Tempat Wisata

Air Terjun Randusari, air terjun eksotik yang dikelilingi pohon randu di Bantul

harga tiket: Bebas, Waktu aktif: 06.00-17.30 WIB, Alamat: J L. Randusari No. Rt 03, Rejosari, Jatimulyo, Kec. Dlingo, Cab.Bantul, DI Yogyakarta; Bahan pengikat: pemeriksaan situs

Untuk menikmati waktu liburan, ada banyak tempat yang bisa Anda gunakan seperti: B. air terjun Randusari. Tentunya setiap tempat memiliki daya tarik tersendiri. Apalagi jika berbicara tentang keindahan alam Indonesia, ada banyak pilihan yang bisa dikunjungi.

Anda juga bisa datang ke berbagai tempat untuk mengisi waktu luang Anda. Berwisata dengan tujuan menenangkan pikiran memang tepat jika memilih Jogja sebagai lokasinya. Di tempat ini terdapat berbagai keindahan alam yang diinginkan masyarakat. Jadi bukan hanya makanan atau kerajinannya saja yang menarik.

Dibandingkan menghabiskan banyak uang di luar negeri, Anda masih bisa menikmati wisata lokal. Bantul memang salah satu kabupaten yang menawarkan banyak panorama indah bagi kotamadya. Itu sudah menjadi rahasia umum. Oleh karena itu, orang-orang akan mengutamakan Jogja jika berbicara tentang wisata alam.

Daya tarik air terjun Randusari

Daya Tarik Air Terjun RandusariKredit foto: Instagram Ratno Jogja

Sebelum memulai wisata seru, Anda perlu mengetahui alasan memilih tempat wisata yang tepat. Hal ini dilakukan agar Anda tidak kecewa setelah sampai di lokasi. Berikut informasi mengenai daya tarik yang sebenarnya dimiliki oleh air terjun tersebut:

1. Banyak pohon Randu

Daya tarik pertama yang dimiliki Air Terjun Randusari adalah banyaknya pohon Randu. Pohon ini juga dikenal dengan nama lain yaitu pohon randu. Posisinya sangat dekat dengan air terjun. Karena itu, banyak orang menyebut air terjun ini Randu. Kemudian Sari dihadirkan dari kata Utama.

Jadi, arti dari nama tempat ini adalah sumber air bersih yang utama. Dahulu tempat ini banyak digunakan sebagai sumber air. Oleh karena itu, wajar untuk mendapatkan nama utama.

2. Pemandangan yang bagus

Daya tarik lain yang membuat Air Terjun Randusari adalah pemandangan alamnya yang indah. Bagi Anda yang memang datang dengan tujuan untuk mendapatkan pemandangan yang tenang, tempat ini juga akan melebihi ekspektasi Anda.

Pemandangan yang ditawarkan tak hanya air terjun yang menarik. Anda juga akan mendapatkan pemandangan alam luar biasa lainnya. Salah satunya kesan alami berupa hutan hijau yang mengelilingi air terjun. Tenang saja, hutannya juga bersih karena ada pengelola wisata.

3. Air Terjun Tinggi

Air Terjun Randusari bisa disebut air terjun yang cukup tinggi. Bagi Anda yang menyukai air terjun dengan posisi tinggi, opsi ini sangat cocok digunakan. Ketinggian air terjun ini mencapai 15 meter. Kedalamannya 2 meter. Oleh karena itu berhati-hatilah saat membawa anak-anak ke tempat ini.

Meski begitu, kedalaman 1 hingga 2 meter masih aman untuk berenang dan bermain air. Jika Anda tidak ingin bermain air, Anda bisa mengambil foto saja. Prospek yang ditawarkan juga bagus dari berbagai sisi.

4. Air Terjun Kembar

Anda juga harus tahu tempat-tempat lain yang membuat tempat ini terkenal. Ini karena air terjun kembar. Air terjun ini disebut Gemini karena memiliki dua sumber. Namanya Ngreboh dan biasa digunakan untuk keperluan irigasi. Keunikan tempat ini terletak pada airnya yang tidak pernah kering.

Alamat dan rute menuju lokasi

Alamat Air Terjun RandusariKredit foto: Instagram Galero Travelers

Tentunya banyak orang yang bingung mengenai jalur mana yang bisa digunakan dan lokasi mana yang cocok. Anda tidak perlu khawatir karena tempat wisata yang satu inipun mudah ditemukan. Anda bisa langsung ke Gmaps untuk mendapatkan lokasi untuk deskripsi rute.

Air Terjun Randusari ini terletak di Desa Jatimulyo, Kecamatan Dlingo, Kabupaten Bantul, Yogyakarta. Posisinya berada di dalam dusun Rejosari. Anda juga dapat melacak koordinat GPS langsung. Ada juga rencana perjalanan yang berbeda. Anda dapat memilih rute mana yang ingin Anda gunakan.

Lebih mudah jika memulai dari kota Yogyakarta dan masuk istilah Giwangan. Anda bisa mengambil arah lain menuju Jalan Imogiri Timur. Sesampainya di Pasar Imogiri, langsung belok ke arah Hutan Pinus Mangunan. Setelah melintasi hutan, ambil jalur lain dengan rute Puncak Becici dan ikuti penunjuk jalan.

Biaya masuk wisata alam

Bagi Anda yang berencana membawa banyak anggota keluarga ke Air Terjun Randusari, salah satu hal yang paling penting untuk diketahui adalah biaya masuknya. Menemukan tempat yang tepat dengan harga yang bagus itu penting. Air terjun ini mungkin jawabannya.

Karena ini adalah wisata alam, Anda tidak perlu mengeluarkan banyak uang. Anda hanya perlu membayar biaya sebesar 2.000 rupiah untuk setiap tiketnya. Setelah itu, Anda bisa langsung menikmati pemandangan di dalamnya. Uang tiket ini hanya dikumpulkan untuk tujuan pemeliharaan situs.

Tentunya wisata alam ini juga ada jam bukanya. Anda dapat mengunjungi di waktu luang Anda dari jam 6 pagi sampai jam 5:30 sore. Sebaiknya datang saat cuaca masih cerah. Jadi ada banyak kegiatan yang bisa dilakukan disini.

Aktivitas seru yang bisa dilakukan di Air Terjun Randusari

Aktivitas seru di Air Terjun RandusariKredit foto: Google Maps FT17B_ Asep Pujangga

Sebelum Anda memutuskan untuk pergi ke suatu tempat, Anda juga perlu mencari tahu tentang kegiatan yang menarik. Ada berbagai macam kegiatan menyenangkan untuk dilakukan juga. Ketika Anda tiba di air terjun Anda dapat melakukan kegiatan berikut:

1. Nikmati alam

Aktivitas pertama yang bisa Anda lakukan adalah duduk santai dan menikmati alam. Dari air terjun Randusari Anda akan mendapatkan panorama yang luar biasa. Anda tidak hanya bisa menikmati keindahan pohon Randu yang besar, tetapi juga melihat pancuran air yang jernih.

Tak hanya itu, tempat ini juga bisa Anda gunakan sebagai tempat refleksi. Banyak yang merasa nyaman merenung di tempat ini dengan semilir angin sepoi-sepoi. Air terjun eksotis ini cenderung menawarkan ketenangan Menyembuhkan.

2. Berenang

Aktivitas lain yang bisa Anda lakukan adalah berenang. Anda dapat menikmati waktu Anda berenang. Jangan memilih air yang terlalu dalam karena takut bahaya. Anda bisa menggunakan sisi yang lebih aman untuk berenang.

Apalagi saat hujan air yang turun jauh lebih deras. Jika Anda membawa anak-anak, Anda juga bisa bermain sekaligus. Namun, Anda harus berhati-hati karena bebatuannya cukup licin. Jadi, Anda harus mengawasi anak-anak.

Fasilitas yang tersedia di area air terjun

Fasilitas air terjun RandusariKredit foto: Instagram Ananta ‘Anta’ Dwihasto

Ada berbagai macam fasilitas yang layak untuk Anda menikmati waktu bermain di air terjun. Tersedia tempat parkir yang luas dan juga gazebo untuk bersantai.

Anda juga dipersilakan untuk menggunakan toilet umum yang bersih dan tempat sampah. Ada berbagai pilihan warung makan yang bisa Anda kunjungi juga.

kamu bisa Air Terjun Randusari sebagai cara untuk bersantai. Jangan mendapat masalah karena tidak mencari informasi yang jelas terlebih dahulu. Bagi anda yang membutuhkannya menyembuhkan dan mencari inspirasi baru, air terjun ini adalah pilihan yang memuaskan.

Source: www.pesisir.net

Related Articles

Back to top button