Tempat Wisata

10 Foto Pantai Popoh Tulungagung, Harga Tiket, Objek Wisata, Fasilitas, dll

Wisata Pantai Popoh Tulungagung merupakan pesona alam yang pastinya patut untuk dilewatkan. Pantai ini menawarkan keindahan alam dalam kondisi yang sangat alami dengan birunya laut berpadu dengan suara deburan ombak laut selatan.

Selain itu, pantai ini juga dihiasi dengan pepohonan pinus yang rindang sehingga menambah kealamian dan kesuburan pantai. Tempat wisata di Pantai Popoh ini sangat ramah untuk anak-anak karena ombak di pantai ini sangat moderat sehingga sangat cocok dijadikan tempat wisata untuk anda dan keluarga.

Lokasi dan harga tiket Pantai Popoh Tulungagung

Pantai alami berbentuk teluk di pesisir selatan ini terletak di Besuki, Tulungagung, Jawa Timur. Dengan jarak sekitar 25 km dari kota Tulungagung dan luas wilayah 92,69 kilometer persegi menawarkan pemandangan yang sangat indah.

Untuk menikmati keindahan pantai ini, pengunjung hanya perlu membayar biaya masuk sebesar Rp 5.000. ditambah biaya parkir sebesar Rp 2.000 untuk roda dua dan Rp 3.000 untuk roda empat.

Pantai Popoh merupakan salah satu tempat wisata pantai yang ada di Provinsi Jawa TimurPantai Popoh merupakan salah satu tempat wisata pantai yang ada di Provinsi Jawa Timur

Rute Menuju Pantai Popoh Tulungagung

Lokasi pantai ini sangat mudah dijangkau. Karena berada di pinggir Jalur Lintas Selatan. Jadi jalurnya hanya mengikuti jalur selatan dari Tulungagung.

Agar lebih mudah, Anda bisa mengambil patokan dari Alun-alun lalu menuju ke selatan melalui Jl. Diponegoro. Sesampainya di pertigaan jalur selatan, coba lihat ke atas. Ada tanda yang menunjuk ke Pantai Popoh. Setelah itu, Anda tinggal mengikuti petunjuk untuk sampai ke pantai yang Anda inginkan.

Nuansa Pantai Popoh (c) Akbar Dedy P TravelingyukNuansa Pantai Popoh (c) Akbar Dedy P Travelingyuk

Kunjungi juga: Pantai Sine, Tulungagung

Aktivitas seru di Pantai Popoh Tulungagung

Selain berenang dan mandi, di tempat wisata ini Anda juga bisa menikmati keindahan alam berupa pantai berpasir putih yang luas dan gua alam yang sangat indah.

Penyewaan Perahu (c) Akbar Dedy P TravelingyukPenyewaan Perahu (c) Akbar Dedy P Travelingyuk

Di tempat ini Anda tidak hanya bisa menikmati keindahan alam tetapi juga memancing di tengah laut dari Pantai Popoh. Karena di lokasi ini ditawarkan persewaan perahu dan persewaan peralatan memancing, sehingga pengunjung bisa menegosiasikan sendiri harga sewanya langsung di lokasi persewaan. Harga pemandu biasanya tergantung jarak dan durasi memancing.

Keunikan Pantai Popoh Tulungagung

Pantai yang terletak di Tulungagung ini memiliki keunikan yang jarang ditemukan di tempat lain. Dan di bawah ini adalah hal-hal unik yang bisa Anda alami saat berwisata ke Pantai Popoh:

1. Terdapat gua alam

Sejauh mata memandang, terdapat sebuah gua alam unik di kota pantai ini. Selain unik, gua ini juga mampu memuaskan wisatawan yang datang. Pasalnya tidak semua pantai Laut Selatan memiliki keindahan gua alam.

2. Melihat atraksi ikan paus secara langsung

Beruntung sekali jika kesini bisa menikmati atraksi ikan paus yang menghibur pengunjung di tengah laut selatan. Atraksi ikan paus ini merupakan salah satu daya tarik yang ada di Pantai Popoh Tulungagung.

Jumbai karang yang indah (c) Akbar Dedy P TravelingyukJumbai karang yang indah (c) Akbar Dedy P Travelingyuk

3. Perjalanan memancing di laut luar ruangan

Selain wisata pantai, perahu kecil juga disediakan dari lokasi ini bagi wisatawan yang ingin mengetahui bagaimana rasanya memancing di tengah laut selatan. Biaya sewa perahu sangat terjangkau, bisa nego di tempat dan harga tergantung jarak memancing.

4. Berbelanja di Pasar Ikan Hidup

Jika Anda takut memancing di laut di lepas Pantai Popoh, jangan khawatir, sepulang dari sini pun Anda masih bisa membawa pulang ikan. Kota pantai ini memiliki pasar ikan yang menjual ikan hasil tangkapan nelayan setempat. Harganya sangat murah, anda bisa menawar hingga terjadi kesepakatan antara penjual ikan dan pembeli.

Aktivitas memancing di Pantai SidemAktivitas memancing di Pantai Sidem

5. Ada Aula Besar

Jika Anda ingin mengadakan pesta pernikahan, ulang tahun, atau syukuran, tempat ini menyediakan aula atau biasa disebut Pendopo Agung. Pendapa Agung tidak hanya menjadi salah satu daya tarik Pantai Popoh namun juga menjadi sumber pendapatan bagi kawasan wisata setempat.

wota popoh tentang wongtulungagungwota popoh tentang wongtulungagung

Prasarana di Pantai Popoh Tulungagung

Tempat ini tidak hanya menawarkan atraksi yang sangat mengesankan tetapi juga infrastruktur yang akan memanjakan perjalanan liburan Anda. Dan dibawah ini infrastruktur yang ada di Pantai Popoh :

1. Sudut pandang

Untuk memberikan rasa aman bagi pengunjung, terdapat view point di lokasi pantai ini. Titik pengamatan digunakan untuk memantau wisatawan yang mandi di pantai atau bermain air. Popoh.

2. Tempat parkir

Demi keamanan kendaraan pengunjung, terdapat tempat parkir yang luas di lokasi ini. Selain tempat parkir mobil yang luas, selalu dipatroli oleh petugas parkir dari desa setempat. Biaya parkir setiap kendaraan sebesar Rp 2.000 untuk roda dua dan Rp 3.000 untuk roda empat.

3. Ruang sholat

Tanpa mengurangi kewajiban kepada Sang Pencipta, di tempat ini disediakan musala untuk beribadah khususnya bagi umat Islam. Meski ruang salatnya tidak cukup luas, namun cukup untuk salat berjamaah bersama rombongan wisata lainnya.

4. Tersedia warung makan

Jika perut Anda lapar, jangan khawatir. Karena di pantai ini terdapat berbagai tempat makan atau rumah makan, pilih saja menu yang Anda suka. Selain menjual makanan, warung ini juga menjual berbagai pernak pernik dan oleh-oleh khas daerah Tulungagung.

5. Ada pasar ikan

Pasar ikan ini tidak hanya menjadi daya tarik tetapi juga pemasok bagi perekonomian lokal. Pasar ini memungkinkan nelayan menjual hasil perikanannya langsung ke konsumen dengan keuntungan lebih besar dibandingkan jika melalui perantara.

6. Taman bermain

Pantai Popoh bukan hanya sekedar tempat liburan bagi orang dewasa saja. Untuk berlibur kesini anda bisa membawa anak kecil karena di tempat ini terdapat area bermain yang sangat aman dan menyenangkan.

Keindahan Pantai Popoh dari atas bukit via Backpacker JakartaKeindahan Pantai Popoh dari atas bukit via Backpacker Jakarta

7. Palereman Nyai Roro Kidul

Banyak orang yang percaya bahwa air laut selatan memiliki khasiat karena Laut Selatan merupakan tempat peristirahatan Nyai Roro Kidul. Dengan kepercayaan tersebut maka dibangunlah Palereman Nyai Roro Kidul di kawasan Padepokan Retjo Sewu.

Sejak awal dibangun hingga saat ini, gedung Paleremen selalu dipenuhi wisatawan yang ingin minum dan mencuci muka. Karena diyakini dengan cara ini mereka mempunyai kelebihan seperti awet muda, kebahagiaan dan kemungkinan menyembuhkan berbagai penyakit.

Catatan: Ini hanyalah mitos belaka, tentunya kita harus mempercayainya

* * * *

Demikianlah gambaran keindahan Pantai Popoh di Tulungagung yang wajib Anda kunjungi pada akhir pekan atau musim liburan mendatang. Semoga bermanfaat dan dapat memberikan petunjuk tentang tempat wisata di Tulungagung untuk anda dan keluarga atau orang tercinta.

Kunjungi juga: Pantai Sidem, Tulungagung

Source: tempatwisataseru.com

Related Articles

Back to top button