Tempat Wisata

Pulau Matan Raja Ampat – Tempat Wisata, Aktivitas Liburan, Lokasi Tour dan Biaya

Biaya tur: Dari Rp 1.000.000 Waktu aktif: 24 jam, Alamat: Kepulauan Salawati, Cab.Raja Ampat, Papua Barat; map: pemeriksaan situs

Salah satu pulau cantik tersebut adalah pulau tak berpenghuni di ujung timur Indonesia, yaitu Pulau Matan. Pulau ini menawarkan panorama alam yang begitu mempesona dan akan memukau siapapun. Pulau ini memiliki luas hanya sekitar 5000 m².

Bagi Anda yang sedang mencari tempat yang cocok untuk berlibur, pulau ini sangat direkomendasikan. Pepohonan kelapa di pulau serta pasir putih dan halus membuat pengunjung betah berada di sana. Selain itu, di kawasan perairannya sendiri Anda bisa menemukan banyak jenis spesies ikan.

Daya tarik pulau ini memang mampu membius siapa saja. Oleh karena itu, jika Anda sedang berkunjung ke Kabupaten Raja Ampat, Anda bisa menyempatkan diri untuk singgah sejenak di pulau ini.

Daya tarik Pulau Matan

Obyek wisata pulau MatanKredit Foto: Google Maps Bj_themom

1. Pemandangan alam yang sangat indah

Luas Pulau Matan terbilang kecil karena kurang dari 1 hektar. Tempatnya sangat rimbun ditumbuhi pohon kelapa dari ujung ke ujung. Anda bisa melihat akar pohon kelapa menjalar di tanah dan ada juga yang di atas pasir.

Saat Anda berjalan di atas pasir pulau, Anda bisa merasakan teksturnya yang begitu halus saat disentuh. Pemandangan yang ditawarkan tempat ini memang diakui mampu memukau siapa saja yang datang. Ombak di lokasi ini juga tidak terlalu besar dan relatif tenang. Anda akan merasakan suasana santai dan santai saat angin sepoi-sepoi menyapa tubuh Anda.

Yang tak kalah menarik saat berkunjung ke pulau ini adalah keindahan panorama bawah lautnya. Panorama bawah laut dari pulau ini menyuguhkan berbagai jenis spesies ikan dengan warna yang begitu indah. Terumbu karang juga tumbuh subur di lokasi ini.

Maka jangan heran jika banyak sekali penyelam yang menjadikan perairan di pulau ini sebagai salah satu spot yang menarik. Jika anda sangat mengagumi biota laut maka sangat tepat jika anda memutuskan untuk datang ke tempat ini.

2. Keindahan matahari terbit dan terbenam

Siapa yang bisa menyangkal keindahan momen saat matahari terbit dan terbenam? Memang kedua momen tersebut menciptakan keindahan alam yang muncul secara alami, seperti lukisan Sang Maha Kuasa. Anda akan melihat langit jingga cerah dan air laut memantulkan warna tersebut.

Momen sunrise dan sunset di Pulau Matan memang menjadi salah satu momen yang paling ditunggu-tunggu oleh para pengunjung. Saat itu, jepretan kamera tak henti-hentinya mengabadikan keindahan cakrawala. Cukup banyak wisatawan yang sengaja datang hanya untuk melihat momen tersebut.

Suasana romantis tentunya bisa Anda rasakan saat menjelang matahari terbit dan terbenam. Ditambah ombak yang tenang dan angin sepoi-sepoi yang membuat Anda merasa seperti berada di tempat yang damai.

3. Suasana yang sangat tenang

Untuk atraksi selanjutnya, ini sangat cocok bagi anda yang berdomisili di kota. Tentu saja, siapa pun yang tinggal di perkotaan yang agak padat dan sibuk jarang merasakan suasana yang begitu tenang dan tenteram. Selain itu, aktivitas kerja yang padat membuat pikiran lelah.

Hal ini tentunya berbeda dengan Pulau Matan yang dikenal sebagai tempat yang begitu tenang dan damai. Jadi wajar saja jika pulau ini tidak berpenghuni. Dengan cara ini Anda akan benar-benar merasakan ketenangan yang luar biasa.

Alamat dan rute menuju lokasi

Alamat wisata pulau MatanKredit Foto: Google Maps Bj_themom

Pulau ini terletak di bagian barat Kota Sorong. Anda hanya perlu menempuh jarak sekitar 8 km dari Kota Sorong. Secara administratif, Pulau Matan masih menjadi bagian dari Kabupaten Raja Ampat. Namun akan lebih cepat dan mudah jika Anda melakukan perjalanan ke pulau ini dari Kota Sorong, Papua Barat.

Untuk mencapai kawasan pulau ini, Anda bisa menggunakan speedboat yang biasa digunakan warga Kota Sorong saat ingin berwisata ke Pulau Doom. Nantinya Anda juga bisa mengambil petunjuk arah menuju area dermaga. Jika Anda berangkat dari Kota Sorong, Anda membutuhkan waktu setidaknya 40 menit untuk tiba di tempat tujuan.

Perkiraan biaya perjalanan ke pulau

Biaya Tour Pulau MatanSumber gambar: Google Maps David Lobo

Harga rata-rata Rp 1.000.000 dikenakan untuk menyewa speed boat. Kapasitas speedboat bisa mencapai 10 hingga 15 orang. Biaya sewa adalah rute untuk sampai ke pulau dan juga untuk kembali dari pulau. Namun, jika Anda bisa bernegosiasi di sini dan bagus, terkadang Anda mendapatkan harga di bawah itu.

Padahal, biaya sewa speedboat dipengaruhi oleh banyak faktor. Jadi disini bisa disimpulkan tidak ada biaya yang pasti tapi setidaknya anda bisa menyiapkan uang dikisaran Rp 1.000.000. Dan tentu saja Anda dapat berkolaborasi dengan grup Anda atau grup lain.

Untuk harga tiketnya sendiri, Anda tidak akan dikenakan biaya apapun di pulau tersebut sama sekali. Anda bisa masuk dan keluar Pulau Matan dengan bebas. Bagi Anda yang tidak ingin pusing memikirkan persiapan, Anda bisa mengikuti paket wisata yang ditawarkan oleh beberapa biro perjalanan.

Aktivitas seru di Pulau Matan

Kegiatan wisata di pulau MatanKredit foto: Google Maps Lafi Ani

1. Memancing

Ada banyak aktivitas menarik yang bisa dilakukan setibanya di Pulau Matan. Salah satunya memancing, di sisi pulau ini Anda bisa menemukan spot memancing yang digemari banyak orang.

Salah satunya ada di dermaga pulau. Jika Anda sangat senang memancing, jangan lupa untuk membawa peralatan ke pulau cantik ini. Memang, keragaman ikan di perairan pulau ini akan membuat Anda semakin menantikan kegiatan ini.

2. Berjemur

Nantinya, Anda juga bisa berjemur di pasir putihnya yang lembut. Lingkungan di tempat ini masih sangat terjaga. Kawasan wisata ini sangat bersih, sehingga Anda pasti akan merasa nyaman dan betah di sana.

3. Menjelajahi wilayah pulau

Kegiatan seru berikut mengeksplorasi keindahan Pulau Matan. Anda bisa menjelajahi pulau dari ujung ke ujung. Nantinya Anda hanya membutuhkan waktu setidaknya satu jam untuk bisa menjelajahi keindahan tempat ini. Oleh karena itu sangat disarankan untuk membawa kamera agar bisa mengabadikan keindahan pulau ini.

Panorama alam yang ditawarkan sungguh luar biasa. Anda bisa mendapatkan spot foto yang begitu instagramable saat berada di pulau ini. Tentu saja, ini membuat halaman media sosial Anda lebih menarik. Apalagi jika Anda sedang mencari foto di momen seperti sunrise dan sunset.

Namun perlu anda ketahui bahwa untuk bisa menikmati momen sunrise dan sunset, anda harus menginap di tempat ini. Di sana Anda nantinya bisa mendirikan tenda di atas pasir halus.

4. Berenang

Seperti yang sudah dijelaskan, perairan di Pulau Matan memiliki ombak yang cukup tenang. Sebagai tempat pemandian tentu sangat cocok. Anda bisa bermain air di pantai tanpa khawatir. Anda juga bisa membawa peralatan renang sendiri dari rumah.

5. Menyelam

Salah satu aktivitas paling menarik di Pulau Matan adalah scuba diving. Keindahan alam bawah laut perairan di pulau ini memang bisa membuat Anda terkagum-kagum. Anda dapat menemukan ikan dengan warna berbeda.

Terumbu karang tumbuh subur di lokasi ini. Jadi pastikan Anda membawa peralatan selam jika Anda memutuskan untuk berlibur di pulau ini. Anda akan memiliki pengalaman yang menyenangkan menjelajahi dunia bawah laut di sana.

Fasilitas yang tersedia di area pulau

Sarana wisata pulau MatanKredit Foto: Google Maps JR_Boss Somtya

Dijelaskan, Pulau Matan sebenarnya tidak dihuni oleh satu orang pun. Jadi, jika Anda berencana untuk menginap di tempat ini, maka Anda bisa mencari penginapan di kota Sorong.

Tempat tersebut belum menawarkan fasilitas apapun berupa akomodasi. Anda bisa mendirikan tenda di sana.

Fasilitas di pulau ini tidak begitu memadai. Jadi jika Anda berencana untuk menghabiskan akhir pekan di pulau ini, maka persiapan yang harus dilakukan harus benar-benar matang. Tidak ada warung di tempat ini. Agar Anda dan keluarga tidak merasa lapar, Anda harus membawa makanan.

Meski fasilitas yang tersedia di pulau ini kurang memadai, dijamin Anda akan sangat puas saat berkunjung ke pulau tersebut. Hal itu karena daya tariknya yang memang selalu membuat Anda merasa heboh saat berada di tempat ini.

Itu tadi gambaran lengkap Pulau Matan di Kabupaten Raja Ampat yang perlu Anda ketahui. Salah satu pulau tak berpenghuni di timur Indonesia ini wajib dikunjungi. Anda sangat dianjurkan untuk melepas penat dengan berbagai aktivitas di pulau ini.

Source: www.pesisir.net

Related Articles

Back to top button