisata budaya dan alam yang terletak di Nagari Koto Tinggi, Jorong Sungai Dadok, Kecamatan Gunuang Omeh, Kabupaten Lima Puluh Kota, Sumatera Barat.

Objek wisata Desa Sarugo merupakan salah satu objek wisata yang tergolong baru di Lima Puluh Kota Sumatera Barat mengingat munculnya Desa Sarugo Baru pada tahun 2019.

Meski tergolong baru, Desa Sarugo menjadi salah satu nominasi Anugerah Pesona Indonesia (API) kategori desa adat tahun 2020.

Baca juga: Mendapat Pangkat Tituler Letnan Kolonel, Ternyata Itu Gara-gara Deddy Corbuzier

Lantas apa saja kelebihan dan kekurangan yang ditawarkan desa Sarugo sehingga bisa masuk nominasi penghargaan pesona Indonesia?

Desa Sarugo merupakan salah satu objek wisata budaya dimana terdapat rumah gadang (rumah tradisional Minangkabau) di desa tersebut yang ditata dengan cermat sebagai musala.

Uniknya, pada bagian paling depan penataan rumah adat terdapat bangunan masjid sebagai simbol Islam yang menggambarkan nilai-nilai kehidupan masyarakat yang tinggal di kawasan tersebut.

Seperti dikutip harihaluan.com dari situs Disparpora Lima Puluh Kota, banyaknya jumlah rumah adat di kawasan tersebut disebabkan oleh keberadaan 800 penduduk dari 18 suku yang hidup berdampingan.

Baca Juga: Sebelumnya, Pangkat Tituler Luhut Panjaitan Dicopot Brimob Saat Masuk Istana dan Terlihat Polisi Gadungan

Masing-masing suku tersebut diharuskan memiliki rumah gadang sebagai bentuk simbol bagi setiap pemimpin suku. Tradisi membangun rumah gadang ini sudah berlangsung lama, sekitar 1 abad yang lalu. Sampai saat ini rumah gadang masih kokoh dan masih layak huni.

Source: news.google.com

Related Articles

Back to top button