Berita Wisata

Yuk, ini dia 5 tempat wisata tertua di Indonesia

Liputan6.com, Yogyakarta – Seiring perkembangan zaman, berbagai destinasi wisata pun hadir dengan konsep kekinian. Namun, masih ada beberapa destinasi wisata Indonesia yang sangat melegenda dan masih beroperasi hingga saat ini.

Sebelum kemerdekaan, Indonesia bahkan memiliki tempat wisata yang bisa dikunjungi. Berikut daftar tempat wisata tertua di Indonesia :

1. Bandara Internasional Kemayoran

Bandara Internasional Kemayoran merupakan bandara pertama di Indonesia yang dibuka untuk penerbangan internasional. Landasan pacu bandara Kemayoran dibangun pada tahun 1934 oleh pemerintah kolonial Belanda.

Lokasi tersebut diresmikan pada 8 Juli 1940 sebagai bandara internasional. Saat ini, Lapangan Eks Bandar Udara Kemayoran telah disulap menjadi Kompleks Jakarta Fair dan Kemayoran Kotabaru yang kerap menjadi tempat berbagai acara termasuk HUT Jakarta.

2. Museum Radya Pustaka

Museum Radya Pustaka terletak di Jalan Slamet Royadi No. 275, Sriwedari, Laweyan, Surakarta. Destinasi wisata ini merupakan museum tertua di Indonesia yang didirikan oleh Kanjeng Raden Adipati Sosrodiningrat IV pada 18 Oktober 1890.

Berada tak jauh dari Taman Sriwedari, gedung ini menjadi saksi pentingnya pengarsipan bagi penduduk Solo. Secara etimologi, “radya” berarti pemerintahan, sedangkan “pustaka” berarti surat.

Seperti namanya, tempat ini dulunya merupakan tempat penyimpanan surat-surat kerajaan. Seiring waktu, tidak hanya surat yang disimpan di sini, tetapi juga berbagai barang penting yang berkaitan dengan kerajaan. Tempat ini akhirnya diubah menjadi museum dengan berbagai koleksi sejarah.

3.sarina

Sarinah merupakan mall pertama di Indonesia yang dibangun pada tahun 1963. Saat itu Sarinah diresmikan oleh Presiden pertama Republik Indonesia, Soekarno pada tahun 1967.

Nama “Sarinah” diambil dari nama pengasuh Soekarno saat kecil. Gedung Sarinah juga merupakan gedung pencakar langit pertama di Jakarta dengan tinggi 74 meter dan 15 lantai. Tempat ini kini menjadi tempat wisata ibu kota yang mempromosikan produk dan budaya UMKM.

Faktor yang membuat durian Banyumas dan Cilacap tidak berbuah musim ini

Source: news.google.com

Related Articles

Back to top button