Tempat Wisata

√ 7 rekomendasi pantai yang wajib dikunjungi di Probolinggo

Probolinggo memiliki potensi wisata yang sangat luas, mulai dari wisata gunung hingga wisata pantai. Pantai di Probolinggo bahkan sudah menjadi tujuan banyak wisatawan yang ingin menikmati liburan seru bersama keluarga, sahabat, dan pasangan.

Probolinggo memiliki ragam pantai dengan daya tarik yang berbeda-beda, mulai dari pantai berpasir putih hingga ombak yang tenang dan suasana yang asri. Di bawah ini adalah ikhtisar beberapa pantai eksotik di kawasan Probolinggo.

1. Pantai Bentar

Pantai Bangalore

Pantai pertama yang bisa dijadikan tempat rekreasi adalah Pantai Bentar di Curahsawo, Gende, Probolinggo. Jika perjalanan dimulai dari Jawa Tengah, wisatawan bisa memilih jalan tol Solo – Kertosono dengan waktu tempuh sekitar 3 hingga 5 jam.

Pantai ini memiliki hamparan pasir yang luas dan hembusan angin yang membuat setiap orang merasakan kesejukannya. Pagi dan sore hari adalah waktu terbaik mengunjungi pantai yang menawarkan berbagai wahana menarik ini.

Pepohonan tinggi yang mengelilingi kawasan pantai menjadikannya tempat paling menyenangkan untuk bersantai. Pantai ini memiliki suasana dan cita rasa khas Pulau Dewata dengan keindahan alam yang menenangkan.

Berada di kawasan Gunung Bentar, pantai ini menjadi saksi sejarah Pantai Bentar Probolinggo. Penduduk setempat percaya bahwa mitos telah berkembang di sekitar pantai yang satu ini sehingga menjadi daya tarik tersendiri.

Pantai Bentar menawarkan fasilitas berupa wahana untuk anak-anak, mulai dari ayunan, perosotan hingga jungkat-jungkit. Berbagai spot foto Instagramable juga ada di kawasan wisata ini.

2. Pantai Gili Ketapang

Pantai Gili Ketapang

Pantai terdekat di Probolinggo adalah Pantai Gili Ketapang yang sebagian besar dihuni oleh orang Madura. Sebagian besar warga sekitar pantai berprofesi sebagai nelayan, menangkap ikan di pantai seluas 68 hektar itu.

Panorama alam yang indah dengan hamparan pasir putih dapat memanjakan mata setiap wisatawan. Tidak hanya wisatawan lokal yang ingin berkunjung ke kawasan pantai ini, namun juga wisatawan dari luar kota.

Pantai di Desa Ketapang, Sumberasih, Probolinggo menawarkan kesempatan island hopping untuk menikmati Gili Ketapang sepenuhnya. Wisatawan diundang untuk mengunjungi berbagai bagian seperti Pantai Timur, Pantai Barat, dan Gua Kucing.

Selain itu, wisatawan juga bisa melakukan aktivitas snorkeling karena suasana bawah lautnya begitu mempesona dengan berbagai macam biota laut. Salah satu ikan unik yang terdapat di perairan ini adalah ikan Nemo.

Kegiatan lain yang tidak boleh dilewatkan di kawasan pantai ini adalah hunting foto. Ada banyak spot foto unik dan menarik yang bisa dijadikan background foto dan menjadi momen tak terlupakan.

3. Pantai Duta

Pantai Duta

Pantai Dusun Gilin, Desa Randutatah, Kec. Paiton adalah salah satu destinasi pantai di Probolinggo yang sayang untuk dilewatkan. Jalur Mangrove Pantai Duta dan Sea Swing menjadi daya tarik terbaru yang membuat pantai ini diminati banyak wisatawan.

Pantai Duta memiliki dua zona yaitu zona publik yang memiliki fasilitas berupa tempat parkir kendaraan, pendopo kuliner dan persewaan peralatan renang. Zona lainnya adalah zona konservasi yang memiliki gugusan pohon cemara laut yang bersih.

Untuk menjaga kebersihan kawasan ini, wisatawan dilarang membawa makanan dan minuman jika ingin masuk ke dalam candi. Wisatawan dapat bersantai di paviliun di cagar alam tanpa makan dan hanya mengobrol.

Pantai ini memiliki hutan bakau dan jalur bakau yang bisa Anda gunakan untuk menjelajahi destinasi wisata sambil menyusuri jalan setapak yang telah disediakan. Wisatawan bisa menjumpai 20 spesies mangrove di kawasan ini, mulai dari Rhizophora hingga Avicenia (api).

Wisatawan juga bisa mencoba fasilitas ayunan ala Gili Trawangan yang memberikan sensasi menyenangkan. Jangan lupa untuk mengunjungi Pantai Kota Santri dengan pohon pinus baharinya yang memberikan suasana lebih teduh.

4. Pantai Tambak Bahak

Pantai Tambak Bahak

Destinasi wisata lain yang wajib Anda kunjungi saat liburan di Probolinggo adalah Pantai Tambak Bahak yang terletak di Jalan Tambak Bahak, Dusun Dungun, Desa Curah Dringu. Bagi wisatawan yang menginginkan suasana tenang dan damai, pantai ini bisa menjadi pilihan.

Sore hari adalah waktu yang tepat untuk menikmati indahnya panorama laut dan sunset yang mempesona. Meski begitu, tidak ada salahnya berkunjung di pagi hari jika ingin bertemu nelayan lokal yang kembali melaut membawa ikan segar.

Pohon pinus dan bakau yang tumbuh subur di tepi pantai semakin menambah keindahan lanskap. Kawasan pantai ini selalu ramai dikunjungi wisatawan pada akhir pekan, namun tidak begitu ramai pada hari biasa.

Pihak pengelola terus melakukan pengembangan untuk meningkatkan kualitas Pantai Tambak Bahak agar semakin banyak wisatawan yang datang. Fasilitas lengkap seperti kolam renang, toilet, kafe, menara observasi, dll tersedia.

Tidak ada biaya masuk bagi wisatawan untuk mengakses kawasan ini, hanya dikenakan biaya parkir sebesar Rp 2.000 untuk sepeda motor dan Rp 10.000 untuk mobil.

5. Pantai Tambak Sari

Pantai Tambaksari

Pantai yang tidak kalah menarik di Probolinggo adalah Pantai Tambak Sari di Kec. Pajarakan atau jalan raya utara, jalur pantura melewati Bali. Pantai ini memiliki suasana unik yang merupakan gabungan dari tiga unsur yaitu pantai, pohon bakau mati dan hutan bakau.

Dari jalan raya Pajarakan di utara, wisatawan harus menempuh jarak sekitar 1 km. Jalan rusak berlubang dapat ditemukan 500 meter dari jalan utama, sehingga wisatawan perlu lebih berhati-hati saat berkendara.

Keindahan yang masih alami dan masih asri bisa dirasakan saat berkunjung ke Pantai Tambak Sari. Pantai yang terletak di ujung utara kawasan ini menawarkan ombak yang stabil dan pasir pantai sebagai panorama utama yang mempercantik pantai.

Wisatawan tidak hanya dapat menemukan hamparan pantai berpasir, tetapi juga hamparan pohon bakau di sepanjang pantai. Karena keunikan tersebut, wisatawan memanfaatkan pepohonan tersebut sebagai kesempatan berfoto yang jarang ditemukan di pantai lain.

Salah satu kegiatan seru yang bisa dilakukan di Pantai Tambak Sari adalah memancing karena pantai ini dekat dengan beberapa tambak sewaan milik warga sekitar. Jadi jangan lupa siapkan alat pancing anda atau anda bisa menyewa alat pancing.

6. Pantai Tugu Keras

Pantai Tugu Laut

Pantai terdekat dengan panorama yang mempesona adalah Pantai Tugu Laut yang terletak di perbatasan antara Kabupaten dan Kota Probolinggo. Pantai ini berjarak sekitar 500 meter di utara Desa Pabean, jalan kabupaten Dringu.

Akses jalan menuju pantai ini cukup memadai karena dapat diakses dengan kendaraan roda dua atau empat. Tidak ada biaya atau tiket masuk gratis untuk memasuki kawasan wisata ini, hanya dikenakan biaya parkir berdasarkan kendaraan yang anda bawa.

Keunikan dari tempat wisata ini adalah terdapat beberapa wahana menarik, mulai dari wisata perahu hingga wisata mangrove dan berbagai permainan untuk anak-anak. Destinasi wisata yang baru dikembangkan pada tahun 2018 ini menjadi tempat wisata yang menarik.

Pantai ini bisa dibilang ramah anak, karena terdapat tempat bermain khusus untuk anak-anak, sehingga cocok untuk liburan keluarga. Tak heran jika pantai ini selalu ramai pengunjung, terutama pada hari Sabtu, Minggu, dan hari libur nasional lainnya.

Tempat wisata ini tidak hanya berfungsi sebagai tempat rekreasi tetapi juga sebagai tempat pendidikan melalui pengenalan berbagai jenis pohon bakau.

7. Pantai Mayangan

Pantai Maya

Pantai lain yang tidak boleh dilewatkan adalah Pantai Mayangan yang tidak pernah sepi terutama di akhir pekan. Sayangnya, meski sudah banyak wisatawan yang menjadikan Pantai Mayangan sebagai destinasi wisata, fasilitas di pantai ini masih minim.

Sejauh ini hanya ada rambu dan tiga paviliun untuk wisatawan. Toilet, tempat cuci tangan dan tempat ganti baju belum ada, sehingga banyak wisatawan yang bingung mencari tempat-tempat tersebut setelah bermain air.

Selain panoramanya yang indah dan udaranya yang sejuk, pantai ini juga erat kaitannya dengan mitos. Penduduk setempat percaya bahwa mandi di air laut Mayangan dapat memperlancar peredaran darah sehingga dapat menyembuhkan penyakit kulit.

Banyak keluarga yang mengajak anaknya berlibur ke pantai ini, meski hanya ingin bermain air atau bersantai. Selain itu, masuknya gratis, wisatawan cukup membayar biaya parkir sebesar Rp 1.000 untuk sepeda motor dan Rp 5.000 untuk mobil.

Pantai ini memiliki ombak yang relatif besar, bahkan bisa mencapai 3 meter. Karena itu, pihak pengelola mengimbau wisatawan untuk tidak berenang di laut lepas karena gelombang tinggi sangat berbahaya.

Masih banyak potensi wisata alam di Probolinggo yang perlu dikunjungi. Pantai di Probolinggo memiliki keunikan tersendiri, sehingga tidak heran jika banyak wisatawan yang tertarik untuk berkunjung.

Source: tempat.info

Related Articles

Back to top button