Tempat Wisata

6 Masjid Terpopuler dan Bersejarah di Kota Surakarta, Wisata Religi!

Masjid di kota Surakarta – Kota Surakarta memiliki beberapa masjid yang populer dan memiliki nilai sejarah yang tinggi. Kota Surakarta atau lebih dikenal dengan kota Solo memang merupakan kota yang penuh dengan budaya.

Bukti sejarah kuatnya eksistensi Islam di sini adalah dengan adanya berbagai masjid bersejarah Surakarta yang kini dibangun dengan megah dan indah.

Masjid-masjid ini tidak hanya menjadi tempat ibadah umat Islam, tetapi juga menjadi saksi berkembangnya peradaban Islam di Surakarta.

Sebagai salah satu wisata religi, mengunjungi masjid bersejarah di Surakarta akan menjadi pengalaman yang tak terlupakan.

Arsitektur bangunan yang unik dan menawan serta kisah sejarah yang dapat kita pelajari akan menjadikan pengalaman yang benar-benar berbeda.

1. Masjid Agung Keraton Surakarta

Masjid Agung Keraton Surakarta Anik Sri MuryaniMasjid Agung Keraton Surakarta Anik Sri Muryani

  • alamat: J L. Masjid Agung No. 1 Kauman, Kec. Ps.Kliwon Kota Surakarta Jawa Tengah 57122
  • Jam operasional: Buka 24 jam
  • Nomor telepon: 0271643363
  • peta: Google Peta

Rekomendasi Masjid di Surakarta atau Solo pertama yang wajib Anda kunjungi adalah Masjid Keraton Surakarta. Masjid ini dibangun pada abad ke-18 dengan arsitektur klasik Jawa dan Belanda

Dimana atap Tajug yang paling tinggi ini didominasi bahan bangunan kayu.

Selanjutnya penguasa lokal seperti Pakubuwono IV dan VIII melakukan pengembangan dan perbaikan lebih lanjut sehingga menghasilkan perpaduan gaya tradisional dan modern yang menakjubkan.

Masjid Agung Surakarta saat ini dengan indahnya mencerminkan perpaduan gaya Jawa dan Eropa.

Pertama, atapnya terbuat dari ijuk jati yang berlapis-lapis, kemudian kubah besar berwarna hijau melambangkan keagungan Islam.

Di halaman masjid terdapat kolam air mancur yang dikelilingi taman indah yang mendekatkan kita dengan alam serta memberikan suasana tenang dan damai.

Masjid ini bukan sekedar tempat ibadah biasa, namun masjid agung merupakan salah satu pusat kegiatan sosial dan budaya keagamaan di Surakarta.

Berbagai upacara adat masyarakat dan pengajian rutin kerap digelar di tempat ini untuk meningkatkan kehidupan spiritual dan sosial masyarakat setempat.

Salah satu landmark paling terkenal dan dihormati di Jawa Tengah, masjid ini berdiri megah di jantung kota Surakarta.

Padahal, keberadaannya sebagai bagian dari kompleks Keraton Kasunanan Surakarta merupakan salah satu penjaga tradisi dan identitas budaya Jawa.

Baca juga: 14 ruang sewa sepeda motor solo

2. Masjid Agung Syekh Zayed

Masjid Syekh Zayed Ahmad ImronMasjid Syekh Zayed Ahmad Imron

  • alamat: J L. Surya IV, Jebres, Kab. Jebres, Kota Surakarta, Jawa Tengah
  • Jam operasional: Buka dari jam 4 pagi sampai jam 9 malam
  • Nomor telepon: 08112902666
  • peta: Google Peta

Masjid Sheikh Zayed merupakan replika Masjid Sheikh Zayed di Abu Dhabi. Masjid ini merupakan salah satu masjid termegah di Indonesia, tergolong baru di Surakarta dan diresmikan pada tahun 2021.

Masjid ini menampilkan arsitektur yang memadukan keindahan arsitek Timur Tengah dengan kearifan lokal Indonesia, memberikan pengalaman spiritual yang lebih menyenangkan.

Masjid ini terlihat sangat indah dan menawan dengan kubahnya yang besar berwarna putih dan dekorasi yang rumit.

Masjid ini juga cukup luas karena mampu menampung hingga 10.000 jamaah dan jam bukanya terbuka untuk pengunjung sepanjang hari.

Masjid ini memiliki banyak fasilitas seperti ruang VIP, perpustakaan, taman basement dan lain sebagainya.

Padahal, kompleks Masjid Syekh Zayed Solo berfungsi sebagai Islamic center, yaitu pusat pendidikan dan pengajaran Islam serta tempat pengembangan ekonomi syariah.

3. Masjid Al Wustho Mangkunegaran

Masjid Al Wustho Mangkunegaran Nova AriyantoMasjid Al Wustho Mangkunegaran Nova Ariyanto

  • alamat: J L. Kartini No.3, Ketelan, Kec. Banjarsari, Kota Surakarta, Jawa Tengah 57132
  • Jam operasional: Buka 24 jam
  • Nomor telepon: 0271634648
  • peta: Google Peta

Masjid Al Wustho Mangkunegaran sendiri didirikan pada tahun 1839 dan merupakan masjid resmi Keraton Mangkunegaran.

Arsitektur khas Jawa dengan bangunan induk berbahan kayu jati dan atap bertingkat.

Masjid ini sendiri dibangun oleh Raja Mangkunegara IV pada awal abad ke-20 dan menjadi salah satu masjid terpopuler dan terkenal di Surakarta.

Bagian bangunan masjid ini menggunakan arsitektur indah dan motif kaligrafi yang megah dengan tujuan untuk menarik lebih banyak wisatawan dan sejarawan budaya.

Masjid Istana Al Wustho berukuran cukup besar dan penuh dengan unsur tradisional Jawa sehingga memberikan kemegahan tersendiri.

Setiap detail masjid ini mencerminkan kejayaan budaya dan spiritual Islam di masa lalu kota Surakarta.

Kehadiran tulisan kaligrafi bertuliskan Hadits Nabi Muhammad SAW menambah nilai dan keagungan spiritual masjid ini.

Di sebelah timur laut Gedung Utara, tempat menara ini dibangun pada tahun 1926, terdapat menara segi delapan setinggi 25 m.

Periksa juga: 36 tempat wisata kuliner solo

4. Masjid Fathimah

Masjid Agung Fatimah ian keikaiMasjid Agung Fatimah ian keikai

  • alamat: Jayengan, Kecamatan. Serengan, Kota Surakarta, Jawa Tengah 57152
  • Jam operasional: Buka 24 jam
  • Nomor telepon:-
  • peta: Google Peta

Masjid Agung Fatimah juga sangat populer di kota Surakarta. Masjid ini dibangun pada tahun 1980 dan memiliki sejarah yang unik. Dipindahkan ke lokasinya saat ini pada tahun 2004 oleh Batik Danar Hadi Kemlayan dan diberi nama Fatimah sebagai wakaf keluarga pemilik Batik Danar Hadi.

Masjid dengan arsitektur cukup modern ini terletak di kawasan Jayengan dan dikenal dengan nama Masjid Pengantin karena sering digunakan sebagai tempat resepsi pernikahan.

Masjid ini menampilkan banyak fitur dekoratif menarik yang memadukan gaya Timur Tengah dengan nuansa budaya Jawa klasik.

Masjid ini dapat menampung lebih dari 800 jamaah dan tidak hanya menjadi pusat ibadah tetapi juga menjadi pusat kegiatan Islam seperti pengajian, perayaan hari raya, dll.

5. Masjid Riyadh

Masjid Riad Fahrizal MusthofaMasjid Riad Fahrizal Musthofa

  • alamat: J L. Ibu Pertiwi, Ps. Ps.Kliwon Kota Surakarta Jawa Tengah 57118
  • Jam operasional: Buka 24 jam
  • Nomor telepon:-
  • peta: Google Peta

Selanjutnya sobat Seru juga bisa mengunjungi Masjid Riyadh yang banyak terdapat Habaib yang mengadakan Taklim dengan jamaah yang sangat banyak.

Acara-acara angkut pun sering diadakan di masjid ini, menarik puluhan bahkan ratusan ribu jamaah dari berbagai kota di Indonesia bahkan dari berbagai negara.

Meskipun masjid di Riyadh ini tidak terlalu besar, namun menjadi tempat sentral untuk ikut serta dalam prosesi mualaf (penulis) kitab ulang tahun Simtuddurar Habib Ali bin Muhammad bin Husein Al-Habsyi.

Nah, di sebuah ruangan kecil di area selatan masjid ini terdapat tiga makam keturunan Habib Ali, termasuk makam Habib Alwi bin Ali Al-Habsyi, dan diapit oleh dua makam lainnya; Habib Anis bin Alwi al-Habsyi dan Habib Ahmad bin Alwi Al-Habsyi.

Masjid Jami Assagaf Joko WibowoMasjid Jami Assagaf Joko Wibowo

  • alamat: J L. Kapten Mulyadi No.190, Ps. Ps.Kliwon Kota Surakarta Jawa Tengah 57118
  • Jam operasional: Buka dari jam 4 pagi sampai 7:30 malam
  • Nomor telepon: 0271631985
  • peta: Google Peta

Terakhir Wisataseru.com merekomendasikan Masjid Jami Assagaf sebagai tempat wisata religi di kota Surakarta bersama keluarga tercinta. Di masjid ini setiap hari ada salat para Alim-Ulama dan Habaib yang mengajarkan ilmu agama.

Masjid Jami Assagaf memiliki alun-alun yang nyaman dan tersedia air minum untuk masyarakat. Masjid yang didirikan oleh Al Habib Abu Bakar bin Muhammad As-Segaf di atas tanah sumbangan Kasunan Surakarta Pakubuwono X ini memiliki luas yang sangat luas.

Menutup

Sekian informasi yang bisa kami berikan kali ini mengenai daftar masjid di Surakarta yang sangat populer. Semoga bermanfaat dan terima kasih.

Kunjungi juga: 7 Tempat Wisata Keluarga di Surakarta

Source: tempatwisataseru.com

Related Articles

Back to top button