Tempat Wisata

Tiket & Atraksi SEDUDO WATERFALL Januari 2023

Biaya masuk Air Terjun Sedudo: Rp 8.000-15.000. Jam buka: 07.00 – 16.00. Nomor telepon : -. Alamat: Jl. Raya Sedudo, Hutan, Sawahan, Nganjuk, Jawa Timur, Indonesia, 64475.

Kawasan Nganjuk di Jawa Timur menjadi magnet wisata yang menarik. magnet ini Air Terjun Sedudo ada di kabupaten Sawahan. Ikon wisata populer Nganjuk ini bukan hanya destinasi wisata alam yang menawan, tapi juga kekayaan alam dengan sejarah panjang.

Kawasan wisata alam ini menawarkan panorama pegunungan yang tersusun dari permukaan batu karang setinggi 105 meter. Air terjun yang indah dan mempesona mengalir di sepanjang dinding ini. Setahun sekali, air terjun ini juga menjadi tempat dilakukannya ritual budaya turun temurun.

Tiket masuk Air Terjun Sedudo

Anda tidak perlu mengeluarkan banyak uang untuk mengunjungi objek ini. Tiket ini sudah termasuk asuransi dari Jasa Raharja.

Tiket masuk Air Terjun Sedudo
jenis tiket Hari biasa Minggu dan hari libur
Tiket masuk untuk anak-anak Rp 8.000 Rp 12.000
Tiket dewasa Rp 10.000 Rp 15.000
rubah terbang Rp 10.000 Rp 15.000
biaya parkir
roda 2 Rp 2.000
roda 4 Rp5.000

Baca: Tiket Masuk WATU LAWANG Nganjuk dan Beragam Aktivitasnya

jam buka

Air Terjun Sedudo dibuka untuk umum setiap hari. Biasanya tempat ini ramai pada hari Sabtu dan Minggu. Di bulan Muharram/1 Sura, wisatawan bisa menyaksikan ritual Parna Prahista atau Mandi Sedudo.

jam operasi
jam buka 07.00 – 16.00 WIB

Objek Wisata Air Terjun Sedudo

sedudoAir Terjun Sedudo merupakan salah satu destinasi wisata air terjun paling populer dari Nganjuk Jawa Timur – Foto: Google Maps/Initialyanto Putra

Tak heran jika Air Terjun Sedudo menjadi objek wisata yang ramai dikunjungi wisatawan. Air terjun setinggi sekitar 105 meter ini mengalir di lereng timur Gunung Wilis. Suasana pegunungan yang asri membuat objek wisata ini berhawa sejuk di ketinggian 1.438 mdpl.

Baca: Tiket Masuk dan Wahana The Legend Waterpark Nganjuk

Selain pemandangan alamnya yang mempesona, Air Terjun Sedudo juga dikaitkan dengan unsur sejarah dan budaya. Mitos air yang bikin awet muda juga menarik pengunjung ke sini. Tak heran jika Air Terjun Sedudo tak pernah sepi dari kunjungan wisatawan, baik domestik maupun mancanegara.

ratusan anak tangga

Tangga menuruni lerengDeretan anak tangga yang harus dilintasi untuk menuju air terjun – Foto: Google Maps/ahmad torik

Bertengger di tebing setinggi 105 meter, air terjun ini berada di dasar lembah. Untuk mencapai danau saja, pengunjung harus menuruni beberapa anak tangga. Tenang saja, tangga ini aman karena terbuat dari batu dan memiliki pagar pengaman.

Baca: Tiket Masuk dan Aktivitas Coban Rondo Malang

Turun tangga, pengunjung bisa melihat pemandangan air terjun secara keseluruhan. Bahkan hembusan angin dataran tinggi selalu mengiringi langkah para wisatawan yang mendekati tempat itu.

Menuruni banyak anak tangga tidak akan terasa terlalu melelahkan karena pemandangan alam yang mengelilingi area tersebut, namun persiapkan fisik Anda untuk naik kembali saat ingin pulang ya?

Pesona Air Terjun

Air Terjun SedudoAir terjun Sedudo dikelilingi tebing dan hutan alam – Foto: Google Maps/putut wijanarko

Setelah berjalan sekitar 200 meter melewati anak tangga, pengunjung sampai di area air terjun. Kawasan ini tertata rapi karena beraspal sehingga tidak ada sungai berbatu atau dasar yang licin seperti air terjun alami pada umumnya. Danau dan sungai telah diberi batas yang jelas agar pengunjung dapat bermain air dengan lebih nyaman.

Baca: Keajaiban Keindahan Air Terjun Tumpak Sewu

Mengalir dari ketinggian lebih dari 100 meter, Air Terjun Sedudo memperlihatkan pesona alam yang menakjubkan. Airnya meluncur di permukaan tebing yang kehitaman dengan limpasan yang tidak terlalu banyak. Diapit oleh hamparan lumut dan dikelilingi oleh hutan liar, pemandangan air terjun ini menyegarkan mata.

Turis di sekitar air terjunIkon wisata daerah Nganjuk yang tak pernah sepi kunjungan wisatawan – Foto: Google Maps/wahyu prastyo

Wisatawan bisa menikmati keindahan air terjun dari jauh atau merasakan kesejukan airnya secara langsung. Area bermain air dibatasi pagar dengan jarak tertentu ke air terjun. Sebelumnya, pernah terjadi jatuhan batu dari atas air terjun. Sejak itu, pengunjung dilarang terlalu dekat dengan air terjun.

Mitos Awet Muda di Air Terjun Sedudo

sekumpulan penariPenari berbaris untuk mengikuti upacara ritual Mandi Sedudo dalam Satu Sura – Foto: Google Maps/MNur IkhsanAWR

Air Terjun Sedudo sudah dikenal sejak zaman Kerajaan Majapahit. Tempat ini berfungsi sebagai tempat pencucian senjata pusaka raja, dimana air yang digunakan pada masa lalu dipercaya membawa berkah dan keselamatan. Pada masa kejayaan Islam, air terjun ini menjadi tempat pertapaan Ki Ageng Ngaliman, tokoh yang menyebarkan agama Islam di Nganjuk.

Baca: Tiket Masuk dan Aktifitas Air Terjun Madakaripura

Untuk menghormati jasa Ki Ageng Ngaliman, pemerintah Nganjuk mengadakan acara tahunan. Acara yang berlangsung setiap 1 Surah atau bulan Muharram ini merupakan ritual mandi massal yang disebut Mandi Sedudo. Kegiatan ini dimeriahkan dengan tarian adat dan prosesi yang dihadiri oleh Bupati Nganjuk. Turis juga diperbolehkan untuk menghadiri acara tersebut.

Pengunjung bermain airWisatawan diperbolehkan bermain air di danau air terjun dengan jarak aman yang telah ditentukan – Foto: Google Maps/Pradana Ady Putra

Ada legenda tentang seorang duda yang bersemedi di air terjun ini. Orang-orang yang sering datang kepadanya untuk meminta nasihat menemukan bahwa duda itu tidak terlihat tua meski dipenjara di sana selama bertahun-tahun.

Baca: Tiket Masuk Coban Putri Batu dan Beragam Aktivitasnya

Dari legenda tersebut tumbuh kepercayaan bahwa air terjun ini memiliki berbagai khasiat mulai dari awet muda hingga mudah dijodohkan. Terlepas dari kebenarannya, Air Terjun Sedudo masih menjadi tujuan wisata yang menarik. Selain keindahan alamnya yang menyejukkan, tempat ini cocok untuk rekreasi keluarga.

perabot

Sejumlah fasilitas memadai telah disediakan bagi para pengunjung objek wisata ini, seperti; B. Tempat parkir yang luas, toilet dan mushola. Lokasi air terjun dapat diakses melalui tangga yang dilengkapi dengan pegangan tangan, memastikan keamanan dan kenyamanan. Terdapat banyak warung makan dan toko souvenir di dekat area air terjun, sehingga pengunjung tidak perlu ke tempat parkir terlebih dahulu.

Baca: 14 Air Terjun Unggulan di Jawa Timur

Lokasi Air Terjun Sedudo

Air Terjun Sedudo terletak di lereng timur Gunung Wilis, tepatnya di Desa Ngliman, Kecamatan Sawahan, Kabupaten Nganjuk, Jawa Timur. Akses jalan sudah bagus, namun karena konturnya didominasi tanjakan terjal, pengendara perlu berhati-hati saat datang ke sini. Pastikan mesin dan rem kendaraan dalam kondisi baik agar tidak menimbulkan bahaya.

Source: travelspromo.com

Related Articles

Back to top button