Tempat Wisata

9 Tempat Wisata Terbaik & Terpopuler di Pasangkayu Yang Wajib Dikunjungi

Mungkin menjelajahi tempat-tempat wisata di Pasangkayu tidaklah mudah. Keindahan alam Indonesia ini membutuhkan banyak waktu penjelajahan, terutama tempatnya yang berada di sudut Sulawesi Barat.

Seperti diketahui, negara kita memang dikenal memiliki banyak tempat “rahasia” yang tentunya menawarkan berbagai keindahan alam. Jadi, bagi para penjelajah tempat wisata, Kabupaten Pasangkayu, Sulawesi Barat sangat cocok untuk dijelajahi.

Kabupaten yang awalnya bernama Mamuju Utara ini dulunya dikenal dengan perkebunan kelapa sawitnya. Biasanya tidak jarang wisatawan yang melakukan perjalanan bisnis mengunjungi beberapa perkebunan agrowisata kelapa sawit.

Tempat wisata di Pasangkayu

Selain itu, terdapat pula beberapa kawasan agrowisata di Kabupaten Sarudu yang disebut sebagai kawasan penghasil jeruk manis. Sebaliknya, itu masih tempat yang jarang dikunjungi oleh wisatawan lokal. Apa saja tempat wisata di Pasangkayu yang disinggung selama ini? Simak berikut ini!

1. Pantai Pasangkayu dan Pantai Tanjung Babia

Pantai Pasangkayu dan Pantai Tanjung BabiaPantai Pasangkayu dan Pantai Tanjung Babia

Alamat: JL Tj Babia, Pasangkayu, Kec. Pasangkayu, Pasangkayu Kabupaten

Setelah dilakukan revitalisasi objek wisata ini. Kedua pantai ini cocok sebagai destinasi wisata di Kabupaten Pasangkayu yang harus Anda kunjungi terlebih dahulu.

Memang, Pasang Kayu terletak di ujung pulau Sulawesi Barat, jadi daya tarik wisata utamanya adalah pantainya. Kedua objek wisata ini sangat direkomendasikan untuk menjadi salah satu ikon Kabupaten Pasangkayu.

Pembangunan destinasi wisata di Pasangkayu ini masih terus ditingkatkan karena pemerintah kini lebih sensitif dari sebelumnya.

Tentunya dari kedua pantai yang ada di Pasangkayu ini, wisatawan bisa menikmati semua pemandangan indahnya hamparan pulau, dan sangat lengkap dengan deretan pohon kelapanya.

Rencana pengembangan pantai ini dilakukan untuk melengkapi beberapa proposal. Sudah pasti kedua tempat ini menjadi destinasi pantai terbaik yang menjadi rekomendasi terbaik untuk berwisata.

2. Air Terjun Barubu

Air Terjun Barubu via 2SixAir Terjun Barubu via 2Six

lokasi: Bukit Harapan, Kec. Bulutaba, Cab.Instalwood

Tempat wisata terdekat di Pasangkayu adalah Air Terjun Barubu. Lokasinya berada di Desa Bukit Harapan, Kecamatan Bulutaba, Sulawesi Barat. Destinasi wisata yang satu ini memiliki banyak keistimewaan yang sangat menjanjikan saat wisatawan datang ke sini.

Saat kita berada di Air Terjun Barubu pada siang hari, kita melihat air terjun yang indah memancar dari dua titik pancuran yang berbeda. Pantai di Pasangkayu ini memberikan efek menenangkan bagi wisatawan yang datang ke sini.

Lokasi tempat wisata alam di Pasangkayu ini dapat ditempuh dengan berjalan kaki sekitar 70 meter dari desa.

Kunjungi juga: 22 Tempat Wisata Di Donggala

3. Monumen SMART

Monumen SMART di atas OkezoneMonumen SMART di atas Okezone

Alamat: JL Moh Hatta, Pasangkayu, Kec. Pasangkayu, Kab.Pasangkayu, Sulawesi Barat 91574

Monumen SMART adalah ikon yang menyertainya karena tersedia di setiap kota. Tempat ini layak menjadi tempat wisata di Kabupaten Pasangkayu yang bisa dikunjungi untuk relaksasi.

Arti SMART sendiri adalah kaya, mandiri dan juga bermartabat. Tentu saja jika Anda datang pada malam hari Anda akan menemukan beberapa keramaian. Tempat wisata di Kabupaten Pasangkayu ini belum lama ini dibangun oleh pemerintah.

Dan tempat ini menjadi salah satu tempat para pedagang mencari nafkah, sehingga anda bisa mencicipi berbagai makanan daerah disini.

4. Air Terjun Kaluku Nangka

Air Terjun Kaluku Nangka di atas OkezoneAir Terjun Kaluku Nangka di atas Okezone

lokasi: Kaluku Nangka, Kec. Bambaira, Cab.Instalwood

Berada di Kecamatan Bambaira, tempat wisata di Kecamatan Pasangkayu ini tentunya sangat cocok bagi wisatawan yang ingin merasakan petualangan. Tentu saja, untuk menuju tempat yang sangat indah ini tidaklah mudah. Tempat ini memang sangat menantang namun setelah anda sampai disini anda akan merasakan keindahannya.

Salah satu tempat wisata di Kabupaten Pasangkayu yang bernama Kaluku Nangka ini masih perawan. Dan mungkin pemerintah setempat akan memperhatikan tempat ini untuk menjadikannya tempat wisata yang layak.

Jika ingin menuju air terjun di Pasangkayu, minimal harus berjalan kaki sekitar 45 menit, maka anda akan merasakan kesegaran jernihnya air terjun Kaluku Nangka.

Jalur di sini memang sangat menuntut, selain banyak bebatuan harus menembus hutan yang masih cukup rindang dan asri. Pastikan Anda selalu membawa perbekalan yang cukup.

5. Goa Lawah

Goa LawahGoa Lawah

lokasi: Bukit Harapan, Kec. Bulutaba, Cab.Instalwood

Sedangkan tempat wisata di Kabupaten Pasangkayu memiliki kesamaan yang sama dengan tempat wisata di Bali, jika dicermati kedua goa ini memiliki karakteristik yang sangat berbeda.

Goa Lawah berada di ketinggian sekitar 100 meter di atas permukaan laut. Jika Anda ingin mencapai gua ini, Anda harus berjalan melewati beberapa perkebunan kelapa sawit.

Pemandangan hijau perkebunan dan juga persawahan tidak akan membuat perjalanan anda terasa ketika anda pergi ke tempat wisata di Kabupaten Pasangkayu ini.

Setelah memasuki area gua, Anda dapat dengan mudah menemukan beberapa sarang kelelawar seperti markas film Batman. Jumlah stalaktit dan stalagmit yang terbentuk selama ribuan tahun sangat indah.

6. Pantai Batu Oge

Pantai Batu Oge di atas PromoliburanPantai Batu Oge di atas Promoliburan

lokasi: Batu Oge, Pedongga, Cab.Instalwood

Padahal, salah satu tempat wisata di Kabupaten Pasangkayu adalah pantai yang tidak memiliki pasir putih seperti wisata pantai lainnya di Sulawesi.

Namun, keindahan dan kebersihan pantai ini patut diacungi jempol. Tempatnya sangat sejuk karena di area pantai ini banyak terdapat pepohonan yang rindang.

Beberapa warga setempat sudah mulai melakukan tindakan agar tempat wisata ini tidak tercemar oleh wisatawan luar, sehingga warga sekitar meminta kepada pemerintah kabupaten untuk menyediakan beberapa fasilitas penampung sampah.

Kunjungi juga: 21 Tempat Wisata di Kepulauan Banggai

7. Wisata Vovasanggayu

Wisata Vovasanggayu - Tempat Wisata di PasangkayuWisata Vovasanggayu

Alamat: JL Moh Hatta, Pasangkayu, Kec. Pasangkayu, Kab.Pasangkayu, Sulawesi Barat 91574

Bahkan, tempat wisata di Kabupaten Pasangkayu ini akan terlihat asing dan asing di telinga Anda. Namun, sejarah nama Vovasanggayu cukup signifikan bagi Kabupaten Pasangkayu di Sulawesi Barat.

Nama ini bermakna karena berasal dari 2 pohon yang terletak di ujung pantai dan berdiri sangat kokoh.

Tempat wisata di Kabupaten Pasangkayu ini memiliki sejarah masyarakat yang luas. Jika diidentifikasi, 2 pohon tersebut adalah pohon mangrove atau pohon bakau.

Beberapa inspirasi dari tempat wisata di Kabupaten Pasangkayu ini antara lain, “Cerita di Bumi Vovaanggayu Sulawesi Barat, ada juga kumpulan legenda lokal dan cerita dari Mamuju Utara” yang ditulis oleh Abdul Wahid.

Intinya cerita yang berkembang dari tempat wisata di Kabupaten Pasangkayu ini adalah sebuah pengabdian yang berbeda dengan cerita pencuri Kundang yang durhaka.

Sejarah tempat ini menunjukkan agak simbolis. Jika mengutip sedikit dari sejarah, dikatakan bahwa ada cucu seorang nenek yang ingin menjadi pelaut. Dan sang nenek menanam pohon bakau ini agar sang cucu tidak tersesat saat pulang nanti.

Ini benar-benar kisah yang sangat sedih dan mengharukan. Oleh karena itu, wisatawan sering mengunjungi tempat ini untuk mengkonfirmasi cerita rakyat tempat wisata di Kabupaten Pasangkayu ini. Namun, meskipun sejarah bukanlah tujuan Anda, Anda tidak akan menyesal datang ke sini karena tempatnya sangat indah dan nyaman.

8. Pantai Cinoki

Pantai Cinoki via Twitter @ratna98843381 - Tempat Wisata di PasangkayuPantai Cinoki via Twitter @ratna98843381

alamat: Pantai Cinoki, Desa Sarudu, Kecamatan Sarudu, Kab.Instalwood

Rekomendasi tempat wisata di Pasangkayu yang bisa Anda kunjungi selanjutnya adalah Pantai Cinoki yang terkenal sangat indah. Pantai ini memiliki pasir putih yang lembut dengan air yang sangat jernih berwarna biru kristal.

Pantai Cinoki ini wajib Anda masukkan dalam daftar kunjungan Anda saat berlibur di Pasangkayu, wisatawan tidak akan kecewa datang ke sini karena pengelola juga telah menyediakan berbagai fasilitas pelengkap yang wajar.

9. Masjid Al Madaniah Pasangkayu

Pasangkayu Masjid Al Madaniah via Instagram.com @justcaptures_ - Tempat Wisata di PasangkayuMasjid Al-Madaniah Pasangkayu via Instagram.com @justcaptures_

Alamat: Pasangkayu, Kec. Pasangkayu, Kab.Pasangkayu, Sulawesi Barat 91574

Terakhir, kami menyarankan Anda yang beragama Islam untuk mampir ke Masjid Pasangkayu Al-Madaniah yang begitu megah dan gagah. Anda bisa berhenti sejenak untuk berdoa atau sekedar istirahat sejenak sambil menikmati keindahan bangunannya.

Majid Al-Madaniah Pasangkayu sendiri diresmikan dalam rangka HUT ke-14 kabupaten tersebut.

Menyimpulkan

Demikian gambaran tempat wisata di Pasangkayu yang dapat kami sajikan untuk anda. Semoga bermanfaat dan bisa menjadi referensi liburan anda bersama keluarga tercinta. Jangan lupa untuk membagikan artikel ini kepada orang lain juga.

Kunjungi juga: 13 Tempat Wisata Terbaik Di Banggai

Source: tempatwisataseru.com

Related Articles

Back to top button