Berita Wisata

Yuk Jalan-jalan ke Pasar Ikan Pondokdadap dan Pantai Gatra Malang Berita Riau Terbaru Online

Terlihat warga setempat sedang menangkap ikan menggunakan jaring tradisional untuk lauk pauk di Pantai Gatra yang merupakan salah satu pantai bagian dari Clungup Mangrove Conservation (CMC) (Foto: Jonathan Surbakti)

MISKIN– Pasar ikan wisata ini merupakan bagian dari Pelabuhan Perikanan Pantai Pondokdadap Kabupaten Malang yang dikelilingi oleh banyak destinasi wisata alam bahari. Pasar ikan wisata ini didasari oleh program Kementerian Kelautan dan Perikanan Republik Indonesia untuk meningkatkan kualitas produk ikan di Indonesia.

Nelayan membawa hasil tangkapan tuna di Pelabuhan Perikanan TPI Pondokdadap Sendangbiru, Kabupaten Malang, Jawa Timur (Foto: Jonathan Surbakti)

Selain itu, ada rencana membangun pelabuhan wisata di kawasan ini untuk menjadi tujuan wisata. Secara garis besar, ada dua fungsi utama di pasar ini, yaitu sebagai area perdagangan baik dalam jumlah kecil maupun besar yang difasilitasi dengan adanya lelang. Fungsi kedua adalah sebagai tujuan wisata yang dapat meningkatkan pendapatan para pedagang dan nelayan setempat.

Anda bisa melihat kapal nelayan tradisional di Pelabuhan Perikanan Pondokdadap Sendang Biru, Kabupaten Malang, Jawa Timur (Foto: Jonathan Surbakti)

Adapun Pantai Gatra merupakan salah satu pantai yang tergabung dalam Clungup Mangrove Conservation (CMC), bersama dengan Pantai Tiga Warna dan Pantai Clungup. Seperti semua pantai di Malang, pantai ini terletak di bagian selatan Malang dan berhadapan langsung dengan Samudera Hindia.

Kapal nelayan tradisional di Pelabuhan Perikanan TPI Pondokdadap Sendangbiru, Kabupaten Malang, Jawa Timur, memiliki pemandangan yang indah dan juga cocok untuk wisata di daerah ini (Foto: Jonathan Surbakti)

Meski berada di pesisir selatan pulau Jawa yang memiliki tipikal ombak besar, namun ombak di pantai Gatra relatif tenang dan tidak terlalu besar. Hal ini disebabkan adanya karang lepas pantai yang dapat memecah ombak.

Suasana perahu nelayan yang datang dan pergi siang hari di Pelabuhan Perikanan Pondokdadap Sendang Biru, Kabupaten Malang, Jawa Timur (Foto: Jonathan Surbakti)

Anda bisa melihat muara yang menghubungkan pantai Gatra dengan sungai kecil di mangrove yang merupakan bagian dari Mangrove Conservation (CMC) Clungup Mangrove Pondokdadap Sendang Biru, Kabupaten Malang, Jawa Timur (Foto: Jonathan Surbakti

Jembatan kayu di pinggir pantai di Gatra Clungup Mangrove Conservation (CMC), Pondokdadap Sendangbiru, Kabupaten Malang, Jawa Timur (Foto: Jonathan Surbakti)

Pantai Gatra berada di kawasan CMC. Akses menuju pantai ini cukup mudah, meskipun untuk mencapainya dibutuhkan usaha (Foto: Jonathan Surbakti)

Anda bisa melihat dua orang pengunjung bermain di Pantai Gatra, saat memasuki pantai ini, semua barang bawaan harus di check in karena pantai ini menerapkan “Zero Trash”, jadi apapun yang dibawa harus dikeluarkan dari tempat sampah (Gambar: Jonathan Surbakti)

Pantai ini juga memiliki banyak sekali keindahan yang bisa anda lihat, dengan pasir putih yang bersih, air yang jernih, ombak yang tidak terlalu besar serta pemandangan pulau karang di lepas pantai yang melengkapi keindahan pantai Gatra. kamu pasti akan merasa nyaman dan kamu tidak akan mau pulang lagi (John)

Teavel

Source: news.google.com

Related Articles

Back to top button