Tempat Wisata

Pantai Sembilan, pantai indah di Sumenep yang menawarkan keindahan bawah laut yang eksotis

Temukan pesona tersembunyi Pantai Sembilan di Sumenep, destinasi sempurna bagi Anda yang mendambakan keindahan bawah laut yang eksotis dan pemandangan pantai yang menakjubkan.

Harga tiket: Rp 15.000, Jam beroperasi: 24 jam, Alamat: J L. Raya Bringsang, Kec. Bringsang. Giligenteng, Kab.Sumenep, Jawa Timur; Map: Periksa lokasinya

Pada awalnya Pantai Sembilan yang mempesona belum diketahui banyak orang karena terbilang tersembunyi. Namun seiring meningkatnya popularitas, pantai ini selalu ramai tidak hanya di akhir pekan, tetapi juga di hari biasa.

Banyak orang yang menganggap keindahan alam dan bahari di pantai ini tak kalah menawan dengan pantai-pantai di Bali yang kerap disebut surganya para pelancong.

Selain itu, pantai ini lebih mudah dijangkau wisatawan asal Sumenep, Jawa Timur. Meski pantai ini sudah ada sejak April 1982, namun awalnya tidak dijadikan objek wisata.

Namun mengingat keindahan alam yang mempesona di tempat ini, masyarakat setempat akhirnya memutuskan untuk mengembangkannya menjadi tujuan wisata.

Objek wisata yang ditawarkan Pantai Sembilan

Daya Tarik Pantai SembilanFoto: Google Maps/林柑萍

Jika dilihat dari foto-fotonya saja yang tersebar di Internet, mungkin Anda sudah bisa menilai bahwa pantai di Madura ini memiliki banyak daya tarik yang tak kalah dengan wisata pantai lainnya, antara lain:

Pasir putih yang menakjubkan

Dilihat dari kejauhan, gambaran pasir putih di Pantai Sembilan di Sumenep mungkin tidak jauh berbeda dengan gambaran pasir putih di pantai Indonesia lainnya.

Hanya saja di sini pantai berpasir putihnya terlihat semakin indah jika bertemu dengan birunya air laut yang indah.

Air biru jernih

Bukan hanya pasir putihnya saja yang bisa dibanggakan karena sangat indah, birunya air di Pantai Sembilan masih begitu jernih sehingga pengunjung bisa melihat langsung keindahan bawah lautnya. Anda bisa melihat ikan-ikan dan terumbu karang di pinggir pantai tanpa harus berenang.

Kehidupan pesisir yang autentik

Meski pengunjung resor tepi laut ini tidak pernah kekurangan, pengunjung lokal tetap melakukan aktivitas sehari-hari dengan menangkap cukup banyak ikan. Nantinya, wisatawan bisa merasakan sendiri kehidupan asli pesisir di dalamnya.

Alamat dan rute menuju pantai

Alamat Pantai SembilanFoto: Google Maps/Yonzi Ya

Kebanyakan wisatawan dalam dan luar negeri yang ingin datang kesini lebih memilih menggunakan kendaraan atau angkutan umum dibandingkan kendaraan pribadi.

Kenapa ini? Pasalnya, Anda harus melintasi pulau terlebih dahulu untuk mencapai tempat tersebut.

Calon pengunjung yang memulai perjalanannya di Surabaya dapat mengambil jalur melalui Jembatan Suramadu kemudian melanjutkan perjalanan menuju Tangkel Bangkalan. Sesampainya di area tersebut, lanjutkan perjalanan menuju Sampang.

Selanjutnya ikuti rambu jalan di setiap jalur dari Sumber Beceng hingga Bluto dan beli tiket kapal di Pelabuhan Pagar Batu. Pasalnya, objek wisata pantai menakjubkan ini terletak di ujung Pulau Madura, lebih tepatnya di Gili Genting, Sumenep, Jawa Barat.

Biaya masuk wisata bahari

Tempat wisata dengan tiket masuk yang mahal cenderung kurang diminati oleh sebagian masyarakat, sehingga Pengelola Wisata Pantai Sembilan tidak mematok harga masuk yang terlalu mahal. Untuk menikmati pemandangan di sini Anda hanya perlu membayar Rp 15.000.

Anda mungkin mengira pemandangan di dalamnya tidak seindah objek wisata pantai lainnya karena biaya masuknya yang murah. Namun pernyataan tersebut sepenuhnya salah, karena hingga saat ini pun masih banyak wisatawan yang menganggap pemandangan di sini sangat indah.

Jika Anda bepergian dengan angkutan umum, Anda tidak perlu membayar biaya parkir. Namun berbeda dengan pengunjung yang datang dengan kendaraan pribadi, baik berupa sepeda motor maupun mobil.

Aktivitas yang menyenangkan

Aktivitas di Pantai SembilanFoto: Google Maps/Wayu Hari

Saat Anda mengunjungi pantai, Anda mungkin membayangkan bermain air dan pasir. Namun sebenarnya masih ada aktivitas menarik dan menyenangkan lainnya yang bisa dilakukan di pantai indah ini, yaitu:

Snorkeling

Air laut di Pantai Sembilan Sumenep kami sampaikan masih sangat jernih sehingga memudahkan masyarakat untuk melihat keindahan bawah laut.

Namun, untuk lebih menikmati pemandangan, Anda bisa melakukannya Snorkeling yang lebih menuntut.

Bermain ayunan di Pantai Sembilan

Hal yang menarik dari wisata pantai yang luar biasa ini adalah terdapat juga mainan-mainan seru yang dapat digunakan oleh setiap pengunjung. Salah satu mainan yang bisa Anda gunakan saat berkunjung ke Pantai Sembilan adalah ayunan. Di sini Anda bisa bermain ayunan dan menikmati keindahan alam.

Wisata kuliner

Makanan Madura dan Jawa Timur terkenal dengan keunikan dan kelezatannya. Rasanya ada yang kurang jika datang ke sini tanpa mencoba kuliner tersebut.

Pasalnya di Pantai Sembilan banyak terdapat warung makan khas Jawa Timur yang berjejer rapi sehingga bisa langsung Anda cicipi.

Cobalah wahana olahraga air

Waktu liburan yang dihabiskan di sini akan semakin menyenangkan jika memanfaatkan kehadirannya olahraga Air Apa yang ada di dalamnya.

Sebuah angka olahraga Air Yang bisa dilakukan di sini adalah perahu pisang, Perahu donatdan masih banyak lagi.

Fasilitas yang tersedia di kawasan pantai

Fasilitas di Pantai SembilanFoto: Google Maps/Iriatul Dewi Rosdiana

Dilihat dari ragam aktivitasnya, pasti terlihat bahwa objek wisata alam ini didukung dengan fasilitas umum yang lengkap. Karena tanpa adanya kemungkinan tersebut maka kegiatan-kegiatan tersebut di atas tidak dapat terlaksana.

Sarana wisata yang ada di pantai indah ini sendiri antara lain adalah toilet, warung makan dan minum, musala, serta tempat penyewaan peralatan Snorkelingkendaraan olahraga Air, tempat parkir dan fasilitas lainnya. Jadi Anda tidak perlu khawatir keinginan liburan Anda tidak akan terkabul dengan baik.

Pantai Sembilan yang mempesona bisa dijadikan destinasi wisata yang cocok dikunjungi bersama keluarga atau teman. Karena wahana di sini bisa dimainkan oleh orang dewasa maupun anak-anak.

Source: www.pesisir.net

Related Articles

Back to top button