Tempat Wisata

Yuk daki 27 gunung di Jawa Barat yang wajib kamu taklukkan

Gunung di Jawa Barat – Apakah kamu seorang pecandu gunung? Gunung mana yang sudah kamu daki? Ya, berbicara tentang gunung: Saat ini, mendaki gunung adalah sesuatu yang dianggap remeh oleh banyak orang.

Kita juga bisa melihat di media sosial betapa banyaknya foto gunung atau pendakian dengan pemandangan berbeda-beda yang selalu berhasil membuat setiap orang yang melihatnya ingin mendaki.

Namun perlu diingat bahwa pendakian bukan sekadar acara seru dan jangan sekadar diikuti agar dianggap trendi. Selain itu, mendaki gunung merupakan salah satu cara untuk melatih fisik, mental, keberanian, tanggung jawab dan kesabaran. Mendaki gunung memiliki makna yang lebih mulia dari sekedar “sekarang”.

Pegunungan di Jawa Barat

Nah buat kamu yang mengaku ketagihan pegunungan, ini dia Wisataseru.com merangkum daftar gunung di jawa barat yang patut masuk dalam daftar pendakian anda, dengan pemandangan yang akan membuat anda takjub tiada henti. Yuk, simak ulasannya.

1. Gunung Salak cocok bagi pendaki pemula

Gunung SalakGunung Salak lewat Hipwee

Gunung Salak terletak di Kabupaten Sukabumi dan Bogor, Jawa Barat. Dengan ketinggian sekitar 2.211 meter di atas permukaan laut, Gunung Salak merupakan gunung yang cocok bagi para pendaki pemula yang ingin meningkatkan kemampuan pendakiannya. Jalur pendakiannya juga cukup ramah.

Selain itu, panorama sekitar juga sangat memanjakan mata sehingga perjalanan pendakian tidak melelahkan.

2. Garut juga memiliki gunung yang epik yaitu Guntur

Gunung Guntur melalui IG @adnanalwiiGunung Guntur melalui IG @adnanalwii

Gunung Guntur terletak di kawasan Sirnajaya, Tarogong Kaler, Garut, Jawa Barat. Gunung yang berdiri sekitar 2.249 meter di atas permukaan laut ini menawarkan pemandangan yang sungguh epik. Gunung ini masuk dalam salah satu barisan pegunungan pendek di Jawa Barat dengan jalur pendakian yang tidak terlalu sulit dan juga cocok untuk pendaki pemula.

3. Gunung Malabar dengan kabut tipisnya yang meluluhkan hati

Gunung Malabar melalui IG @ab_bunGunung Malabar melalui IG @ab_bun

Gunung Malabar terletak di Ds. Margamulya, Kec. Pangalengan, Bandung Selatan, Jawa Barat. Dengan ketinggian sekitar 2.343 meter di atas permukaan laut, Gunung Malabar juga cocok bagi pendaki pemula yang sudah familiar dengan jalur pendakian.

Seperti gunung lainnya, Gunung Malabar juga mempunyai pesona yang sungguh indah, terutama kabut tipis yang menyelimuti kawasan pegunungan ini pada waktu-waktu tertentu.

4. Gunung Patuha dengan kawah putihnya yang mempesona

Gunung Patuha melalui IG @adityasuryap33Gunung Patuha melalui IG @adityasuryap33

Gunung Patuha terletak di kecamatan Rancabali. Ciwidey, Kab.Bandung Jawa Barat. Gunung Patuha memiliki ketinggian sekitar 2.434 meter di atas permukaan laut. Gunung ini terkenal dengan pesona kawah putihnya yang pernah menjadi lokasi beberapa film, film televisi, video klip, dan pemotretan.

Anda yang berada di kawasan Bandung dan mengaku pecandu gunung sebaiknya memastikan gunung ini masuk dalam daftar pendakian Anda.

5. Mengenal Hutan Mati di Gunung Papandayan

Hutan mati di kawasan Gunung Papandayan, Garut, Jawa Barat (agunpriyatna Shutterstock)Hutan mati di kawasan Gunung Papandayan, Garut, Jawa Barat (agunpriyatna Shutterstock)

Gunung Papandayan terletak di kawasan Cisurupan, Kab. Garut, Jawa Barat. Gunung ini mempunyai ketinggian sekitar 2665 meter di atas permukaan laut. Jika Gunung Patuha terkenal dengan kawah putihnya, maka Gunung Papandayan terkenal dengan hutan matinya yang eksotis.

Hutan mati ini juga menjadi latar bagi para pembuat video klip. Pendaki yang belum pernah menginjakkan kaki di Gunung Papandayan pasti paham dengan eksotisme hutan mati.

6. Tingkatkan kemampuan pendakian di Gunung Cikuray

Gunung Cikuray melalui IG @ PrizeafidzGunung Cikuray melalui IG @ Prizeafidz

Gunung Cikuray terletak di Dayeuhmanggung, Kab. Garut, Jawa Barat. Gunung ini memiliki ketinggian sekitar 2.820 meter di atas permukaan laut dan jalur pendakian yang cukup ekstrim.

Gunung ini cocok bagi para pendaki yang ingin meningkatkan kemampuan keterampilan memanjatnya. Selain itu, pemandangan yang ditawarkan gunung ini juga tak kalah indahnya dengan gunung-gunung lain di Jawa Barat.

7. Lihatlah hutan hujan tropis di Gunung Gede

Gunung Gede melalui IG @sanandreas7Gunung Gede melalui IG @sanandreas7

Gunung Gede terletak di kawasan Taman Nasional Gede Pangrango, Bogor, Jawa Barat. Gunung ini sangat populer di kalangan pendaki khususnya pendaki Jawa Barat. Dengan ketinggian sekitar 2.958 meter di atas permukaan laut, gunung ini merupakan salah satu pegunungan tertinggi di Jawa Barat.

Ada juga hutan hujan tropis di gunung ini. Sunrise di sini juga sangat epic. Kebetulan Gunung Gede berdekatan dengan Gunung Pangrango.

8. Menikmati keindahan Lembah Mandalawangi di Gunung Pangrango

Gunung Pangrango melalui IG @yuanjinhuangGunung Pangrango melalui IG @yuanjinhuang

Gunung Pangrango terletak di sebelah Gunung Gede, tepatnya di kawasan Taman Nasional Gede Pangrango. Gunung ini terletak di tiga kabupaten yakni Bogor, Cianjur dan Sukabumi.

Gunung yang memiliki ketinggian sekitar 3.019 meter di atas permukaan laut ini juga masuk dalam daftar gunung tertinggi di Jawa Barat. Gunung ini mempunyai lembah yang sangat indah bernama Lembah Mandalawangi. Karena keindahannya, Soe Hoek Gie bahkan mengabadikannya dalam sebuah puisi.

9. Sampaikan salam kepada Gunung Ciremai: gunung tertinggi di Jawa Barat

Gunung CiremaiGunung Ciremai

Gunung Ciremai terletak di Kab. Kuningan dan Kab. Majalengka, Jawa Barat. Dengan ketinggian sekitar 3.078 meter di atas permukaan laut, Gunung Ciremai merupakan gunung tertinggi di Jawa Barat.

Meski jalur pendakian menuju gunung ini cukup ekstrim, namun gunung ini menjadi salah satu gunung yang selalu dikunjungi oleh para pendaki dari berbagai daerah. Bagaimana bisa? Pemandangan yang ditawarkan gunung ini membuat siapapun yang melihatnya langsung jatuh hati.

10. Gunung Galunggung

Gunung di Jawa Barat yang mempunyai legenda menarik ini memiliki ketinggian 1.820 meter di atas permukaan laut. Lokasinya berada di wilayah administratif Kabupaten Tasikmalaya dan Garut.

11. Gunung Tampamas

Berikutnya adalah Gunung Tampomas dengan ketinggian 1.684 meter di atas permukaan laut dan puncaknya bernama Sanghiyang Taraje. Lokasinya berada di wilayah administratif Kabupaten Sumedang.

12. Gunung Tangkuban Parahu

Siapa yang tidak kenal dengan Gunung Tangkuban Parahu, ternyata gunung ini memiliki ketinggian sekitar 2.084 meter diatas permukaan laut dan mempunyai kawah yang bernama Kawah Upas, Kawah Pangguyanganbadak, Kawah Badak, Kawah Ecoma, Kawah Jurig, Kawah Siluman dan Kawah Domas. Lokasinya berada di wilayah administratif Kabupaten Sumedang.

13. Gunung Tilu

Sesuai dengan namanya, Gunung Tilu mempunyai tiga puncak, yakni puncak Sukmana yang berada pada ketinggian 1.154 meter di atas permukaan laut, puncak Tilu yang berada di ketinggian 1.076 meter di atas permukaan laut, dan puncak yang tidak disebutkan namanya di ketinggian 1.112 meter di atas permukaan laut. Lokasinya berada di wilayah administratif Kabupaten Kuningan dan Brebes (Jawa Tengah).

14. Gunung Wayang

Gunung Wayang sendiri mempunyai ketinggian sekitar 2.182 meter di atas permukaan laut. Lokasinya berada di wilayah administratif Kabupaten Bandung.

15. Gunung Bungkuk

Rekomendasi gunung berikutnya di Jawaban Barat tepatnya di Kabupaten Tasikmalaya dan Ciamis adalah Gunung Bongkok yang memiliki ketinggian 1.141 meter di atas permukaan laut.

16. Gunung Bukit Tinggi

Yuk ke Gunung Bukit Tinggil yang mempunyai ketinggian 2.209 meter di atas permukaan laut. Lokasinya berada di wilayah administratif Kabupaten Bandung.

17. Gunung Burangrang

Di Jawa Barat, tepatnya di Kabupaten Bandung Barat dan Purwakarta, terdapat Gunung Burangrang dengan ketinggian 2.050 meter di atas permukaan laut yang menarik untuk kita taklukkan.

18. Gunung Kancana

Gunung Kancana sendiri kini memiliki ketinggian 1.210 meter di atas permukaan laut. Lokasinya berada di wilayah administratif Kabupaten Sukabumi dan Cianjur.

19. Gunung Manglayang

Gunung di Jawa Barat ini mempunyai ketinggian sekitar 1.818 meter di atas permukaan laut. Lokasinya berada di wilayah administratif Kabupaten Bandung dan Sumedang.

20. Gunung Munara

Rekomendasi gunung di Jawa Barat berikutnya adalah Gunung Munara dengan ketinggian sekitar 367 meter di atas permukaan laut. Lokasinya berada di wilayah administratif Kabupaten Bogor.

21. Gunung Sanggabuana

Kunjungi Gunung Sanggabuana yang memiliki ketinggian 1.291 meter di atas permukaan laut. Gunung ini sendiri merupakan gunung tertinggi di Karawang. Lokasinya berada di wilayah administratif Kabupaten Karawang dan Bogor.

22. Gunung Cakrabuana

Penggemar Seru juga bisa mencoba mendaki Gunung Cakrabuana yang memiliki ketinggian 1.721 meter di atas permukaan laut. Lokasinya berada di wilayah administratif Kabupaten Kuningan dan Brebes (Jawa Tengah).

23. Gunung Subang

Berikutnya Wisataseru.com merekomendasikan Gunung Subang yang memiliki ketinggian 1.206 meter di atas permukaan laut. Lokasinya berada di wilayah administratif Kabupaten Kuningan dan Brebes (Jawa Tengah).

24. Gunung Talaga Bodas

Berikutnya adalah Gunung Talaga Bodas yang memiliki ketinggian sekitar 2.201 meter di atas permukaan laut. Lokasinya berada di wilayah administratif Kabupaten Garut, Tasikmalaya, dan Majalengka.

25. Gunung Masigit

Gunung Masigit sudah tidak aktif lagi, ketinggiannya mencapai 2.078 meter di atas permukaan laut. Gunung Masigit terletak di Kabupaten Bandung.

26. Gunung Windu

Gunung Windu mencapai ketinggian 2.054 meter di atas permukaan laut. Gunung berapi aktif ini terletak di kabupaten Kabupaten Bandung.

27. Gunung Halimun

Taman Nasional Gunung Halimun SalakTaman Nasional Gunung Halimun Salak

Terakhir dari tiketwisataseru.com adalah Gunung Halimun yang terletak di Kabupaten Bogor. Gunung Halimun berstatus tidak aktif dengan ketinggian 1.929 meter di atas permukaan laut.

Menutup

Nah itulah informasi mengenai gunung di Jawa Barat yang wajib masuk dalam daftar pendakian anda. Pemandangan yang ditawarkan pegunungan di atas tentu sangat epic dan tidak akan pernah berhenti membuat siapapun yang mendaki ke puncaknya takjub. Gunung mana yang sudah kamu daki? Yuk bagikan di kolom komentar.

Oke, sebagai pendaki gunung yang bijak, sebaiknya kita terus menjaga keindahan, kebersihan, dan kelestarian pegunungan Indonesia. Ngomong-ngomong, selamat mendaki dan salam.

Kunjungi juga:

Source: tempatwisataseru.com

Related Articles

Back to top button