Tempat Wisata

Tiket masuk dan atraksi air terjun GOA RANG RENG

Tiket masuk dan atraksi air terjun GOA RANG RENG

Harga Tiket Masuk Air Terjun Goa Rang Reng: Rp 15.000. Jam buka: 07:30 – 17:00 WITA. Nomor telepon : -. Alamat / Tempat : Jl. Goa Jl Rang Reng, Gitgit Banjar, Desa Bakbakan, Gianyar, Gianyar, Bali, Indonesia, 80515.

Air Terjun Goa Rang Reng menawarkan wisata alam yang menakjubkan di Kabupaten Gianyar, Bali. Terletak di hutan pegunungan, dengan pemandangan spektakuler dan suasana santai.

Air terjun ini terdiri dari beberapa tingkatan dengan ketinggian sekitar 20 meter. Berbeda dengan air terjun pada umumnya, Air Terjun Goa Rang Reng mengalir di atas tebing bebatuan. Membuat suara gemericik yang menenangkan.

Pengunjung tidak hanya dapat menikmati keindahan air terjun, tetapi juga berjalan-jalan di hutan, mengambil foto yang indah, dan menikmati suasana yang tenang. Tak heran jika tempat wisata ini sering menjadi rekomendasi liburan di Gianyar Bali.

Harga Tiket Masuk Air Terjun Goa Rang Reng

Wisatawan yang memasuki kawasan air terjun harus menyiapkan biaya tiket masuk. Harga tiketnya masih terjangkau.

Jika diinginkan, pengunjung juga bisa menggunakan jasa pemandu wisata. Tidak ada minimum grup, hanya satu atau dua wisatawan yang dapat menggunakan layanan ini. Biasanya warga setempat yang menyampaikan sambil menceritakan segala sesuatu yang berhubungan dengan Air Terjun Goa Rang Reng.

Biaya masuk
tiket masuk Rp 20.000
biaya pemandu sukarelawan

Baca: Tiket Masuk dan Atraksi AIR TERJUN TAMAN SARI

Jam buka air terjun Goa Rang Reng

Goa Rang Reng bisa dikunjungi dari pagi hingga malam hari. Kapan saja adalah saat yang tepat untuk mengunjungi air terjun yang memesona ini. Namun, perlu diingat bahwa musim kemarau adalah waktu yang tepat dalam setahun. Karena saat musim hujan, air terjun dan kolam lebih keruh dibandingkan saat musim kemarau.

jam operasi
Sehari-hari 07:30 – 17:00

Keheningan berbalut keindahan Air Terjun Goa Rang Reng

Air Terjun Goa Rang RengAir Terjun Goa Rang Reng. Foto: Gmap/Angga Saputra

Keberadaan air terjun ini dapat membawa ketenangan bagi para pengunjung. Suasana di sekitar air terjun begitu damai sehingga hanya suara alam dan aliran air yang terdengar. Salah satu alasannya adalah masyarakat setempat membersihkan area di sekitar air terjun. Tak heran jika di lokasi air terjun sering diadakan upacara penyucian umat Hindu atau Melukat.

Meski merupakan kawasan keramat, wisatawan tetap bisa mengunjunginya. Pemandangannya indah, suasananya sejuk dan ketenangan adalah magnet utamanya. Belum lagi kesegaran air terjunnya yang tingginya mencapai 20 meter dengan kemiringan 45 derajat.

Air jernih dan bersih ini mengalir dengan gembira melalui bebatuan. Mengikuti setiap lekukan bebatuan dan mengalir ke kolam di bawahnya. Bukan tanpa alasan air disini jernih dan sejuk, karena langsung dari pegunungan. Pepohonan yang lebat di sekelilingnya membuat suasana begitu rindang dan asri.

Baca: Tiket Masuk, Fasilitas, dan Lokasi Air Terjun Tegenungan

Berenang dan nikmati segarnya air terjun

Kolam renang di bawah air terjunKolam renang di bawah air terjun. Foto: Gmap/I Kadek Ramadana

Aktivitas seru yang tidak boleh dilewatkan adalah berenang di kolam di bawah air terjun. Cekungan yang membentuk kolam alami ini terbilang dangkal dan aman untuk dimainkan. Wisatawan bisa langsung berenang atau bermain-main dengan pelampung. Arusnya yang tenang juga bisa bersantai sambil berbaring di atas pelampung.

Dinding air terjun yang landai bisa langsung didaki oleh wisatawan. Arusnya tidak deras, jadi lebih mudah dikendarai. Tak sedikit turis yang berbaring di bebatuan dan membiarkan air terjun mengaliri tubuh mereka. Kesejukan airnya langsung terasa dari ujung kepala hingga ujung kaki.

Atau bisa juga dengan duduk santai di bebatuan. Sambil merenungi suasana yang asri, lengkapi pemandangannya. Saat merasakan nikmatnya air mengalir di tubuh, rasanya seperti tubuh dipijat dengan air. Tenang saja saat bermain di sini, pengunjung diperbolehkan menggunakan pakaian renang.

Baca: Tiket Masuk Air Terjun Kanto Lampo Gianyar dan Ragam Keunikannya

Keberadaan Misterius Goa Rang Reng

Jalan Menuju Goa Rang RengJalan Menuju Goa Rang Reng. Foto: Gmap/Vani Ariska YouTube

Mulut goa berada di puncak air terjun. Air yang mengalir berasal dari hulu di pintu masuk gua. Jadi Anda bisa melihat dari bawah bagaimana mulut gua memuntahkan air ke arah permukaan batu yang landai.

Wisatawan dapat mengakses goa dengan menyusuri bebatuan di samping air terjun. Ada tali yang bisa digunakan wisatawan untuk naik ke gua. Wisatawan akan disambut oleh goa dengan mulut yang lebar, meski goa tersebut tidak terlalu dalam. Di depannya ada sebuah batu besar, yang biasanya diberikan oleh umat Hindu sebagai hadiah dengan tombak.

Bagi wisatawan biasa, mereka hanya perlu mengenakan pakaian yang sopan jika ingin mengunjungi goa. Sedangkan umat Hindu dianjurkan membawa canang sebagai persembahan. Ada pelinggih yang ada di dalam goa yang merupakan tempat sembahyang. Jadi jangan heran jika ada simbal dan aroma kemenyan serta bunga di dalam gua.

Baca: Tiket & Atraksi TERJUN LEKE-LEKE WATERFALL

Kolam suci untuk Melukat

Ada beberapa situs suci bagi umat Hindu di kawasan air terjun ini. Tepat di area campuran, tepat di pintu masuk gua. Campuhan adalah tempat bertemunya dua aliran air. Salah satu sungai di Kabupaten Bangli menjadi pusat aliran air menuju air terjun ini.

Karena kawasan campuran ini merupakan tempat yang disakralkan, tidak semua orang bisa berenang. Selain percampuran, terdapat pula ceruk yang membentuk kolam di dekat air terjun. Menurut kepercayaan, cerukan ini merupakan tempat mandi Ibu Teli yang akan memiliki manfaat. Suami istri yang mandi di sini akan mudah punya anak.

Baca: Tiket & Atraksi TERJUN JAGASATRU WATERFALL

Nikmati kuliner di depan pemandangan air terjun

Warung di atas air terjunWarung di atas air terjun. Foto: Gmap/Ulansari Kusnanda

Warung-warung kecil tidak jauh dari air terjun. Stan ini unik terletak di bagian atas. Para pemilik lapak menyediakan tempat duduk berupa rumah pohon bambu. Sehingga wisatawan bisa menikmati kuliner dengan pemandangan air terjun di bawahnya.

Disajikan dengan cara kuliner seperti mie instan, minuman instan, gorengan dan makanan ringan. Meski mudah, jika dinikmati dengan pemandangan yang indah akan terasa lebih nikmat.

Alamat Lengkap Air Terjun Goa Rang Reng

Air terjun ini terletak di Gianyar, tepatnya di desa Bakbakan. Jaraknya sekitar 40 kilometer untuk sampai ke lokasi dari pusat wisata Kuta. Jika menggunakan kendaraan bermotor, dibutuhkan waktu sekitar satu jam.

Source: travelspromo.com

Related Articles

Back to top button