Tempat Wisata

Pantai Ekas Lombok – Atraksi, Aktivitas, Lokasi dan Fasilitas

harga tiket: -, Waktu aktif: 24 jam, Alamat: Kampung Saung Bambu Racik, Pemong Kong, Kec. Jerowaru, Cab Lombok Timur, Nusa Tenggara Barat; map: Cek lokasi

Pantai Ekas adalah kawasan pantai berbentuk teluk di Lombok Timur. Pantai ini menawarkan pemandangan pasir putih yang sangat indah terbentang di tengah lautan yang sangat tenang. Pantai ini tidak hanya menawarkan panorama yang sangat istimewa, tetapi juga beragam ekosistem pesisir.

Topografi pantainya juga cukup landai, sehingga bisa memberikan kesan lebih luas disini dan juga view yang sangat bagus untuk menikmati sunrise atau sunset. Sore hari Anda akan melihat ombak yang terlihat begitu landai, meski angin di sana cukup kencang.

Permukaan bekas teluk ini berwarna jingga akibat pantulan matahari terbenam. Pasir putih merupakan salah satu ciri khas pantai di Lombok bagian selatan. Barisan perbukitan juga menjadi alasan betapa indahnya pantai di selatan Kabupaten Lombok ini.

Daya tarik yang dimiliki Pantai Ekas

Atraksi Pantai EkasKredit foto: Google Maps Kevin Darmawan

1. Panorama yang begitu indah

Pantai Ekas Lombok merupakan salah satu tempat wisata yang sejajar dengan Pantai Cemara, Pantai Paradise dan juga Pantai Kaliantan. Teluk terbesar di Lombok tidak hanya menawarkan pemandangan yang sangat eksotis, tetapi juga keindahan bawah laut yang mempesona.

Banyak pengunjung yang penasaran dengan panorama bawah laut pantai tersebut hingga akhirnya menyelam dan snorkeling disana. Namun sayangnya air di pantai cantik ini menjadi keruh saat musim hujan tiba. Hal ini disebabkan banyaknya sungai yang menjadikan pantai ini sebagai muara.

Pantai Ekas merupakan rangkaian pantai yang mempesona di Lombok Timur. Pasir putihnya memiliki perairan yang jernih dan terumbu karang yang tumbuh dengan berbagai warna. Kejernihan air di tempat ini selalu menggoda wisatawan untuk mandi.

2. Kegiatan penangkapan ikan di teluk

Atraksi selanjutnya adalah Anda akan melihat aktivitas para nelayan yang ada di sana. Laut tersebut sebenarnya berada di kawasan perkampungan nelayan. Sehingga nantinya pengunjung akan menemukan banyak perahu dan keramba ikan yang tergeletak di bibir pantai.

Dermaga di Teluk Ekas sudah lama digunakan oleh nelayan dan digunakan untuk membudidayakan lobster dan rumput laut. Hal ini pula yang membuat Pantai Ekas sangat cocok untuk kegiatan memancing.

Setidaknya ada hingga 50 pondok apung di tempat ini, yang sebenarnya dibangun oleh nelayan saat menangkap ikan kerapu dan udang. Di darat, nelayan bisa membuat perahu dan kano dengan alat yang relatif sederhana.

Para wisatawan juga akan melihat banyak kegiatan pemotongan ikan di sana. Nantinya, potongan ikan tersebut dijadikan umpan ikan kerapu. Untuk ikan kerapu sendiri, mereka menjualnya di sekitar Lombok.

3. Ombak Pantai

Karena daya tarik tempat ini memang mampu membuat banyak wisatawan tergiur untuk melakukan aktivitas surfing di tempat ini. Ombak yang ditimbulkan oleh pantai ini juga sangat cocok untuk para peselancar segala tingkatan. Lalu ada juga jenis gelombang yaitu kiri dan kanan.

Spot terbaik bagi para peselancar yang ingin datang ke tempat ini antara lain bekas luar dan juga bekas ambles. Di dalam Ekas terdapat ombak di teluk yang berbentuk tembok dengan puncak yang sangat mengesankan.

Pada waktu-waktu tertentu ombaknya bisa sangat panjang dan gentong berada di sisi kanan. Gelombang rendah tepat di sebelah kanan. Tingkat ketinggian ada di sebelah kiri dan bahkan bisa setinggi 12 kaki.

Sementara itu, ekses luar adalah ombak kidal yang tingginya berkisar antara 5 hingga 10 kaki. Gelombang yang satu ini jatuh cukup keras. Selain itu juga kuat dan memiliki luas permukaan yang cukup besar.

Alamat dan rute menuju lokasi

Alamat Pantai EkaKredit foto: Google Maps Bung Ichan

Bagi Anda yang ingin berkunjung ke Pantai Ekas Lombok, tempat ini terletak di Kabupaten Lombok Timur, Kecamatan Jerowaru, Desa Pemongkong, Nusa Tenggara Barat. Anda dapat mencapai kota dari Mataram dengan berkendara ke arah tenggara sejauh minimal 75 km.

Bagi anda yang ingin berkunjung ke tempat wisata ini, disini disarankan untuk membawa kendaraan pribadi, apalagi disini disarankan menggunakan sepeda motor. Memang angkutan umum menuju pantai masih sangat jarang.

Dari kota Mataram nanti bisa melalui jalur Mataram, kemudian lanjut ke Kediri, Jerowaru dan terakhir Ekas. Dari Mataram sendiri, perjalanan memakan waktu 1 hingga 2 jam. Dibutuhkan sekitar 1 jam dari arah Praya. Jika Anda datang dari pusat kota Anda dapat mencapai pantai dalam waktu sekitar 15 menit.

Yang dibutuhkan pengunjung untuk tiba di pantai atau Ex Bay adalah rambu-rambu jalan. Rata-rata, Paradise Beach lebih dikenal karena terdapat resort yang sering dikunjungi. Nanti saat sampai di jalan menuju Pantai Paradise, Anda akan menemukan pertigaan.

Datang dari arah pertigaan, anda hanya tinggal belok kiri jika ingin menuju Pantai Paradise. Untuk menuju Pantai Ekas Lombok, Anda cukup berjalan lurus ke depan. Jalan pribadinya juga lumayan bagus dibandingkan dengan jalan menuju pantai surga yang cenderung becek.

Ketika Anda tiba di tempat itu, Anda akan menemukan banyak rumah orang. Anda tinggal melanjutkan perjalanan beberapa langkah dan nantinya Anda akan menemukan tempat wisata ini di tepi pantai. Keindahan dan kebersihan pantainya pasti akan membuat Anda betah berada di sana. =

Aktivitas seru di Pantai Ekas

Aktivitas di Pantai EkasKredit foto: Google Maps NACHEL EKAS SURF

1. Berenang dan snorkeling

Pelataran yang termasuk dalam Pantai Ekas ini berupa pantai berpasir putih dan air laut yang jernih. Karena air laut di pantai ini sangat jernih, wisatawan dapat melihat berbagai jenis biota laut dengan sangat jelas, yang sangat menakjubkan, termasuk beberapa jenis ikan dan terumbu karang yang sangat indah.

Dengan perpaduan air laut yang jernih, ombak yang tenang dan biota laut yang sangat beragam, pantai indah di Lombok Timur ini sangat cocok bagi anda yang menyenangi aktivitas air seperti berenang dan memancing.

2. Bersantai di pantai

Bagi Anda yang hanya ingin datang ke tempat ini untuk refreshing, Pantai Ekas juga sangat mendukung. Pantai adalah tempat yang cocok karena berada di daerah yang sangat sepi dan terpencil.

Di sana Anda bisa melihat keindahan matahari terbenam. Jika Anda memiliki waktu luang yang cukup, maka tidak ada salahnya untuk menjelajahi pantai-pantai lain dan mengunjungi danau air yang terletak di sepanjang kawasan Jerowaru dan dikelilingi oleh hutan mangrove.

Di pantai, Anda dapat melihat berbagai aktivitas masyarakat setempat membuat garam dengan cara tradisional.

Penginapan murah dekat pantai

Akomodasi murah di dekat Pantai EkasSumber gambar: Google Maps Ombak Resort di Ekas

1. Istirahat

Penginapan yang satu ini sangat dekat dengan Pantai Ekas Lombok. Dari bandara Anda hanya membutuhkan waktu sekitar 70 menit menuju penginapan. Fasilitas yang ditawarkan juga cukup lengkap seperti restoran, kolam renang, Wi-Fi gratis dan resepsionis yang buka hingga 24 jam.

2. Mantan matahari terbit

Juga penginapan berikut ini tidak kalah menarik dari yang di atas. Anda hanya membutuhkan waktu sekitar 19 menit dari pantai. Ada berbagai fasilitas mewah yang bisa Anda nikmati selama menginap di tempat ini. Fasilitas seperti layanan kamar, restoran, layanan pijat, resepsionis 24 jam, WiFi gratis, dan parkir pribadi.

3. Bungalo Telone OYO 1837

Properti berikutnya yang juga bisa Anda gunakan jika ingin bermalam adalah OYO 1837 Telone Bungalow. Ada banyak jenis fasilitas yang ditawarkan oleh penginapan ini. Salah satunya free AC WiFi dan lain sebagainya.

Tersedia fasilitas area pantai

Fasilitas di Pantai EkasKredit foto: Google Maps novitasari fitria wulandari

Jika Anda berkunjung ke Pantai Ekas, Anda juga akan menikmati berbagai aktivitas. Namun, pantai ini masih cukup memadai untuk fasilitasnya sendiri. Itu karena pantai ini berada di daerah yang cukup terpencil.

Saat berkunjung, Anda akan kesulitan menemukan warung makan, sehingga perlu membawa perbekalan sendiri. Namun Anda tidak perlu ragu lagi untuk menikmati keindahan yang hadir di sekitar pantai.

Karena tempat ini memiliki pemandangan yang menakjubkan, Anda dapat menikmati gazebo di pantai. Pendopo ini sengaja dibangun warga setempat agar wisatawan bisa bersantai sambil duduk di paviliun yang menghadap ke Pantai Ekas, Lombok.

Source: www.pesisir.net

Related Articles

Back to top button