Tempat Wisata

Tiket & Aktivitas SILANCUR HIGHLAND Magelang Desember 2022

Harga tiket masuk Dataran Tinggi Silancur : Rp 10.000 – Rp 20.000 Jam : 05:00 – 21:00 No. Telepon: +62 821-1010-7080 Alamat: Dadapan, Mangli, Kaliangkrik, Magelang, Jawa Tengah, Indonesia, 56153

Dataran Tinggi Silancur merupakan tujuan wisata memenuhi di Kabupaten Magelang, Jawa Tengah. Meski baru dibuka pada 2019, namanya sudah menjadi perdebatan. Terutama di kalangan anak muda dan wisatawan pecinta alam.

Terletak di kaki Gunung Sumbing, Dataran Tinggi Silancur menjanjikan pemandangan alam yang menakjubkan. Tidak tanggung-tanggung, panorama enam gunung bisa langsung terlihat dari sini. Pengunjung dapat menikmati udara pegunungan yang sejuk dengan berbagai kegiatan rekreasi mutakhir. Kemudian aktivitas adalah salah satu yang paling populer berkemah dan acara musik akustik.

Tiket masuk Dataran Tinggi Silancur

Tidak perlu mengeluarkan banyak biaya untuk mendapatkannya pandangan indah di dataran tinggi Silancur. Dengan membayar sepuluh ribu rupiah per orang, pengunjung bisa beristirahat di sini. Ada juga biaya tambahan seperti parkir, layanan foto, berkemahdan sebelum pernikahan.

tiket masuk
Tiket masuk Senin-Sabtu Rp 10.000
Tiket untuk hari Minggu dan hari libur nasional Rp 15.000
Tiket khusus untuk anak < 6 tahun Rp5.000
Tiket berkemah untuk orang dewasa Rp 20.000
Tiket camping untuk anak 3-6 tahun Rp 10.000

Baca: GUNUNG SUMBING: Tiket Masuk & 4 Jalur

jam buka

Lokasi Dataran Tinggi Silancur populer sebagai sudut pandang matahari terbenam sampai Matahari terbit. Untuk memfasilitasi hal tersebut, kawasan wisata ini buka selama 24 jam setiap hari. Ada waktu operasional bongkar tenda, khususnya rumah mobil yang harus diperhatikan.

jam operasi
Jam Tur 05.00 – 21.00 WIB
berkemah 24 jam

Pesona Dataran Tinggi Silancur

Pengunjung mengambil foto di salah satu dek selfie Dataran Tinggi SilancurSalah satu spot foto dengan background perbukitan – Foto: Google Maps/Deny Yudanto

Memang, menikmati keindahan alam merupakan hobi yang tidak ada habisnya. Selain itu, Indonesia memiliki beragam sumber daya alam yang dapat menjadi tujuan wisata. Namun sayang, menikmati rekreasi alam bebas identik dengan fasilitas apa adanya. Namun tidak dengan Dataran Tinggi Silancur.

Destinasi wisata di Kabupaten Magelang ini menawarkan cara asyik menikmati alam bebas. Salah satunya adalah dengan mendesain kawasan perbukitan menjadi asri dan nyaman. Dataran Tinggi Silancur menawarkan kafe, rekreasi selfie, dan tempat perkemahan di daerah yang sama. Semua itu dikelilingi oleh keindahan alam panorama dataran tinggi di kaki Gunung Sumbing. Ada juga berbagai atraksi lain yang siap menghibur. Berikut beberapa di antaranya:

Baca: 16 Destinasi Wisata Terbaik di Magelang

suasana alami

Bunga-bunga indah tumbuh di taman Dataran Tinggi SilancurAneka bunga berwarna-warni mempercantik pemandangan di Dataran Tinggi Silancur – Foto: Google Maps/ammie rohmah

Saat Anda mengunjungi Dataran Tinggi Silancur, hal pertama yang harus Anda lakukan adalah menikmati udara segar. Kawasan wisata ini memang berada di dataran tinggi yang jauh dari polusi. Sejauh mata memandang hanya ada perkebunan, desa dan pegunungan. Bukan hanya 1-2, tapi hingga enam tunggangan sekaligus.

Dataran tinggi Silancur memang menjadi tempat yang indah untuk menikmati panorama pegunungan. Gunung Sumbing di sebelah barat paling dekat dan paling jelas terlihat. Pada hari yang cerah, pengunjung dapat melihat Gunung Telomoyo hingga Merapi di sebelah timur. Musim kemarau adalah waktu yang tepat untuk berburu objek wisata ini.

Baca: Tiket Masuk & Aktivitas CANDI BOROBUDUR

liburan hits

Kebun sayur yang luas di depan area tempat dudukMenikmati pemandangan dan pegunungan di dataran tinggi Silancur dengan cara berbeda – Foto: Google Maps/Amanda Rahma

Dataran Tinggi Silancur telah melengkapi areanya dengan tempat duduk yang nyaman. Saat berkunjung ke sini, wisatawan tak perlu takut perut kosong. Ada kios yang menjual berbagai hidangan ringan hingga berat. Ditambah lagi, pengunjung hanya perlu memilih tempat duduk yang tepat untuk menikmati kopi panas atau semangkuk bakso.

Pada umumnya tempat duduk ini tersebar di berbagai tempat di antara kebun bunga dan sayur. Aneka bunga cantik terhampar dan siap menyegarkan mata. Dipadukan dengan panorama alam sekitar, menjadi ruang foto kekinian yang cantik.

perjalanan hari-hari ini Belum lengkap rasanya jika belum berfoto di tempat-tempat kreatif. Dataran Tinggi Silancur memiliki beragam spot foto yang unik dan menarik. Pengunjung bahkan berkesempatan untuk berfoto menggunakan jasa foto yang tersedia. Foto cantik untuk konten media sosial juga bisa dibawa pulang dengan harga terjangkau.

Baca: Tiket Masuk dan Aktivitas Punthuk Setumbu

Berkemah nyaman

Panorama Gunung Sumbing berdiri megah di kejauhanDataran Tinggi Silancur terletak di kaki Gunung Sumbing di Jawa Tengah – Foto: Google Maps / Dono Prabowo

Keistimewaan lainnya adalah keberadaan kawasan tersebut berkemah. Anda tidak akan menemukan aktivitas camping yang identik dengan segala pantangan di sini. Sebagai gantinya, wisatawan bisa mencoba pengalaman menginap semalam dengan fasilitas yang lengkap dan nyaman. berkemah di Silancur bisa menjadi pilihan bagi wisatawan yang ingin berkemah tanpa stres.

Penyewaan peralatan tersedia berkemah Sama sekali. Jadi wisatawan tinggal datang saja tanpa harus menyiapkan apapun. berkemah di Silancur sangat cocok untuk pemburu matahari terbit atau matahari terbenam. Wisatawan bisa puas menikmati indahnya langit Silancur tanpa harus diburu waktu.

Pada malam hari, wisatawan bisa mengisi waktunya dengan kegiatan api unggun. Pengelola juga akan menyediakan panggung musik akustik untuk menghangatkan suasana. Saat musik diputar, manjakan mata Anda dengan kelap-kelip lampu di kejauhan. Nikmati suasana pegunungan yang tenang di bawah langit berbintang yang indah.

Baca: Tiket Masuk Ketep Pass dan Pesona Alam

aktifitas keluarga

Area perkebunan hijau di kaki gunungDataran Tinggi Silancur cocok sebagai tempat bersantai ditemani udara sejuk dan suasana alam yang asri – Foto: Google Maps / Dicky Kosasih

Selain berkemah, masih banyak kegiatan rekreasi lain yang bisa dinikmati keluarga di Silancur. Misalnya, flying fox adalah aktivitas memanjat tali yang cukup menantang. Nikmati segarnya udara pegunungan sambil meluncur di ketinggian.

Selain itu, pengunjung juga bisa membawa oleh-oleh menarik dari Dataran Tinggi Silancur. Kebun sayur di sini bukan sekadar hiasan. Perkebunan itu milik warga setempat. Hasil dari lalapan tersebut bisa langsung dibeli dan dibawa pulang oleh wisatawan.

Baca: Tiket Masuk dan Wahana TAMAN KYAI LANGGENG

Fasilitas Dataran Tinggi Silancur

Silancur Highland menyediakan fasilitas penunjang yang memadai. Pengunjung dapat dengan mudah menemukan tempat parkir, toilet, tempat ibadah, dan warung makan. Fasilitas rekreasi terdiri dari kafe dengan berbagai tempat duduk, tempat selfie, flying fox dan area berkemah. Penyewaan peralatan berkemah dan layanan foto juga tersedia.

Akses & Alamat Dataran Tinggi Silancur

Obyek wisata perbukitan ini terletak di Desa Mangli, Kecamatan Kaliangkringrik, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah. Situs tersebut berada di kaki Gunung Sumbing di sebelah timur dengan ketinggian 1.300 meter di atas permukaan laut. Letaknya sekitar 15 kilometer sebelah barat Alun-alun Magelang. Jika menggunakan mobil atau motor, dibutuhkan waktu sekitar 30 menit.

Karena jalan menuju Silancur berada di dataran tinggi, sebagian besar terjal. Tanjakannya cukup landai dan membutuhkan keahlian dalam berkendara. Meski beraspal mulus, akses jalannya tidak terlalu lebar. Pengunjung perlu berhati-hati, jadi pastikan kondisi kendaraan laik jalan sebelum berkendara ke sini.

Source: travelspromo.com

Related Articles

Back to top button