Tempat Wisata

Pantai Wakatobi Cemara, keajaiban pantai yang indah dan panorama matahari terbenam yang menakjubkan

harga tiket: Rp 10.000, Waktu aktif: 24 jam, Alamat: JL.Raya Waha, Sombu, Kec. Wangi-Wangi, Kab.Wakatobi, Sulawesi Tenggara; map: Cek lokasi

Wakatobi adalah salah satu taman nasional di Sulawesi Tenggara dengan sejuta keindahan. Salah satu ikon wisata adalah Pantai Cemara di Wakatobi yang banyak dikunjungi wisatawan lokal maupun mancanegara. Meski tergolong baru, panorama alamnya tidak kalah dengan wisata alam lainnya.

Wisata ini terkenal dengan ratusan mata air yang muncul dari dasar laut dan itu membuatnya unik. Ternyata tempat ini punya pepatah sendiri kalau mau ke pantai, lompat saja dari dapur. Pepatah tersebut memiliki makna bahwa ada sejuta objek wisata di Pantai Cemara ini.

Wisatawan berduyun-duyun ke pantai, terutama pada hari libur. Lahan yang luas bisa menampung hingga lebih dari 100 orang. Ombaknya yang tidak terlalu besar sangat cocok dinikmati dengan semilir angin yang sejuk. Tak heran jika banyak orang yang menjadikan tempat liburan ini sebagai tujuan wisata keluarga.

Atraksi Pantai Cemara

Objek wisata pantai CemaraKredit foto: Instagram infoduniatravel

1. Air laut biru

Pemandangan alam yang akan Anda lihat pertama kali selama liburan di Pantai Cemara adalah air laut yang biru jernih. Terkadang ada juga perahu nelayan yang berlabuh di bibir pantai untuk melengkapi nuansa wisata. Untuk menjaga kejelasan, Anda akan menemukan tulisan-tulisan liburan di sini yang tidak boleh berserakan, terutama di laut.

Ada juga pasir putih di sepanjang wisata, yang bisa menyejukkan mata wisatawan. Pengunjung cukup duduk di pinggir sambil ditemani suara deburan ombak. Tidak sedikit juga yang bermain di area ini, mulai dari permainan air hingga voli pasir dan pantai. Jika pemandangan tersebut difoto dengan kamera, meninggalkan tempat tersebut akan menciptakan kenangan tersendiri.

2. Menikmati matahari terbenam

Hal lain yang membuat kawasan Pantai Cemara menjadi lebih baik adalah tempat yang cocok untuk melihat matahari terbenam. Lokasinya yang menghadap ke Laut Banda sangat cocok dikunjungi hingga sore hari. Dalam cuaca cerah, matahari terbenam terlihat bulat sempurna di balik air laut. Anda bisa menikmatinya dengan duduk di gazebo atau langsung di pantai berpasir putih.

Warna jingga langit banyak ditangkap oleh pengunjung dengan potret kamera. Di sore hari terkadang ada pertunjukan musik live untuk menemani Anda. Karena itu, banyak orang menghabiskan waktu di pantai hingga larut malam. Kursi akan terlihat penuh terutama pada hari Sabtu dan Minggu.

3. Banyak pertama

Seperti namanya, pantai ini memiliki banyak pohon cemara yang ditanam di sepanjang pasir. Pepohonan hijau membuat cuaca sejuk dan indah. Pengelola, selain untuk mempercantik, juga bertujuan untuk mencegah terjadinya atrisi yang sering terjadi di wilayah pesisir. Ada pohon dengan ukuran mulai dari yang kecil hingga yang tinggi.

Meski sudah jam 12 malam ke atas, kawasan wisata ini tidak terasa panas karena rimbunnya pepohonan. Banyak pengunjung juga yang menjadikannya sebagai kesempatan berfoto saat berlibur. Ada juga yang memasang hammock atau ayunan gantung di antara batang pohon untuk bersantai sambil beristirahat.

Alamat dan rute menuju lokasi

Alamat Pantai CemaraKredit foto: Google Maps Shin Shintara

Wisata Alam Pantai Cemara terletak di Jl. Raya Waha, Sombu, Kabupaten Wakatobi, Sulawesi Tenggara. Saat berkendara menuju kawasan tersebut, pengunjung dapat menggunakan kendaraan roda dua maupun roda empat karena akses jalan yang mudah untuk dilalui. Hanya berjarak 7 km dari pusat kota Wanci menuju destinasi ini.

Ketika wisatawan berangkat dari Bandara Matahora, dibutuhkan waktu 21 menit untuk sampai ke pantai. Biasanya ada agen rental mobil di sekitar bandara bagi pengunjung yang tidak membawa kendaraan. Harga yang tertera juga menyesuaikan dengan lamanya jam sewa.

Selama perjalanan Anda akan melihat banyak pemandangan alam di kabupaten ini. Saat memasuki area pantai akan ada gerbang besar untuk menyambut tamu. Dari gerbang, tempat wisata sangat dekat, hanya 100 meter ke pantai.

Biaya masuk objek wisata

Harga tiket Pantai CemaraSumber gambar: Google Maps Mas Goens

Tempat wisata Pantai Cemara biaya masuknya relatif murah. Pengunjung hanya akan dikenakan harga tiket Rp 10.000 per orang. Harga berlaku untuk anak-anak dan orang dewasa pada hari kerja dan hari libur. Wisatawan bisa menikmati panorama alam di dalamnya hingga malam hari karena wisata ini buka 24 jam.

Di tempat parkir, wisatawan juga dikenakan tiket sebesar Rp 5.000 untuk sepeda dan Rp 10.000 untuk mobil. Di sekitar pantai juga terdapat warung-warung yang menjajakan makanan dengan harga yang ramah kantong. Biaya liburan yang murah membuat destinasi ini dilirik banyak orang.

Aktivitas menarik di pantai Cemara

Aktivitas di pantai CemaraKredit foto: Instagram Inalis V.R

1. Pelepasan hewan muda

Kegiatan ini biasanya rutin dilakukan saat ombak laut tenang, tepatnya pada bulan September hingga Maret. Wisatawan dapat menyaksikan hewan muda dari pulau harum bertelur. Keberadaan ekosistem ini sangat dilestarikan oleh pengelola setempat karena dapat menyeimbangkan ekosistem laut. Anda bisa melakukan aktivitas ini saat air laut sedang pasang.

2. Main wahana banana boat

Banana boat sangat asyik dimainkan bersama keluarga atau teman. Permainan ini memiliki kapasitas 5 orang dan setiap orang akan diberikan jaket pelampung untuk keselamatan. Yang harus Anda lakukan adalah duduk di wahana berbentuk pisang ini dan berpegangan pada tali. Pengunjung akan merasakan perasaan tegang saat menikmati wahana ini saat melewati deburan ombak pantai yang kencang.

3. Berenang

Area di tepi Pantai Cemara dengan ombak yang tidak terlalu besar banyak digunakan untuk berenang. Wisatawan dapat menikmati dinginnya air laut dalam cuaca yang sejuk. Namun Anda harus berhati-hati, karena di kawasan perairan laut sebagian besar terdapat bebatuan kecil yang bisa Anda injak. Kegiatan ini sangat cocok untuk bersantai.

Aktivitas menarik di pantai CemaraKredit: Instagram PEMUDA LOKAL

4. Nikmati kelezatan kuliner

Setiap daerah pasti memiliki kuliner khas. Di kawasan pantai ini juga terdapat warung-warung yang menjajakan makanan khas Sulawesi, antara lain ikan parende dan casuami. Pedagang mengolahnya dengan mengambil ikan segar langsung dari laut. Kuliner ini sangat melegenda karena rasanya yang unik dan harganya yang murah.

5. Berjemur

Kegiatan ini tidak hanya dilakukan oleh wisatawan tetapi juga oleh pengunjung lokal yang berjemur di area berpasir. Anda bisa menggunakan kacamata hitam, pembalut, dan pakaian yang menyerap keringat akibat berjemur. Wisatawan dapat menikmati cerahnya matahari dengan pemandangan pepohonan di sekitarnya.

6. Menyelam

Kejernihan air lautnya membuat destinasi alam ini sangat cocok untuk menyelam. Keindahan bawah laut akan terlihat sangat indah saat Anda menyelam. Mulai dari terumbu karang dan biota laut lainnya, lautan ini seakan menghiasi. Wisatawan juga bisa menyewa peralatan menyelam di sekitar area pantai.

Akomodasi murah terdekat ke pantai

Akomodasi terdekat dari Pantai CemaraKredit foto: Google Maps Wakatobi Patuno Resort

1. Resor Wakatobi Patuno

Penginapan ini dekat dengan tempat wisata karena hanya membutuhkan waktu 11 menit untuk sampai. Di dalamnya terdapat fasilitas yang lengkap mulai dari Wi-Fi gratis, kolam renang indoor dan outdoor hingga AC di setiap kamar. Desain bangunannya unik dengan sentuhan cokelat klasik.

2. Wasabinua Hotel & Resor Selam

Salah satu resort unik di sekitar Pantai Cemara adalah Hotel Wasabinua. Letaknya yang berada di atas bebatuan air laut, sehingga para wisatawan terkesima saat melihat keindahan alam dari arah penginapan. Di dalamnya terdapat restoran yang bisa dinikmati dengan berbagai menu khas Indonesia. Sebelum menuju ke tempat tersebut Anda harus melewati jembatan gantung di atas air laut.

3. Wisma Maharani Wakatobi

Pengunjung bisa menginap mulai dari Rp 200.000. Penginapan ini terlihat seperti rumah pribadi dan karenanya cocok untuk rombongan keluarga. Fasilitas yang ditawarkan meliputi akomodasi antar-jemput bandara, parkir, dan internet gratis. Setiap kamar juga dilengkapi dengan TV kabel, lemari pakaian dan kamar mandi.

Fasilitas yang tersedia di kawasan wisata

Fasilitas di kawasan Pantai CemaraSumber gambar: Google Maps Augrit Dirodari

Kawasan Pantai Cemara memiliki fasilitas lengkap yang tidak kalah dengan pantai lainnya. Terdapat gazebo yang bisa digunakan untuk duduk bersantai bersama keluarga. Uniknya, kursi ini didesain dari bahan alami yang bersumber dari pepohonan di sekitarnya. Atapnya terbuat dari jerami dan tiang penyangganya terbuat dari kayu cokelat.

Pengunjung juga dapat menggunakan toilet di sudut wisata. Namun, disarankan untuk menjaga kebersihan demi kenyamanan penggunaan fasilitas ini. Selain itu, wisatawan yang ingin beribadah juga bisa menumpang di warung-warung pedagang. Ini karena tidak ada mushola di dekat pantai.

Ada tempat parkir yang cukup luas di sudut depan. Biasanya dia bisa memuat hingga 50 kendaraan per hari. Bagi yang ingin menyewa peralatan bermain juga tersedia, harganya sangat ramah di kantong. Semua fasilitas tersebut akan terus dibenahi jika terjadi kerusakan untuk memastikan tamu yang datang merasa nyaman.

Nah itulah penjelasan tentang Pantai Cemara di Wakatobi yang sangat menarik untuk dikunjungi. Pengunjung hanya perlu menjaga kebersihan area dan tidak merusak semua fasilitas yang ada. Mereka yang datang ke sini dijamin tidak akan bosan dan akan dengan senang hati kembali menikmati suasananya.

Source: www.itrip.id

Related Articles

Back to top button