Tempat Wisata

Air Terjun Capolaga: Rasakan keindahan tiga air terjun sekaligus di Subang

Rasakan pengalaman unik di Curug Capolaga Subang di mana Anda bisa menyaksikan keindahan tiga air terjun yang mempesona dalam satu kawasan destinasi.

Harga tiket: Rp 15.000, Jam beroperasi: 08.00-17.00 WIB, Alamat: J L. Raya jangkrik, jangkrik, kecamatan. Sagalaherang, Cab.Subang, Jawa Barat; Map: Periksa lokasinya

Air Terjun Capolaga merupakan salah satu hal menarik yang ada di Taman Wisata Alam Capolaga di Subang, Jawa Barat. Anda bisa mampir ke sini untuk melihat jernihnya aliran air terjun yang menghilangkan penat.

Selain air terjun, Taman Wisata Alam Capolaga juga menawarkan banyak hal menarik lainnya. Jadi di sini kamu bisa melakukan berbagai aktivitas seru yang cocok untuk dikunjungi bersama keluarga atau teman. Kegembiraan apa yang menanti Anda? Mari lihat.

Objek wisata yang ditawarkan Air Terjun Capolaga

Objek wisata air terjun CapolagaFoto: Google Maps/Vicky Perwira

1. Keindahan ketiga air terjun

Air terjun yang ada di Taman Wisata Alam Capolaga tidak hanya ada satu. Tanpa tanggung-tanggung, pengunjung bisa menikmati keindahan tiga air terjun sekaligus dalam satu tempat.

Ketiga air terjun tersebut memiliki karakter dan ketinggian yang berbeda-beda sehingga masing-masing menarik untuk disaksikan. Meski biasa dikenal dengan nama Curug Capolaga, masing-masing air terjun sebenarnya memiliki nama tersendiri.

Yakni Air Terjun Sawer, Air Terjun Karembong, dan Air Terjun Goa Badag. Air terjun ini memiliki aliran air yang cukup deras namun masih sangat alami sehingga menjadi daya tarik tersendiri.

2. Air Terjun Sawer dengan kolam alami

Jika ingin lebih leluasa bermain air dan berenang, Anda bisa mampir ke Curug Sawer. Air terjun ini mengalir dari ketinggian 5 meter ke dalam kolam alami yang terbentuk di bawahnya. Kolam ini berukuran cukup besar dan memberikan kesempatan kepada wisatawan untuk berenang dengan leluasa.

Sawer sendiri dalam bahasa Sunda berarti “menabur bunga”, karena aliran air terjun di sini menyerupai menabur bunga. Dari kejauhan terlihat sangat indah, apalagi saat aliran airnya besar. Benar-benar seperti hujan bunga yang indah.

3. Air terjun Karembon dengan terapi air

Karembong berarti “selendang” dan dinamakan demikian karena bentuk air terjunnya yang menyerupai selendang yang berkibar. Bentuknya yang unik kerap menggugah rasa penasaran banyak orang untuk melihatnya secara langsung.

Namun bukan hanya itu saja yang menjadikan Wisata Air Terjun Capolaga Karembong memiliki keistimewaan yang menjadikannya populer di kalangan wisatawan. Menurut kepercayaan masyarakat setempat, air terjun ini bisa digunakan sebagai terapi air. Karena ketika Anda berdiri tepat di bawah air terjun, Anda merasakan kuatnya arus di tubuh Anda.

4. Air Terjun Gua Badag

Meski sering disebut Curug Goa Badak, namun nama air terjun ini tidak ada hubungannya dengan badak. Namun dari kata badag yang artinya besar. Maksudnya adalah sebuah gua besar yang letaknya tidak jauh dari air terjun.

Jadi Anda tidak hanya bisa menikmati air terjun yang jatuh dari ketinggian 8 meter dan berenang di kolam alami di bawahnya, tetapi Anda juga bisa menjelajahi guanya. Hanya dengan berjalan kaki sebentar dari air terjun Anda akan sampai di gua tersebut.

Alamat dan rute menuju air terjun

Alamat Air Terjun CapolagaFoto: Google Maps/Ryan Smeltz

Wisata Air Terjun Capolaga terletak di Desa Panaruban, Desa Cicadas, Kecamatan Sagalaherang, Subang, Jawa Barat. Lokasi ini berjarak sekitar 27 kilometer dari pusat Kota Subang. Perkiraan waktu tempuh menuju air terjun kurang lebih satu jam.

Tidak sulit untuk menemukan tempat tersebut karena Anda dapat menemukan banyak rambu jalan. Selain itu, akses jalan juga telah dikembangkan dengan cermat sehingga dapat digunakan oleh berbagai jenis kendaraan.

Biaya masuk wisata alam

Harga tiket masuk Taman Wisata Alam Capolaga berbeda untuk anak-anak dan orang dewasa. HTM mengenakan biaya Rp untuk dewasa. 15.000 per orang pada hari biasa dan Rp 18.000 pada hari libur. Sedangkan anak-anak dikenakan HTM Rp 8.000-Rp. 10.000.

Harga tersebut hanya untuk tiket masuk saja dan belum termasuk biaya parkir atau berkemah. Biaya parkir sebesar Rp. 5.000 untuk sepeda motor dan Rp 10.000 untuk mobil. Jika Anda ingin menginap di dekat Air Terjun Capolaga di Subang, Anda harus membayar Rp. 25.000 Rp. 40.000.

Aktivitas yang menyenangkan

Kegiatan di Air Terjun CapolagaFoto: Google Maps/Ade Gianto

1. Kunjungi tiga air terjun

Curug Capolaga Subang menawarkan tidak hanya satu air terjun indah, melainkan tiga air terjun yang bisa Anda nikmati di sini. Daripada bingung mau mampir ke air terjun mana, kenapa tidak mengunjungi ketiganya sekaligus? Selain itu, masing-masing memiliki daya tarik tersendiri.

Jarak antar air terjun tidak terlalu jauh, sehingga Anda tidak akan kehabisan tenaga saat trekking. Selain itu, air terjun eksotis ini hanya berjarak sekitar 10 menit dari tempat parkir. Air Terjun Sawer, Air Terjun Karembong, dan Air Terjun Goa Badag merupakan tempat ideal untuk menyegarkan diri.

Airnya deras dan kolam alami mengundang Anda untuk berenang. Pancaran airnya juga jernih sehingga terasa lebih segar saat bersentuhan dengan kulit. Belum lagi panorama alam sekitar yang hijau sejauh mata memandang menambah kesegarannya.

2. Camping di sebelah air terjun Capolaga

Di kawasan sekitar air terjun Capolaga terdapat kawasan yang agak datar sehingga sangat cocok untuk dijadikan tempat perkemahan. Ada sekitar 4 tempat perkemahan, semuanya dekat dengan air terjun. Tempat penyimpanannya juga cukup luas, sehingga Anda tidak perlu khawatir jika datang bersama rombongan.

Pengunjung dapat menikmati masa menginap sambil menikmati indahnya pemandangan air terjun. Jadi ketika Anda membuka mata di pagi hari, Anda sudah bisa melihat kesegaran air terjunnya. Keunggulan lainnya adalah wisatawan tidak perlu membawa tenda sendiri karena di lokasi sudah tersedia layanan penyewaan tenda.

Bahkan ada paket camping di Air Terjun Capolaga yang sudah termasuk tiket masuk, tenda, sleeping bag, selimut, bantal, listrik, makan malam dan sarapan pagi. Sepenuhnya, bukan? Jadi yang perlu Anda lakukan hanyalah mempersiapkan diri dan barang-barang pribadi Anda.

3. Berenang di kolam renang

Ingin berenang di kolam namun juga melihat keindahan air terjun di satu tempat? Ada beberapa villa di Curug Capolaga Subang yang memiliki kolam renang. Jadi jika Anda ingin berenang di kolam lalu menikmati keindahan air terjun pasti bisa.

Rata-rata vila-vila ini berkapasitas 10 orang, cocok bagi Anda yang datang ke sini bersama rombongan. Vila tentu saja memiliki dapur. Anda bahkan bisa request paket BBQ agar bisa beraktivitas seru bersama di dalam vila.

4. Keluar

Kunjungan Anda ke Air Terjun Capolaga akan semakin seru jika mencoba beberapa perjalanan pulang pergi yang ditawarkan di sini. Tentu yang paling populer adalah Flying Fox, dimana Anda bisa meluncur di atas tali sambil mengamati panorama alam yang begitu memanjakan mata di sekitar Anda.

Jika Anda datang bersama rombongan dan mengikuti paket wisata, pihak pengelola juga menyiapkan berbagai permainan kelompok yang seru di sekitar air terjun.

Fasilitas yang tersedia di kawasan pantai

Fasilitas Air Terjun CapolagaFoto: Google Maps/Andina Juniar

Tawaran wisata sudah lengkap dan memadai. Mulai dari tempat parkir, toilet di beberapa sudut tak jauh dari kawasan wisata Air Terjun Capolaga, bumi perkemahan, musala, listrik dan berbagai permainan outbond.

Jika Anda membawa banyak barang dan kesulitan membawanya, kami juga menawarkan jasa porter yang dengan senang hati akan membantu Anda. Warung makanan dan minuman tersedia lengkap, bisa dibeli kapan saja.

Anda bahkan bisa memesan paket barbeque atau semur agar bisa menikmati santapan perayaan di malam hari sambil berkemah atau bermalam di vila.

Taman Wisata Alam Capolaga menawarkan keindahan tiga air terjun dalam satu kawasan dan banyak diminati wisatawan. Apalagi paket wisata yang ditawarkan cukup lengkap dan harganya masih bisa dibilang terjangkau. Apakah Anda mempunyai rencana untuk mengunjungi Air Terjun Capolaga?

Source: www.pesisir.net

Related Articles

Back to top button