Tempat Wisata

Bukit Nanggi Sembalun: harga tiket, foto, lokasi, fasilitas dan spot

Bukit Nanggi Sembalun merupakan salah satu wisata bukit atau puncak di Lombok. Tentunya bagi wisatawan yang sangat suka menjelajah alam, Lombok menjadi salah satu tempat yang wajib dikunjungi di Indonesia. Semua tempat di Lombok layak untuk dikunjungi, salah satunya adalah Bukit Nanggi Sembalun. Bukit ini memiliki pemandangan yang sangat indah dan banyak dikunjungi wisatawan. Pemandu wisata sangat bersemangat mempromosikan tempat wisata ini.

Bukit Nanggi Sembalun

NTB memang dikenal sebagai daerah yang sarat dengan destinasi wisata alam yang memukau. Bisa dikatakan NTB adalah surga dunia. Bukit Nanggi Sembalun sendiri tidak hanya menawarkan panorama alam untuk dinikmati dari atas, namun setiap sudut yang Anda ambil di kawasan perbukitan ini layak untuk dilihat dan difoto. Dari bawah terlihat bukit ini berdiri kokoh, sesampainya di puncak terlihat daratan luas sejauh mata memandang. Karena itu, bukit ini juga menjadi tempat pendakian terbaik di Lombok.

Daya Tarik Bukit Nanggi Sembalun :

1. Surga bagi pecinta alam

Ada pemandangan yang sangat alami. Cocok bagi anda yang suka camping atau hiking karena suasana alam sangat terasa di bukit ini. Sembalun sendiri merupakan kawasan dengan beberapa desa. Setiap desa berada pada ketinggian yang berbeda dan dijuluki “Surga di lereng Gunung Rinjani”. Terdapat banyak tebing dan perbukitan di kawasan ini yang menjadi daya tarik tersendiri bagi pecinta alam. Ketinggiannya sendiri diukur pada 2.300 mdpl, mirip dengan Tambora.

2. Salah satu tempat hiking terbaik di Lombok

Ada banyak wisatawan yang ingin mendaki puncak bukit ini. Bisa dibilang pendakiannya tidak mudah dan penuh tantangan yang menyenangkan. Waktu berkendara ke puncak bukit sekitar 4 jam, bahkan dengan pemandu. Jika Anda seorang pemanjat tebing pemula atau baru memulai hobi mendaki ini, bisa memakan waktu lebih dari 6 jam untuk mencapai puncak. Mendaki dalam waktu yang cukup lama memberikan perasaan menyenangkan tersendiri bagi para pendaki. Ada banyak medan dan sudut pandang untuk dilihat di sepanjang pendakian. Dari hutan bambu dengan pepohonan yang lebat hingga ke puncak dengan pemandangan yang indah. Jangan khawatir dengan teriknya matahari, karena di sepanjang jalur pendakian sering dijumpai pepohonan rindang.

3. Banyak poin bahagia

Biasanya di mountain trekking atau wisata alam lainnya tidak banyak tempat singgah dan istirahat karena aman dan nyaman selama perjalanan. Rest area ini berada di kawasan Bukit Nanggi Sembalun dan semuanya sangat nyaman untuk ditinggali. Hal ini sebenarnya bukan hal yang baru dalam wisata pendakian, mengingat perjalanan menuju puncak yang panjang tentu membutuhkan tempat dan waktu untuk istirahat sejenak. Pada titik tertentu, pemandangan menakjubkan menanti Anda.

4. Pengalaman fajar dan matahari terbit yang menakjubkan

Salah satu hal terpenting begitu sampai di puncak adalah pemandangan matahari terbit dan terbit yang memanjakan mata. Tentunya kondisi ini juga bisa Anda jadikan sebagai objek foto Anda. Anda dapat menikmati matahari terbit di pagi hari dan saat matahari terbenam Anda memiliki pemandangan alun-alun matahari yang indah. Semua itu bisa Anda capai dengan mengunjungi bukit ini.

5. Perkemahan yang bagus

Setelah berjam-jam mendaki, langsung turun dan pulang benar-benar kekalahan. Karena lokasinya yang strategis, banyak orang yang menggunakan lokasi di sana sebagai tempat perkemahan. Di area puncak terdapat beberapa area datar yang cocok untuk mendirikan tenda. Karena tidak ada pohon di mana pun, cuaca menjadi sangat dingin pada malam hari dan siang hari karena angin yang bertiup. Oleh karena itu, persiapkan perlengkapan yang diperlukan untuk berkemah dan jangan lupa pergi ke sana jika cuacanya bagus.

Fasilitas Bukit Nanggi Sembalun:

Sayangnya, fasilitas di kawasan ini sangat buruk. Yang ada hanya Bukit Nanggi Sembalun itu sendiri, juga fasilitas di tempat yang biasanya ada di wisata gunung tidak tersedia. Pada umumnya wisatawan hanya datang untuk menikmati pemandangan, mendaki, dan berkemah. Namun fasilitas pelayanan yang ada adalah pemandu bagi para pendaki. Sebaliknya, jika Anda mencari akomodasi atau hotel, sebaiknya cari di jalan utama. Kawasan ini juga dekat dengan beberapa desa. Anda bisa pergi ke desa untuk mendapatkan fasilitas yang diperlukan.

Biaya masuk ke Bukit Nanggi Sembalun

  • Biaya masuk: Rp 10.000/orang
  • Biaya parkir motor: Rp 10.000
  • Biaya Parkir: Rp 20.000
  • Biaya sewa guide: Rp 150.000/hari
  • Biaya Ekspedisi: Rp 125.000

(Diperbarui Mei 2023)

Jam buka Bukit Nanggi Sembalun:

Lokasi dan Rute Bukit Nanggi Sembalun:

Letaknya berada di wilayah administrasi Desa Sembalun Bumbung, Selong, Lombok Timur. Jika Anda datang dari kota Mataram, akan memakan waktu sekitar 1-2 jam perjalanan. Anda juga bisa menggunakan sepeda motor kemudian langsung mengincar lokasi Sembalun Bumbung. Dari sana, persiapkan kaki Anda untuk mendaki.

Bukit Nanggi Sembalun merupakan surganya para pecinta camping dan pemanjat tebing. Waktu pendakian yang cukup lama dengan pemandangan yang indah memberikan kesan tersendiri bagi para wisatawan. Saat Anda mencapai puncak, Anda akan merasakan surga Lombok.

Peta lokasi Bukit Nanggi Sembalun

Tips mengunjungi Bukit Nanggi Sembalun

Jadikan liburan Anda dan keluarga semakin menyenangkan dan berkualitas di Bukit Nanggi Sembalun. Berikut beberapa tips dari kami yang bisa Anda gunakan sebagai referensi liburan Anda:

  • Waktu terbaik untuk mengunjungi Gunung Nanggi Sembalun adalah liburan panjang.
  • Datanglah ke Bukit Nanggi Sembalun bersama orang tersayang dan dapatkan pengalaman liburan yang tak terlupakan.
  • Bawa kamera dan cari foto terbaik dengan kamera terbaik.
  • Usahakan agar tubuh tetap prima saat berlibur di Bukit Nanggi Sembalun.

Galeri Foto Bukit Nanggi Sembalun

Bukit Nanggi SembalunBukit Nanggi Sembalun Sumber : https://www.instagram.com/chol…Bukit Nanggi SembalunBukit Nanggi Sembalun Sumber: instagram.com/zainmuhdar/Potret menurun di pagi hariberkemahtempat fotoSunset di Bukit Nanggi Sembalun

Source: www.tempatwisata.pro

Related Articles

Back to top button