Tempat Wisata

Pantai Botutonuo, pantai yang indah untuk menikmati sunset di Gorontalo

harga tiket: Rp 5.000, Waktu aktif: 24 jam, Alamat: Botutonuo, Kec. Kabila Bone, Kab.Bone-Bolango, Gorontalo; map: Cek lokasi

Pantai Botutonuo adalah sebuah pantai yang berada di kawasan Desa Botutonuo. Pantai ini sering dikunjungi wisatawan lokal maupun mancanegara pada hari-hari tertentu. Misalnya pada akhir pekan atau hari libur nasional. Pantai ini menjadi sangat ramai dikunjungi pengunjung karena aksesnya yang mudah dan pemandangannya yang indah.

Untuk itu, pengunjung yang ingin datang ke sini harus kenalan. Karena jika tidak, pantai ini akan dipenuhi oleh wisatawan yang hanya ingin berlibur atau bermain-main di pantai Bone Bolango ini.

Atraksi Pantai Botutonuo Pantai

Pemandangan di Pantai BotutonuoKredit foto: Instagram Irwan Azis

Orang-orang sangat mengenal pantai ini karena tidak jauh dari pemukiman penduduk. Selain itu, masyarakat juga menganggap pantai ini sebagai tempat wisata murah yang bisa dikunjungi setiap saat.

1. Air pantai yang jernih

Pantai Botutonuo memiliki ombak yang tidak terlalu tinggi. Hal ini juga membuat air di sekitar pantai menjadi jernih.

Pengunjung tidak akan menemukan kotoran di pantai ini. Selain itu, di sekitar pantai, pengunjung dimanjakan dengan warna biru laut yang cerah.

2. Pasir putih yang terhampar luas

Jika pengunjung ingin melihat keindahan pantai dari daratan. Maka tempat ini merupakan tempat yang cocok untuk para pengunjung.

Pasir putih yang membentang di sepanjang pantai. Tentu saja, di antara keindahan lainnya berupa ombak, pantai ini bisa menjadi lebih istimewa.

3. Air yang menyegarkan

Pengunjung tidak perlu khawatir jika air panas atau lengket di pantai ini. Karena airnya terasa begitu segar di Pantai Botutonuo.

Hal ini dibuktikan dengan banyaknya pengunjung yang datang untuk berenang. Air di sekitar pantai juga bersuhu dingin, menjaganya tetap segar dan tidak panas.

4. Pemandangan yang indah

Objek wisata yang dimiliki oleh Pantai BotutonuoKredit foto: Instagram edhy ginulywan

Pemandangan di sekitar pantai terasa begitu indah karena banyak pepohonan yang tumbuh disana. Mulai dari pohon kelapa hingga pohon bakau bisa tumbuh subur di sini.

Selain itu, pengunjung dimanjakan dengan garis hijau yang mengelilingi pantai. Garis itu berasal dari pepohonan yang berjajar rapi.

5. Angin sejuk

Sedikit berbeda dari kebanyakan pantai, angin yang berhembus di sini terasa sangat sejuk. Tidak ada udara panas di sekitar pantai ini.

Hal ini bisa terjadi karena area sekitar pantai ditumbuhi pepohonan yang tinggi. Juga karena pantai ini memiliki banyak gubuk yang bisa Anda gunakan sebagai tempat berteduh.

6. Kedalaman air dangkal

Intinya air laut yang mengalir ke pantai ini memiliki kedalaman yang normal. Sehingga pengunjung bisa berenang dengan bebas.

Ditambah lagi, pengunjung tidak perlu takut tenggelam. Karena garis pantai di kawasan ini telah dilengkapi dengan garis pengawasan jika pengunjung berenang terlalu jauh ke tengah.

Alamat dan rute menuju lokasi

Alamat Pantai BotutonuoSumber gambar: Google Maps Agus Heri

Jika pengunjung ingin datang ke Pantai Botutonuo, pastikan pengunjung datang ke Desa Botutonuo terlebih dahulu. Pengunjung dapat menggunakan jalur darat seperti angkutan umum atau kendaraan pribadi untuk menuju desa.

Jika pengunjung datang dari Kota Gorontalo, pengunjung membutuhkan waktu sekitar 45 menit untuk sampai ke Desa Botutonuo. Jarak antara Kota Gorontalo dan Desa Botutonuo adalah 15 sampai 18 kilometer.

Kondisi jalan menuju desa Botutonuo sudah mulus karena jalan sudah beraspal. Namun, karena daerah ini terletak di antara lembah sempit, jalan menuju desa dan pantai berkelok-kelok.

Dari kota Gorontalo, pengunjung harus mengambil arah yang benar menuju Jalan Walikota Dullah dari perempatan tersebut. Setelah itu, pengunjung dapat terus mengikuti jalan tersebut hingga menemukan Jalan Laksamana Martadinata.

Setelah itu, pengunjung dapat terus berjalan hingga menemukan monumen selamat datang yang menggambarkan desa Botutunuo. Berkendara beberapa kilometer lagi dan para pengunjung telah tiba di pantai.

Biaya masuk objek wisata

Biaya masuk Pantai BotutonuoSumber gambar: Google Maps Idham Hamidun

Pengelola mematok harga Rp 5.000 untuk setiap pengunjung yang ingin menikmati keindahan Pantai Botutonuo. Selain itu, pengunjung harus membayar parkir.

Jika pengunjung menggunakan kendaraan roda dua, biaya parkir yang harus dikeluarkan pengunjung hanya Rp 2.000. Namun, jika pengunjung datang dengan kendaraan roda empat, pengunjung harus membayar biaya parkir sebesar Rp 5000,00.

Selain biaya masuk dan biaya parkir, pengunjung harus datang sebagai pilihan. Pengunjung bisa menyewa ban di pinggir pantai dengan biaya Rp 200,00 per pemakaian.

Atau saat pengunjung tidak ingin merasakan panasnya terik matahari. Pengunjung bisa menyewa gubuk yang disediakan warga dengan tarif per jam sekitar Rp 10.000.

Hal menarik yang bisa dilakukan di Pantai Botutunuo

Aktivitas di Pantai BotutonuoKredit foto: Instagram Novitya Febriyanty N. Mahieu

1. Bermain layang-layang

Dengan angin yang cukup kencang bertiup ke daerah sekitar pantai. Kegiatan yang satu ini tentunya bisa dilakukan oleh pengunjung.

Pengunjung dapat memilih waktu dari siang hingga sore hari untuk menerbangkan layang-layang. Saat angin kencang, pengunjung juga bisa menerbangkan layang-layang di Pantai Botutonuo.

2. Bangun istana dari pasir

Jika pengunjung sudah membawa perlengkapan seperti sekop dan ember pasir. Maka kegiatan ini akan menjadi kegiatan yang menyenangkan.

Karena pengunjung bisa bebas bermain pasir atau membangun istana pasir. Tanpa harus khawatir air laut mengenai bangunan.

3. Berenang di pantai

Karena airnya tidak terlalu dalam, semua orang bisa berenang di sepanjang pantai. Pengunjung bisa menyewa ban dari warga sekitar yang menawarkan persewaan ban.

Pengunjung juga bisa berenang lebih santai langsung di laut. Karena kondisi pantai ini nyaman untuk berenang.

4. Bersantai di cottage

Hal-hal menarik yang dapat dilakukan di Pantai BotutonuoSumber Gambar: Google Maps roy hauldo

Ketika pengunjung tidak ingin berenang atau menerbangkan layang-layang dan hanya ingin bersantai. Kemudian pengunjung bisa menyewa kabin di pinggir pantai.

Dengan harga yang murah, pengunjung bisa bersantai di cottage. Selain itu, pengunjung juga bisa meletakkan barang-barang di dalam gubuk agar lebih aman.

5. Nikmati cahaya senja

Saat sore hari tiba, pengunjung bisa menikmati sunset di pantai. Matahari yang mulai terbenam saat senja bisa menjadi keindahan tersendiri.

Pengunjung dapat menikmati matahari terbenam di Pantai Botutonuo secara gratis. Pengunjung juga bisa memotret sunset dengan kamera pengunjung.

6. Naik perahu nelayan

Jika pengunjung ingin menikmati keindahan pantai dari atas perahu. Pengunjung bisa menyewa perahu dari nelayan setempat.

Pengunjung bisa berjalan-jalan di sekitar pantai. Pengunjung juga bisa memancing di perahu nelayan yang dinaiki pengunjung.

Penginapan murah dekat pantai

Akomodasi di dekat Pantai BututonuoSumber gambar: Google Maps Edwien

1. Hotel Grand Q

Hotel pertama yang dekat dengan pantai adalah Hotel Grand Q. Terletak di Kota Gorontalo dan dalam waktu singkat, hotel ini tentunya bisa menjadi pilihan yang tepat bagi para pengunjung.

Fasilitas di hotel ini adalah sarapan pagi, wifi dan juga parkir gratis. Selain itu, hotel ini memiliki fasilitas berupa kolam renang.

Pengunjung dapat memesan kamar di hotel secara online maupun offline. Pengunjung juga bisa datang langsung ke hotel untuk melakukan reservasi.

2. Hotel Matahari Terbit

Berikutnya adalah Sunrise Hotel yang mengusung tema ramah anak. Pengunjung mendapatkan berbagai fasilitas saat menginap di hotel ini.

Ada sarapan, parkir, dan Wi-Fi gratis untuk para tamu. Hotel ini juga memiliki fasilitas lain berupa kamar ber-AC.

Pengunjung dapat mengakses hotel ini dengan kendaraan roda empat atau dua. Pengunjung juga dapat melakukan reservasi langsung di hotel tanpa reservasi terlebih dahulu.

Hotel pantai abad ke-3

Hotel ini sangat dekat dengan Pantai Botutunuo, cocok untuk pengunjung yang tidak ingin terlalu jauh dari pantai. Pemandangan pantai langsung dari hotel bisa menjadi keindahan tersendiri.

Pengunjung mendapatkan fasilitas seperti WiFi dan parkir gratis saat menginap di hotel ini. Selain itu, ada juga room service dan akses langsung ke pantai yang bisa dimanfaatkan pengunjung.

Hotel ini juga cocok untuk anak-anak dan ramah terhadap pengunjung. Sehingga pengunjung bisa merasa lebih nyaman di hotel ini.

Tersedia fasilitas area pantai

Fasilitas di area Pantai BotutonuoSumber Gambar: Google Maps Marwan Mohamad

Pantai Botutonuo menawarkan begitu banyak keindahan dan kenyamanan yang diciptakan khusus untuk pengunjung. Fasilitas seperti toilet umum, gubuk peristirahatan, persewaan ban dan juga garis pantai terdapat di sini.

Fasilitas lain seperti makanan khas lokal yang dapat dibeli pengunjung dari pedagang kaki lima juga tersedia. Pengunjung juga bisa menitipkan barang dengan pengelola pantai.

Pengunjung juga akan menemukan tempat parkir kendaraan roda dua dan empat di pantai yang indah ini. Selain itu, ada tempat sampah umum untuk pengunjung yang sudah selesai ngemil.

Sebagai tempat yang begitu ramai dikunjungi wisatawan pada akhir pekan dan hari libur, Pantai Botutunuo begitu populer di kalangan masyarakat. Diharapkan pengunjung dapat memilih hari dimana pantai tidak ramai dan pengunjung lebih santai.

Source: www.itrip.id

Related Articles

Back to top button