Tempat Wisata

Pantai Baron Gunung Kidul – atraksi, aktivitas, lokasi dan harga tiket

Harga tiket: Rp 20.000, Jam beroperasi: 24 jam, Alamat: Rejosari, Kecamatan Kemadang. Tanjungsari, Kab.Gunung Kidul, DI Yogyakarta; Map: Periksa lokasinya

Pantai Baron merupakan salah satu tempat wisata di Gunung Kidul yang banyak dikunjungi wisatawan dari dalam dan luar negeri. Tempat wisata ini menawarkan sesuatu yang sangat menarik yang patut untuk dikunjungi.

Pantai ini ditemukan oleh seorang bangsawan asal Belanda bernama Baron Sekeber yang kebetulan mendaratkan kapalnya di kawasan pantai. Selain itu, pantai ini pernah dijadikan salah satu markas Belanda pada tahun 1930-an.

Karena sejarahnya yang unik dan pesona alamnya yang indah, Pantai Baron sangat cocok untuk masuk dalam daftar tempat wisata yang wajib Anda kunjungi. Apalagi menjelang hari raya, tempat ini pastinya tidak boleh Anda lewatkan.

Daya Tarik Pantai Baron

Shutterstock Pantai BaronFoto: Shutterstock/Reezky Pradata

1. Pantai yang unik

Pantai Baron memiliki banyak daya tarik yang ditawarkan, salah satunya adalah pantai ini memiliki pasir berwarna hitam kecokelatan. Jika diperhatikan lebih dekat, pasir di pantai ini lebih mirip dengan Pantai Parangtritis. Selain itu ombak pantainya juga cukup besar.

Pantai Gunung Kidul memiliki keunikan dibandingkan pantai lain di Gunung Kidul. Karena di tempat wisata ini terdapat dua jenis air yaitu air tawar dan air asin yang mana air tawar tersebut berasal dari sungai yang ada di pinggir pantai.

Sekilas terlihat airnya mengalir deras ke laut, namun anehnya saat dicicipi aliran airnya, rasanya ringan. Namun tidak hanya sampai di situ, setiap lima tahun sekali arus laut di pantai tersebut berubah arah. Dimana air tersebut akhirnya mengalir ke arah timur dan mengalir ke laut.

2. Taman Baron Techno

Daya tarik selanjutnya adalah Baron Techno Park. Jika kita berbicara tentang tebing, maka di Pantai Baron anda juga akan menemukan tebing yang pendakiannya juga tidak kalah menarik untuk anda. Terdapat dua tebing di tempat ini yaitu Tebing Timur dan Tebing Barat.

Tebing sebelah barat digunakan sebagai lokasi pembangkit listrik yang memanfaatkan energi alam, sering disebut dengan Baron Techno Park. Sebelum akhirnya sampai di pembangkit listrik, Anda masih bisa berjalan melalui jalur retribusi pantai.

Sesampainya di kawasan tersebut Anda akan menemukan pertigaan dengan jalan menuju menanjak. Dan jika Anda terus mengikuti jalan ini, Anda akan mencapai area dimana pembangkit listrik berada.

3. Wisata kuliner

Daya tarik selanjutnya yang bisa ditemui di pesisir Laut Selatan adalah wisata kuliner yang nikmat. Pantai Baron memang menjadi salah satu tempat mencari kuliner menarik di kawasan Jogjakarta. Selain itu, banyak terdapat warung kuliner dengan menu berbeda-beda di kota pantai ini.

Hasil tangkapan laut dapat digunakan untuk menyiapkan berbagai makanan favorit dan dijadikan sebagai lauk yang bergizi. Lokasi Pantai Gunung Kidul sangat cocok bagi anda yang menyukai kuliner seperti lobster, kepiting, ikan dan udang.

Sama seperti wisata pantai, pantai ini juga memiliki fasilitas yang sangat lengkap, seperti wahana untuk anak-anak, tempat pelelangan ikan, toko oleh-oleh yang menjual berbagai jenis jajanan khas Gunung Kidul, dan perahu motor.

Alamat dan rute menuju lokasi

Alamat Pantai Shutterstock BaronFoto: Shutterstock/Bangoland

Anda yang ingin berkunjung ke Pantai Baron dapat mencapainya dengan kendaraan umum maupun kendaraan pribadi. Jika Anda memilih menggunakan angkutan umum, di sini Anda bisa memilih bus yang ditawarkan dengan harga terjangkau sehingga bisa lebih berhemat.

Namun jika Anda lebih memilih menggunakan kendaraan pribadi di sini, Anda bisa berkendara dari pusat kota Yogyakarta menuju Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta. Petunjuk arah menuju pantai ini ditandai dengan jelas di pinggir jalan. Namun jika ingin informasi yang lebih jelas, Anda bisa menggunakan dukungan navigasi yang ada di ponsel cerdas Anda

Biaya masuk wisata pantai

Harga tiket untuk menikmati berbagai keindahan dan keseruan di Pantai Baron cukup terjangkau. Anda hanya perlu membayar Rp 20.000 per orang.

Anda dapat membayar tiket masuk pantai di loket masuk. Jika Anda memutuskan untuk mengunjungi Pantai Gunung Kidul, pastikan Anda memilih waktu yang tepat. Waktu yang tepat disini maksudnya adalah Anda menginginkan hari yang benar-benar cerah agar liburan Anda tidak terganggu oleh hujan.

Aktivitas seru di Pantai Baron

Aktivitas Pantai Shutterstock BaronFoto: Shutterstock/Lcyudistira

1. Menikmati pemandangan pantai

Ada banyak aktivitas menarik yang bisa Anda lakukan di Pantai Baron. Salah satu kegiatan tersebut adalah menikmati pemandangan pantai yang menakjubkan. Perlu anda ketahui kalau Pantai Baron merupakan sebuah teluk yang memiliki bentuk dan diapit oleh bukit karang hijau.

Meski pasir pantai di tempat ini memiliki warna agak kecoklatan, namun air laut dari pantai ini masih sangat alami dan berwarna biru kehijauan. Secara keseluruhan, pantai ini menawarkan pesona indah yang bisa Anda nikmati nantinya. Pantai yang eksotik dan indah ini juga memiliki karakter ombak yang cenderung berbeda dengan kumpulan pantai lainnya.

2. Berkemah

Di Pantai Baron terdapat kawasan perbukitan karang yang mengapit pantai dan memberikan pemandangan yang sangat indah. Anda nantinya bisa melakukan aktivitas berkemah bersama rombongan di bukit ini.

Suasana malam di kawasan perbukitan akan membuat Anda takjub dengan luasnya langit yang dipenuhi bintang. Namun perlu diingat jika ingin berkunjung ke tempat ini harus lebih berhati-hati dengan karang yang ada di sana agar tidak melukai diri sendiri.

3. Kunjungi Puncak Selfie Bukit Baron

Jika Anda suka berfoto selfie, jangan lewatkan aktivitas ini. Nantinya Anda bisa mengunjungi Top Selfie Baron Hill. Nantinya kamu tinggal berjalan ke utara dari mercusuar. Ada spot foto yang sangat menarik dan unik di tempat ini.

Anda bisa menemukan papan berbentuk sayap, hati, dan lain-lain. Selain bisa mengambil foto dengan background yang unik, pesona pantai dari spot yang tinggi akan membuat foto Anda terlihat semakin indah.

4. Berenang di sungai bawah tanah

Fenomena alam yang sangat langka yang bisa Anda temukan di Pantai Baron adalah adanya sungai bawah tanah. Sungai tersebut memiliki aliran air yang menyatu dengan air laut. Namun meski begitu, air sungai tersebut tetap memiliki rasa yang segar. Anda bisa berenang bebas di sana.

5. Berfoto di Gua Jomblang

Jika mempunyai waktu lebih, Anda bisa mengunjungi Gua Jomblang. Gua ini berjarak minimal 1 jam perjalanan dari Pantai Gunung Kidul. Umumnya pengunjung datang ke tempat ini untuk berfoto dengan latar belakang gua.

Apalagi saat sinar matahari masuk ke dalam gua, keindahan bisa ditemukan di sana. Jika ingin mengunjungi gua tersebut, Anda harus melalui jalur yang cukup menantang.

Nanti kamu akan ditarik ke bawah dengan tali. Namun Anda tidak perlu khawatir, semua perangkat yang digunakan sudah teruji keamanannya. Untuk melihat pesona tersebut, Anda sebagai pengunjung akan dikenakan biaya yang relatif mahal yakni Rp 450.000 per orang.

6. Memancing

Pantai Gunung Kidul telah lama dikenal sebagai lokasi ikan predator seperti ikan tenggiri, tenggiri, dan barakuda. Ada juga ikan karang seperti kerapu dan kakap merah. Oleh karena itu, hasil tangkapan para nelayan di sana tidak boleh dianggap remeh.

Pengunjung yang gemar memancing harus mencoba peruntungan di desa ini. Untuk menuju lokasi, Anda hanya perlu berjalan kaki sekitar 15 menit untuk sampai di kawasan bukit setinggi 20m. Untuk menyukseskan kegiatan memancing anda bisa menggunakan kail atau tali pancing yang kuat.

7. Kunjungi mercusuar

Lebih spesifiknya, di Bukit Karang, sebelah timur Pantai Baron, Anda bisa melihat menara berwarna putih setinggi 40 meter. Mercusuar Tanjung dibangun pada tahun 2014 dan berfungsi sebagai pemandu kapal serta dioperasikan oleh Direktur Jenderal Perhubungan Laut.

Nantinya Anda bisa naik ke mercusuar dengan biaya Rp 5.000. Terdapat 9 ruangan yang dihubungkan oleh tangga spiral yang cukup sempit dan curam. Untuk menghindari bahaya, disarankan melepas alas kaki karena kondisi di tangga cukup licin.

8. Makan kuliner

Aktivitas terakhir yang tidak boleh Anda lewatkan di Pantai Baron Gunung Kidul adalah menyantap kuliner. Seperti yang sudah dijelaskan, tempat ini sebenarnya merupakan destinasi wisata kuliner. Ada banyak menu lezat yang bisa Anda coba. Semua menu ditawarkan dengan harga yang cukup masuk akal.

Fasilitas yang tersedia di kawasan pantai

Shutterstock Fasilitas Pantai BaronFoto: Shutterstock/Azhar Rosyid Hidayat

Pantai Baron merupakan salah satu tempat wisata yang dikelola dengan sangat baik sehingga memiliki fasilitas yang memadai. Fasilitas telah diciptakan untuk menunjang aktivitas wisatawan yang berkunjung ke tempat ini.

Di sana Anda akan menemukan toilet yang bersih, musala bagi Anda yang ingin shalat, tempat parkir yang luas dan aman, taman bermain untuk anak kecil dan lain sebagainya.

Selain itu, di lokasi ini juga tersedia pilihan akomodasi bermalam bagi Anda yang ingin bermalam. Penginapan di sana menawarkan harga yang cukup terjangkau dengan fasilitas yang lengkap.

Mengunjungi Pantai Baron bersama keluarga tercinta menjelang liburan tentunya sangat direkomendasikan untuk Anda. Ada banyak keindahan untuk dilihat dan kegembiraan yang tidak boleh dilewatkan. Oleh karena itu, tidak ada lagi alasan untuk ragu pergi ke pantai yang ada di Kabupaten Gunung Kidul ini.

Source: www.pesisir.net

Related Articles

Back to top button