Tempat Wisata

Pantai Pasir Panjang Kupang – Atraksi, Aktivitas, Lokasi & Harga Tiket

harga tiket: Rp 5.000, Waktu aktif: 24 jam, Alamat: Pasir Panjang, Kec. Kota Lama, Kota Kupang, Nusa Tenggara Timur; map: pemeriksaan situs

Pantai Pasir Panjang merupakan destinasi wisata di Kecamatan Kota Lama, Kupang. Lokasinya yang berada di pusat kota tentu memudahkan pengunjung untuk menemukannya. Banyak keindahan yang ditawarkan di sana, seperti pemandangan matahari terbenam yang indah, pasir putih dan laut biru yang indah, suasana yang indah siang dan malam. Kita juga bisa mengabadikan setiap momen bersama teman sambil menikmati indahnya pemandangan disana. Ada juga berbagai kegiatan untuk dicoba.

Di tempat wisata ini juga terdapat berbagai fasilitas yang dapat menunjang aktivitas para wisatawan. Seperti wisata pondok, persewaan perahu air, perahu kayuh dan masih banyak lagi. Ada beberapa fasilitas tidak hanya untuk orang dewasa tetapi juga untuk anak-anak. Pantai Pasir Panjang memang pilihan yang cocok untuk dijadikan tempat bersantai.

Daya Tarik Pantai Pasir Panjang

Atraksi Pantai Pasir PanjangKredit foto: Instagram Yudit Tiwery

Kalau ke Nusa Tenggara Timur, rugi banget kalau tidak mampir ke Pantai Pasir Panjang Kupang. Karena pantai ini merupakan salah satu destinasi terbaik yang wajib dikunjungi di Kupang. Pemandangan sunset yang indah, keindahan pantai di pagi dan malam hari menjadi alasan utama banyak wisatawan lokal maupun mancanegara datang ke sini.

1. Pemandangan matahari terbenam

Senja adalah waktu yang paling ditunggu di pantai ini. Banyak turis dan anak muda dari kota Kupang berkumpul dengan teman-temannya saat senja. Bagaimana tidak, salah satu daya tarik dari pantai ini adalah pemandangan sunsetnya.

Detik-detik sunset bisa kita lihat langsung di tepi pantai. Warna langit yang mulai menggelap dari kuning cemerlang menjadi jingga tua, memancarkan cahaya ke segala arah. Kesan romantis langsung terasa seiring hangatnya sinar mentari yang perlahan terbenam di ufuk barat. Mengabadikan momen sunset bersama teman adalah suatu keharusan.

2. Keindahan pantai

Selain pemandangan matahari terbenam, Pantai Pasir Panjang Kupang juga memiliki atraksi lain yang tidak ditemukan di pantai lain. Wisata laut ini memiliki air laut yang bersih dan jernih. Sehingga sangat mendukung wisatawan yang ingin melakukan segala aktivitas air seperti berenang dan menyelam.

Selain itu, wilayah pesisirnya cukup panjang. Hamparan pasir putih lembut sepanjang 1 km dari sisi ke sisi. Dapat digunakan oleh anak-anak dan wisatawan untuk bermain pasir. Saat langit cerah, warna biru laut memancarkan kilauan cahaya yang sangat indah. Hal tersebut ditambah dengan bebatuan di sepanjang pantai menambah keeksotisan pantai ini.

Saat malam tiba, banyak pedagang yang menjajakan dagangannya di sekitar pantai. Seperti menjual makanan, minuman tapi kebanyakan mereka menjual ikan bakar yang mereka tangkap. Padahal masih banyak turis yang menginap di sana pada malam hari. Bersantai dan menikmati indahnya malam di pinggir pantai sambil menyantap ikan bakar dengan es krim kelapa muda.

3. Gelombang ideal

Selain pemandangan matahari terbenam yang indah dan keindahan pantainya, Pantai Pasir Panjang juga cocok untuk segala aktivitas air seperti menyelam, berenang, berselancar, dan memancing. Itu karena ombaknya yang tenang, meski ada kalanya kencang. Meskipun demikian, ini cukup aman untuk perenang atau peselancar pemula.

Selain itu, karena kondisi ombak, banyak ikan memilih pantai ini sebagai wilayahnya. Tidak hanya itu airnya yang sangat jernih bisa memanjakan mata kita saat berenang atau menyelam.

Alamat dan rute menuju lokasi

Alamat Pantai Pasir PanjangSumber gambar: Google Maps Agus aQm

Pantai Pasir Panjang terletak di pusat kota Kupang, tepatnya di Jalan Timor Raya, Kelapa Lima, Kupang, Nusa Tenggara Timur. Jika kita ingin ke sana, ada beberapa cara yang bisa kita tempuh. Anda dapat menyetir sendiri, naik taksi atau bus.

Dari pusat kota kita bisa menuju arah barat di Jalan Letjend Sudirman. Setelah itu lanjut ke Jalan Moh Hatta lalu belok kanan ke Jalan Urip Sumoharjo. Lurus terus hingga sampai di Jalan Timor Raya. Pantai berada tepat di sebelah kiri jalan dan kita bisa melihatnya dengan baik dari jalan raya.

Sedangkan jika kita datang dari Tanjung Perak, Surabaya, kita bisa langsung menuju Larantuka. Panjang perjalanan 1920,3 km dan memakan waktu sekitar 64 jam. Meski cukup jauh dan memakan waktu lama, semua itu akan terbayar dengan indahnya pemandangan pantai yang ditawarkan disana.

Biaya masuk untuk wisata pantai

Harga tiket Pantai Pasir PanjangSumber gambar: Google Maps Ignasius Koli

Pantai wisata ini menawarkan tiket masuk yang cukup terjangkau bagi pengunjung. Ditambah lagi dengan biaya parkir sesuai dengan kendaraan yang dibawa pengunjung pantai. Untuk tiket masuknya sendiri, pengunjung dikenakan biaya Rp 5.000.

Sementara itu, biaya parkir bervariasi tergantung jenis kendaraan. Rp 2.000 untuk sepeda motor, Rp 3.000 untuk mobil, Rp 6.000 dan Rp 8.000 untuk kendaraan roda 6 dan 8.

Aktivitas seru yang bisa dilakukan di Pantai Pasir Panjang

Aktivitas seru di Pantai Pasir PanjangSumber Gambar: Google Maps Jems Tanu

1. Menikmati matahari terbenam

Hal inilah yang paling diharapkan oleh sebagian besar wisatawan yang datang ke sana. Bagaimana tidak, Pantai Pasir Panjang memiliki pemandangan sunset yang sangat bagus. Pemandangan matahari terbenam menjadi daya tarik utama di pantai ini. Matahari tampak seperti lingkaran sempurna, mulai dari kuning terang hingga jingga tua, memancarkan cahaya ke segala arah.

2. Joging di pantai

Selain menikmati sunset, banyak aktivitas menarik yang bisa kita lakukan disana, salah satunya adalah jogging. Selain itu, terdapat jogging track yang sangat membantu wisatawan untuk jogging.

Sangat menyenangkan berolahraga di pagi hari sambil menikmati keindahan pantai di sepanjang jalan setapak, mendengarkan kicauan burung dan suara debur ombak sebagai pengiring langkah kita yang berirama.

3. Bermain di pantai

Aktivitas Pantai Pasir PanjangSumber gambar: Google Maps Agus aQm

Ombak yang tenang di pantai memungkinkan wisatawan untuk berenang dan menyelam dengan aman dan nyaman. Dengan air laut yang jernih dan bersih dapat memanjakan mata kita saat berenang. Pantainya yang dangkal dapat mendorong pengunjung untuk berenang bebas atau sekedar mengejar ombak. Bermain pasir dan mencari kerang juga bisa menjadi alternatif yang menyenangkan.

4. Bersantai dan berjemur

Padahal, pantai adalah tempat yang tepat untuk sekedar bersantai sambil menikmati pemandangan laut yang menakjubkan. Entah itu berjemur di terik matahari di siang hari, menikmati indahnya sunset di sore hari atau bersantai di malam hari setelah seharian bekerja keras.

Penginapan murah dekat pantai

Akomodasi di dekat Pantai Pasir PanjangKredit foto: Google Maps SOTIS HOTEL KUPANG

1.Sotis Hotel Kupang

Banyak penginapan yang terletak di dekat Pantai Pasir Panjang, termasuk Sotis Hotel Kupang. Hotel ini menawarkan fasilitas yang sangat baik dengan layanan khusus. Ada kolam renang luar ruangan, bar tepi kolam renang, restoran, pusat kebugaran, karaoke, biliar, dan klub malam. Terdapat 47 kamar yang dapat dipilih, dengan tipe kamar mulai dari deluxe hingga king dengan pemandangan taman.

2. Swiss Bellin Kristal Kupang

Akomodasi terdekat adalah Swiss-Belin Kristal Kupang. Hotel ini merupakan hotel bintang 3 dengan bangunan 4 lantai, memiliki 1 restoran dan total kamar 139. Tamu hotel juga dapat menikmati kegiatan boat fishing dan diving yang disediakan oleh pengelola hotel. Ada berbagai tipe kamar, mulai dari deluxe hingga suite. Setiap kamar memiliki balkon dan kamar mandi dengan shower.

3. Kafe dan Host Pantai OCD

Tidak hanya hotel mahal, ada juga penginapan murah di sekitar pantai. OCD Beach Cafe and Hoste adalah pilihannya. Cukup dengan berjalan kaki saja karena lokasinya yang sangat dekat dengan pantai. Setiap kamar memiliki ruang kosong dan kamar mandi dengan shower. Penginapan ini terbuat dari pohon bambu, terlihat unik namun tetap nyaman.

Tersedia fasilitas area pantai

Fasilitas di Pantai Pasir PanjangSumber gambar: Twitter Una Putri Thamrin

Sebagai salah satu tempat wisata terkenal di Kupang, Pantai Pasir Panjang tentunya memiliki berbagai fasilitas untuk menunjang aktivitas wisatawan di sana. Tidak hanya untuk orang dewasa ada juga fasilitas untuk anak-anak.

Mulai dari fasilitas umum seperti tempat parkir, jogging track dan toilet. Ada juga fasilitas pendukung lainnya seperti sepeda air, persewaan sepeda motor atau kano, pondok pejalan kaki, diskotik dan toko suvenir.

Ada juga kolam renang bagi yang ingin berenang tapi tidak ingin berenang di pantai. Jadi anda tidak perlu khawatir jika ingin berenang tapi masih takut untuk berenang di pantai. Selain itu, ada juga taman bermain anak bagi wisatawan yang membawa anak-anak.

Demikian atraksi, aktivitas menarik, fasilitas, harga tiket, serta alamat dan rute menuju Pantai Pasir Panjang di Kupang. Ada juga beberapa penginapan yang bisa kita pilih sebagai tempat istirahat di dekat pantai. Jadi Anda tidak perlu khawatir jika ingin berlibur ke sana.

Source: www.pesisir.net

Related Articles

Back to top button