Tempat Wisata

Gua Kebon, saksi surga wisata alam tersembunyi di Kulon Progo

Gua Kebon di Kulon Progo merupakan objek wisata alam tersembunyi yang menawarkan keajaiban alam berupa air terjun abadi yang mengalir sepanjang tahun.

Harga tiket: Rp6.000, Jam beroperasi: 08.00-17.00 WIB, Alamat: Dukuh VII, Krembangan, Kecamatan. Panjatan, Kab.Kulon Progo, DI Yogyakarta; Map: Periksa lokasinya

Berbicara tentang tempat wisata unggulan Yogyakarta, selain beragam kulinernya yang nikmat, kota ini juga menawarkan sejumlah destinasi wisata menarik yang bisa Anda kunjungi saat liburan dimulai. Ada baiknya Anda menikmati liburan akhir pekan dengan suasana alam yang menyegarkan. Salah satunya mengunjungi destinasi wisata ini.

Goa Kebon merupakan destinasi wisata alam yang terletak di kawasan taman yang asri. Gua di Yogyakarta ini menawarkan panorama alam yang mempesona. Anda akan menemukan beberapa makanan lezat lainnya yang menambah daya tarik destinasi ini. Penasaran dengan indahnya pesona gua di Kulon Progo? Berikut penjelasannya.

Paket tour jogja 2 hari 1 malam (Gua Pindul, Heha Sky View dan tempat lainnya)

Tempat Wisata Gua Kebon

Daya Tarik Gua Kebonfoto dari Istiqomah saja di Twitter

✦ Destinasi wisata alam dan edukasi

Destinasi wisata di Yogyakarta bagian barat, Goa Kebon menawarkan ketenangan yang menyejukkan dan menenangkan dekat dengan alam. Daya tarik unik keindahan tiada tara yang dimiliki gua ini berhasil menarik perhatian banyak wisatawan.

Wisatawan yang berkunjung dapat melakukan berbagai aktivitas lainnya di kawasan wisata tersebut. Pemandangan alam luar biasa di dalam gua dihiasi dengan bebatuan stalagmit yang tumbuh indah di sepanjang langit-langit gua. Hal ini menjadikannya sebagai lembaga pendidikan bagi wisatawan yang ingin mengetahui keistimewaan gua tersebut.

✦ Pesona air terjun Goa

Destinasi wisata Gua Kebon menawarkan pesona yang menarik karena di dalam gua terdapat air terjun yang mempesona dengan ketinggian sekitar 5 meter. Nikmati air terjun yang mengalir deras dari ketinggian tebing dengan pemandangan menyerupai tirai bambu.

Bagi Anda yang belum tahu, aliran air terjun ini berasal dari mata air yang konon tidak pernah kering hingga musim kemarau tiba. Oleh karena itu, banyak orang yang percaya bahwa air terjun tersebut akan terus mengalir ke kawasan sekitarnya. Terdapat mata air segar di dekat gua ini, menjadikannya tujuan wisata yang sempurna.

Paket Rafting Gua Pindul Jogja

✦ Fasilitas rekreasi bagi wisatawan

Merupakan pilihan yang baik untuk mengunjungi destinasi wisata saat liburan tiba. Pasalnya, tempat wisata merupakan sarana rekreasi bagi wisatawan yang ingin menghabiskan akhir pekan atau liburan. Suasana alam yang asri dan udara segar menjadikan gua ini pilihan terbaik untuk berlibur.

Wisatawan bisa menikmati aktivitas lain di kawasan Goa Kebon seperti piknik bersama. Selain itu destinasi wisata alam juga menawarkan banyak aktivitas menarik lainnya seperti permainan outdoor termasuk permainan seru flying fox, aktivitas outbond, kolam renang dan juga terapi ikan.

✦ Berkemah di lokasi perkemahan wisata alam

Untungnya bagi wisatawan yang ingin menginap dan berkemah di destinasi wisata alam Goa Kebon bisa di tempat ini. Berkemah merupakan ide bagus yang patut Anda coba karena di kawasan wisata, mendirikan tenda dan menyalakan api unggun di malam hari cukup dianjurkan.

Untuk izin tempat perkemahan, Anda dapat menghubungi pihak pengelola pariwisata. Berkemah bersama teman atau keluarga pastinya akan menciptakan suasana unik dan tak terlupakan. Dapatkan pengalaman fantastis dalam perjalanan Anda di sini.

Lihat penawaran hotel di Kulon Progo

✦ Wisata alam yang serbaguna

Selain beberapa aktivitas lain yang disebutkan di atas, wisatawan juga dapat melakukan aktivitas atau rangkaian acara lain di kawasan tujuan wisata seperti: Misalnya mengadakan buka puasa dengan pemandangan alam yang indah di area yang luas. Pasalnya, Gua Kebon sering dijadikan tempat aktivitas bersama masyarakat.

Sebaliknya wisatawan yang ingin menggelar resepsi pernikahan dengan pemandangan lanskap hijau menyegarkan dan sejuk tentunya diperbolehkan setelah mendapat izin resmi dari pihak pengelola pariwisata. Oleh karena itu, destinasi pun menawarkan paket pernikahan di tempat wisata.

Alamat dan rute menuju lokasi

Alamat Gua Kebonfoto dari Instal PC Jogja di Twitter

Jika anda belum mengetahui secara pasti daerah tujuan Goa Kebon, anda bisa mencari tujuannya di internet. Lokasinya yang berada di Desa Krembangan, Kecamatan Panjatan, Kabupaten Kulon Progo, Yogyakarta memudahkan untuk dijangkau. Lokasinya cukup jauh dari pusat kota sehingga perjalanan akan cukup lama.

Untuk menuju objek wisata alam tersebut, Anda memerlukan perjalanan sekitar 1 jam dari pusat kota. Untuk menuju ke sana, Anda perlu mengikuti Jalan Wates dan terus menuju kawasan Tugu Pensil di kawasan Sentolo. Kemudian belok di perempatan Kenteng Sentolo dan menuju ke selatan.

Biaya masuk dan jam buka

Awalnya, tidak dipungut biaya masuk untuk masuk ke destinasi wisata Gua Kebon. Kemudian seiring berkembangnya wisata alam, semakin populer dan menjadi daya tarik utama wisatawan, kini tempat wisata dibuka dengan biaya masuk hanya Rp 6.000 per orang.

Jangan lewatkan kesempatan seru bermain air di pantai berpasir lembut ini. Dengan waktu luang yang cukup, wisatawan bisa menikmati pemandangan alam sepuasnya dan melakukan berbagai aktivitas yang tak kalah seru dan menghibur.

Wisatawan yang ingin bermalam harus mendapat izin dari Pengelola Wisata Alam, mulai dari jadwal kegiatan berkemah hingga lamanya bermalam di kawasan wisata. Pastikan Anda memberikan kenyamanan kepada wisatawan lain dan tidak merusak kawasan wisata.

Fasilitas yang tersedia di kawasan wisata

Fasilitas Gua Kebonfoto dari Jogja 24 jam di Twitter

Gua Kebon di Kulon Progo memang sudah dikenal sebagai destinasi wisata alam yang mempesona. Namun selain keindahannya, terdapat beberapa fasilitas yang menjamin kenyamanan pengunjung. Berikut ulasannya:

1. Toilet umum yang bersih dan nyaman

Kenyamanan wisatawan selalu menjadi prioritas utama di Goa Kebon. Setelah berkeliling kawasan ini dan menikmati aktivitas seru, toilet umum tentunya menjadi hal yang sangat penting. Goa Kebon memastikan setiap pengunjung dapat dengan mudah menemukan toilet yang bersih dan layak baik untuk buang air kecil maupun besar.

2. Anjungan di kawasan Goa-Kebon

Tidak ada yang lebih memanjakan daripada bersantai di pendopo sekitar Goa Kebon. Dikelilingi panorama alam yang indah, pendopo kayu ini dirancang khusus bagi wisatawan untuk beristirahat sejenak, bercengkerama atau sekedar menikmati keindahan alam.

3. Stand kuliner di pinggir pantai

Saat perut Anda keroncongan, warung di Goa Kebon siap menyambut Anda dengan beragam kuliner khas daerah. Beragam pilihan makanan dan minuman akan memanjakan lidah Anda sekaligus menawarkan pemandangan pantai yang menakjubkan. Jangan lewatkan kesempatan mencicipi kuliner lokal!

4. Ruang sholat

Bagi wisatawan muslim, Goa Kebon juga telah menyiapkan musala yang didesain nyaman. Pengelola wisata mengetahui betapa pentingnya fasilitas ini agar wisatawan dapat beribadah dengan khusyuk meski jauh dari rumah.

5. Parkir kendaraan yang aman

Gua Kebon juga menyediakan tempat parkir yang luas dimana wisatawan dapat memarkir kendaraan, mulai dari sepeda motor hingga mobil. Dengan kewaspadaan yang matang dan keamanan yang terjamin, Anda tidak perlu khawatir dengan keselamatan kendaraan saat menikmati keindahan Gua Kebon, apalagi pada jam sibuk seperti akhir pekan.

Itulah beberapa informasi menarik seputar wisata alam populer di Kulon Progo yang wajib Anda kunjungi. Keindahan dan kesegaran Gua Kebon menjadikannya destinasi yang tepat untuk bersantai dan menikmati keharmonisan alam.

Gua Kebon tidak hanya menyuguhkan panorama alam yang mempesona, namun juga fasilitas pendukung yang melengkapi pengalaman berwisata. Buat kamu yang sedang mencari destinasi bersantai yang pas, Gua Kebon di Kulon Progo wajib masuk dalam daftar kunjunganmu.

Source: www.itrip.id

Related Articles

Back to top button