Tempat Wisata

Lokasi, harga tiket, tempat wisata dll

Air Terjun Lawean – Tulungagung merupakan salah satu dari sekian banyak kabupaten di Jawa Timur yang dikenal memiliki banyak destinasi wisata pantai.

Selain dikenal memiliki destinasi wisata pantai yang sangat indah dan sejuk. Ternyata Tulungagung juga memiliki wisata air terjun yang tidak kalah bagusnya, air terjun tersebut bernama Air Terjun Lawean Tulungagung.

Wisata air terjun ini mengambil lokasi di Dusun Turi, Desa Geger, Kecamatan Sedang, Tulungagung. Objek wisata ini memiliki ketinggian sekitar 1200 meter di atas permukaan laut dimana airnya merupakan bagian dari lereng Gunung Wilis.

Baru-baru ini, Air Terjun Lawean di Tulungagung sering menjadi tujuan para wisatawan yang ingin berlibur. Apalagi bagi mereka yang ingin menenangkan diri sejenak dari pikiran pekerjaan yang menghantui mereka setiap hari.

Lokasi: Kawasan Hutan, Desa Geger, Kecamatan Sendang, Kabupaten Tulungagung, Jawa Timur
map: Peta Klik di sini
HTML: Rp 3.000/orang
Terbuka dan tertutup: Setiap hari, 24 jam
Telepon:

Daya Tarik Air Terjun Lawean Tulungagung

Air Terjun Lawean Tulungagung via IG @rizalyuavikiAir Terjun Lawean Tulungagung via IG @rizalyuaviki

Air Terjun Lawean memiliki daya tarik tersendiri untuk menarik wisatawan yang ingin berlibur. Pada awalnya Anda akan disuguhkan dengan udara yang begitu sejuk dan segar ketika Anda pergi ke area air terjun.

Saat sampai di tempat tersebut Anda langsung melihat panorama air terjun yang mengalir dari atas bukit yang begitu mempesona. Ditambah lagi dengan keindahan pemandangan alam di sekitar air terjun yang masih sangat asri.

Kelebihan lain yang ditawarkan tempat wisata air ini adalah dapat melakukan aktivitas salah satunya berenang. Bahkan ada yang mengatakan jika berenang di air terjun, semua penyakit akan sembuh dengan sendirinya.

Jadi bagi anda yang sedang merencanakan liburan ke Tulungagung atau masih bingung mencari tempat untuk liburan. Jadi, cobalah untuk berlibur ke objek wisata Air Terjun Lawean Tulungagung ini.

Air Terjun Mitos

kamu punya penyakit? atau anda memiliki penyakit yang tidak bisa disembuhkan? Jika benar, kunjungi Air Terjun Lawean di Tulungagung.

Menurut warga sekitar, siapa saja yang mandi di air terjun Lawean Tulungagung yang berundak dan berundak itu diyakini membawa penyakit.

Padahal, segala macam penyakit yang diderita orang ini bisa sembuh seketika tanpa butuh waktu lama. Mitos Mbok Roro Dewa Gangga, Cemethi, Endang Sampur dan Mbok Roro Wilis dianggap sebagai salah satu penguasa air terjun.

melalui IG @mc.andrmelalui IG @mc.andr

Lokasi dan Rute Menuju Air Terjun Lawean Tulungagung

Air Terjun Lawean terletak 25 km barat daya dari pusat kota Tulungagung. Air terjun ini terletak di Dusun Turi, Desa Geger, Kecamatan Sendang, Kabupaten Tulungagung, Provinsi Jawa Timur.

Dengan air terjun yang mencapai 1.200 meter di atas permukaan laut. Dimana air terjun ini merupakan bagian dari lereng Gunung Wilis.

Untuk menikmati atraksi Air Terjun Lawean, Anda harus berjalan kaki sejauh kurang lebih 3 km. Yang harus menyeberangi sungai sembilan kali dan melintasi perbukitan hijau di sela-sela perjalanan.

Namun, perjalanan yang sulit akan terbayar dengan pesona keindahan yang ditawarkan oleh air terjun Lawean ini.

via IG @haris_fahnisar22via IG @haris_fahnisar22

Kunjungi juga: 26 Pantai di Tulungagung

Tempat Wisata Air Terjun Lawean Tulungagung

Jika Anda sedang berlibur atau berlibur ke objek wisata Air Terjun Lawean ini, jangan langsung pulang dulu.

Pasalnya di sekitar objek wisata ini banyak terdapat wisata menarik yang tidak kalah bagusnya. Lalu apa saja objek wisata di sekitar Air Terjun Lawean? Anda tidak perlu bertele-tele lagi, cukup ikuti penjelasan di bawah ini.

1. Taman Nyawangan

Taman Nyawangan melalui Reezumi

Taman Nyawangan juga merupakan salah satu dari sekian banyak tempat wisata menarik di sekitar Air Terjun Lawean. Situs ini terletak di kawasan perbukitan Dusun Klegen, Desa Nyawangan, Kecamatan Sendang, Kabupaten Tulungagung.

Tempat wisata di Taman Nyawangan ini terkenal banyak Pekerjaan foto yang sangat bagus dan keren. Jadi bagi yang suka selfiesebelum anda kembali dari air terjun ini cek disini dulu ok.

Kunjungi juga: Pantai Sine Tulungage

2. Jurang Senggani air terjun

Air Terjun Ngarai Senggani via @ivanfacrul

Salah satu objek wisata di sekitar Air Terjun Lawan yang harus anda kunjungi adalah Ngarai Senggani air terjun. Objek wisata ini menjadi salah satu destinasi wisata baru di Tulungagung yang menawarkan kesejukan alam khas pegunungan.

Selain itu, wisata yang terletak di lereng Gunung Wilis ini juga menawarkan berbagai atraksi Pekerjaan foto yang sangat menarik. Juga di tempat ini Anda dapat menikmati wahana rubah terbang yang sedang menunggu.

3. Pura Penampehan

Kuil Penampihan di atas Devikaazzahra

Tidak jauh dari Air Terjun Lawean, terdapat sebuah pura bernama Pura Penampehan di Desa Geger Kecamatan Sendang. Untuk menuju pura yang berada di dekat wisata air terjun ini, Anda bisa tiba dengan kendaraan roda empat. Bangunan candi ini memiliki teras dan dilindungi oleh pohon Kalpataru purba.

Prasasti Raja Balitung IX menyebutkan bahwa terdapat arca Kili Suci, Asmoro Bangun, Padi, Tirta Amerta di dalam candi.

Bahkan diperkirakan arca-arca tersebut merupakan peninggalan dari zaman nenek moyang. Selain itu juga terdapat Gua Pak Tek Sue, Argo Willis dan Buah Durian (Bajul) yang melengkapi daya tarik wisata Candi Penampehan.

4. Air Terjun Prongos

Gunung ProngosGunung Prongos

Sebenarnya air terjun Prongos memiliki air terjun yang sangat tinggi yaitu lebih dari seratus meter dan terdiri dari beberapa tingkatan.

Namun, puncaknya belum terbongkar karena masih ditumbuhi semak belukar dan tanaman yang menempel di tebing. Dilihat dari bawah tempat airnya jatuh, air terjun ini terlihat sekitar dua puluh meter berbentuk tebing.

Mungkin saat ini salah satu alasan kenapa air terjun ini dinamakan Watu Prongos. Debit air terjun di Prongos lebih besar dari Air Terjun Senggani Jurang. Di bawah air terjun ini terdapat sebuah kolam kecil dan aliran air dimana aliran air mengalir di sisi lembah di bawahnya.

5. Air Terjun Pandan Wangi

Air Terjun Pandan Wangi di atas Disbudpartulungagung

Di sekitar air terjun ini juga terdapat air terjun lain yang tidak begitu tinggi, namanya Air Terjun Wangi. Namun untuk masalah keindahan, air terjun yang satu ini tak kalah asyik untuk dikunjungi.

Ketinggian Air Terjun Pandan Wangi kurang lebih 30 meter. Karena letaknya yang berada di kawasan yang sama dengan salah satu perkebunan teh Sumber Pandan di desa Negelurup.

informasi akomodasi

Bagi Anda yang ingin menginap dekat dengan air terjun, saat ini belum bisa menemukan tempat terdekat.

Namun, Anda bisa mencoba akomodasi yang berjarak sekitar 1 jam 15 menit untuk sampai ke tempat tersebut. Anda bisa menginap di Swaloh Resort & Spa dengan harga mulai dari Rp 350.000 per malam.

Penginapan ini memiliki fasilitas lengkap termasuk spa, sarapan gratis, WiFi, dan parkir. Air terjun ini berjarak kurang lebih 16 km dari penginapan.

Anda bisa mengambil rute tercepat dari Jalan Raya Sendang – Penampean. Untuk informasi lebih lanjut tentang penginapan ini hubungi CP (0355) 335500 atau ikuti kami langsung di Instagram @swalohresort.

* * * * *

Demikian ulasan tentang Air Terjun Lawean Tulungagung yang dapat kami sajikan untuk anda. Semoga bisa menjadi referensi liburan alam anda bersama rombongan pecinta alam lainnya. Jangan lupa viralkan juga artikel ini, agar Air Terjun Tulungagung semakin terpandang.

Kunjungi juga: Pantai Popoh Tulungage

Source: tempatwisataseru.com

Related Articles

Back to top button