Tempat Wisata

Taman Bungkul, taman wisata yang indah di tengah kota Surabaya

Taman Bungkul adalah ruang hijau yang populer di tengah kota Surabaya. Taman wisata yang bagus dengan fasilitas bermain, pepohonan yang rindang dan tempat kuliner yang cocok sebagai tempat bersantai bersama keluarga.

harga tiket: Gratis, Waktu aktif: 24 jam, Alamat: Taman Bungkul, Darmo, Kec. Wonokromo, Kota Surabaya, Jawa Timur; map: Cek lokasi

Salah satu tempat wisata yang paling menarik untuk dikunjungi adalah Taman Bungkul di Surabaya. Nama taman ini pasti sudah tidak asing lagi bagi anda yang saat ini berdomisili di kota Surabaya dan sekitarnya. Karena nyatanya, keseruan yang ditawarkan taman ini menjadikannya tempat yang sangat populer.

Namun bagi Anda yang baru mengenal Taman Bungkul, Anda akan langsung tertarik untuk datang setelah mengetahui beberapa hal tentang taman tersebut. Anda pasti tahu bahwa taman ini dinobatkan sebagai salah satu sahabat dunia oleh PBB.

Ini merupakan prestasi yang membanggakan bagi Pemerintah Kota Surabaya. Tentu saja, ada juga alasan mengapa judul tersebut menjadi milik taman ini. Berikut ini akan dijelaskan mengenai atraksi, fasilitas dan beberapa hal yang membuat Taman Bungkul layak disebut sebagai salah satu taman terbaik di dunia.

Tempat Wisata di Taman Bungkul

Atraksi Taman BungkulKredit foto: Facebook Taman Bungkul Surabaya

Taman wisata di Surabaya ini memiliki daya tarik yang menarik banyak orang untuk berkunjung ke tempat tersebut. Berikut adalah beberapa atraksi yang dimiliki taman ini.

1. Area lintasan joging

Daya tarik pertama yang dimiliki taman ini adalah memiliki jogging track. Jalur dari area jogging track cukup panjang, selain itu juga rindang. Ini adalah tempat di mana Anda dapat berolahraga dengan bebas bersama teman dan keluarga.

Pepohonan di sepanjang jalan menambah keteduhan area jogging. Jika mengikuti jogging track, Anda akan menemukan kawasan makam Mbah Bungkul yang juga dikelola sebagai destinasi wisata religi.

2. Pusat Pedagang Kaki Lima

Taman Bungkul juga merupakan area utama bagi pedagang kaki lima. Anda akan menemukan banyak pedagang di tempat ini. Namun tidak bisa salah karena meski banyak pedagang yang membuka lapak, namun tempatnya tertata rapi.

Itu sebabnya Anda tidak akan menemukan pedagang kaki lima dengan kondisi kacau di tempat ini. Anda berada di pusat bisnis yang menawarkan tata letak yang rapi dan nyaman bagi pembeli.

Tak sedikit dari para remaja dan pekerja kantoran yang datang ke taman dengan sengaja untuk mengunjungi pusat PKL. Itu karena lokasinya yang bersih, strategis dan sangat nyaman, membuat orang betah.

Penataan PKL di taman wisata ini membuktikan bahwa PKL tidak selalu identik dengan masyarakat kelas bawah. Di taman ini, pedagang kaki lima bisa meraup untung besar, terutama pada hari libur atau akhir pekan.

3. Trek BMX dan skateboard

Khusus untuk anda yang suka bermain sepeda dan skateboard, sangat pas jika anda berkunjung ke Taman Bungkul. Di taman ini Anda akan menemukan area untuk trek BMX dan skateboard. Mereka yang menggunakan fasilitas ini umumnya adalah remaja dari Surabaya.

4. Amfiteater

Kawasan yang satu ini dijadikan sebagai tempat penyelenggaraan acara, baik itu berupa acara musik atau acara kesenian lainnya dari dalam dan luar negeri. Area ini berada di tengah taman. Bentuknya bulat dengan diameter 33 meter.

Di sekeliling tepinya terdapat pilar-pilar batu yang berfungsi sebagai tempat duduk penonton. Jika area ini tidak digunakan atau tidak ada acara yang berlangsung di sana, biasanya area tersebut digunakan oleh anak-anak kecil. Bentuknya yang bulat dengan diameter yang cukup besar membuat anak-anak senang bermain di tempat ini.

5. Area taman bermain

Atraksi lainnya Taman BungkulSumber gambar: Twitter Kabar baik dari Indonesia

Selain menggunakan area amfiteater sebagai taman bermain untuk anak-anak, Taman Bungkul juga memiliki area lain yang dirancang khusus untuk anak kecil. Kehadiran fasilitas bermain untuk anak kecil menjadikan taman ini sebagai ruang terbuka hijau yang ramah anak.

Di taman bermain anak-anak Anda akan menemukan beberapa peralatan bermain seperti ayunan, perosotan dan jungkat-jungkit dalam berbagai warna cerah. Dengan suasana yang teduh, banyak anak-anak yang merasa nyaman bermain di area tersebut.

6. Wi-Fi gratis

Hal menarik lainnya yang bisa Anda temukan di taman ini adalah akses Wi-Fi gratis. Tentu saja, banyak orang menyukai WiFi gratis. Selain gratis, kecepatan Wi-Fi yang disediakan Taman Bungkul juga lumayan kencang.

Jadi jangan heran jika Anda menemukan beberapa orang mengunjungi tempat ini dengan membawa laptop mereka.

7. Keran siap minum gratis

Di sana Anda juga akan menemukan keran air minum di mana semua orang dapat minum secara gratis. Tentunya dengan fasilitas tersebut, pengunjung tidak perlu khawatir lagi untuk membeli air.

Apalagi bagi pengunjung yang sudah selesai aktivitas olahraganya, keberadaan air ini sangat bermanfaat bagi mereka. Selain itu, keberadaan kran siap minum juga mendukung program pengurangan sampah botol plastik.

Alamat, rute, lokasi dan harga tiket Taman Bungkul

Harga Tiket Taman BungkulSumber gambar: Twitter @dewahoya

Lokasi taman wisata ini berada di pusat kota Surabaya. Lebih tepatnya, taman ini terletak di Jalan Taman Bungkul, Wonokromo. Tempat ini tidak jauh dari Kebun Binatang Surabaya. Jarak antara kedua tempat tersebut hanya sekitar 1 kilometer.

Jadi ketika anda berkunjung ke Kebun Binatang Surabaya tidak ada salahnya untuk mampir ke taman yang letaknya tidak jauh dari tempat ini.

Anda tidak perlu mengeluarkan uang sepeser pun untuk memasuki area taman. Karena kawasan wisata ini gratis. Jika Anda datang ke taman ini, Anda mungkin hanya perlu membayar parkir yang berkisar antara 1000 rupiah hingga 5000 rupiah.

Oleh karena itu, ruang terbuka hijau ini bisa disebut sebagai salah satu tempat wisata murah. Tapi tetap saja, Anda perlu membawa uang tunai karena ada bagian street food di tempat ini yang pasti akan menggoda Anda untuk mencoba makanan di sana.

Aktivitas seru di Taman Bungkul

Aktivitas di Taman BungkulKredit foto: Instagram Gocapan Surabaya

Ada banyak sekali jenis aktivitas yang bisa Anda lakukan di Taman Bungkul. Kegiatan ini meliputi:

1. Berolahraga

Tentunya dengan banyaknya fasilitas olahraga yang tersedia, aktivitas nyata yang bisa Anda lakukan adalah berolahraga. Anda bisa jogging di jogging track yang disediakan. Anda pasti tidak akan kepanasan di tempat yang teduh.

Selain itu, bagi Anda yang suka bermain skateboard atau bersepeda bisa berlatih olahraga tersebut dengan fasilitas taman wisata ini. Semua fasilitas yang disediakan tidak memerlukan biaya untuk menggunakannya. Sehingga semua orang bisa merasakan kemungkinan taman di sini.

2. Hari bebas mobil

Kegiatan siang hari bebas mobil diadakan di kawasan Taman Bungkul pada hari Minggu. Kegiatan dilakukan mulai pukul 06.00 hingga 09.00 WIB. Pada saat car free day ini, biasanya banyak orang akan berdatangan di ruang terbuka hijau.

Mereka datang untuk sekedar bersantai, berolahraga, membeli jajanan atau bahkan menikmati keindahan taman ini. Pada hari bebas mobil Anda juga akan menemukan banyak kegiatan lain seperti olahraga dan senam.

3. Tempat mencari inspirasi

Meski berada di jantung kota Surabaya, Anda tetap bisa menemukan ketenangan di Taman Bungkul. Oleh karena itu, lokasi ini sangat cocok sebagai template untuk mencari inspirasi atau ide kreatif.

Selain itu, dengan adanya Wi-Fi gratis tentunya akan semakin memudahkan Anda dalam mengakses internet tanpa harus membayarnya. Dengan suasana yang sangat asri dan berbagai jajanan yang dapat ditemukan di pusat PKL, Anda dapat menikmati suasana sambil makan dan browsing web.

4. Nikmati berbagai kelezatan kuliner

Aktivitas di Taman BungkulSumber gambar: Twitter Desi Anwar

Seperti yang Anda ketahui, di area taman juga terdapat pusat PKL. Tentu saja, karena banyaknya penjual, Anda bisa menemukan berbagai jenis makanan yang dijual di tempat ini.

Oleh karena itu, wajar jika Anda datang ke taman ini hanya untuk menikmati pilihan makanan ringan atau makanan berat yang ditawarkan oleh para pedagang kaki lima ini.

5. Fotografi

Salah satu kegiatan yang tidak boleh dilewatkan di Taman Bungkul adalah fotografi. Anda bisa membawa telecamera atau menggunakan kamera ponsel untuk mengabadikan momen tersebut.

Taman yang menawarkan begitu banyak tempat indah tentunya bisa menjadi spot foto yang menarik bagi Anda yang hobi berfoto.

6. Wisata Religi

Seperti yang sudah dijelaskan di atas, Anda akan menemukan area pemakaman di area samping jogging track. Kompleks pemakaman tersebut adalah makam Sunan Bungkul. Sunan Bungkul atau juga dikenal sebagai Mbah Bungkul terletak di belakang Taman Bungkul.

Kyai Ajeng Bungkul adalah salah satu ulama besar yang hidup pada zaman Majapahit. Setidaknya itulah yang terjadi pada abad ke-15. Mbah Bungkul adalah saudara ipar dari Raden Rahmat yang lebih dikenal dengan Sunan Ampel.

Tentunya jika Anda datang ke tempat ini, Anda tidak hanya bisa menikmati keindahan tamannya saja, namun sekaligus bisa melakukan wisata religi ke makam tersebut.

Fasilitas yang tersedia di Taman Bungkul Surabaya

Fasilitas Taman BungkulKredit foto: Google Maps Eka Wahyu 70

Ruang terbuka hijau ini terletak di pusat kota Surabaya. Bagi masyarakat Surabaya dan sekitarnya, taman ini memiliki kekhasan tersendiri. Anda akan menemukan banyak fasilitas yang disediakan oleh taman.

Fasilitas tersebut antara lain: jogging track, free wifi, skateboard track, air minum gratis, taman bermain anak dan masih banyak fasilitas lainnya yang tentunya akan memanjakan para pengunjung. Selain itu, suasana Taman Bungkul juga sangat asri, sehingga wajar jika sering dikunjungi wisatawan.

Taman Bungkul di pusat kota Surabaya adalah salah satu tempat paling populer bagi wisatawan. Oleh karena itu bagi anda yang kebetulan sedang berada di kota ini, perlu menyempatkan diri sejenak untuk mengunjungi Taman Wisata Hits di Surabaya.

Source: www.itrip.id

Related Articles

Back to top button