Tempat Wisata

Cup Island: harga tiket, foto, lokasi, fasilitas dan spot

Selain Kepulauan Seribu, Pulau Piala merupakan pulau eksotik lainnya di kawasan Jabodetabek. Pulau yang satu ini merupakan pulau kecil dengan keindahan wisata bahari yang mempesona. Tempat ini tidak hanya menawarkan pantai yang indah tetapi juga wisata religi. Hal ini dikarenakan makam Pangeran Jaga Lautan banyak dikunjungi wisatawan.

Pulau yang menempati area seluas 2,5 hektar ini menjadi salah satu tujuan wisata yang seru. Fasilitas yang cukup lengkap menjadikannya sebagai lokasi liburan yang ideal.

Lokasi Pulau Piala

Pulau PialaPiala Islandia Sumber: instagram.com/pipitpitriyadi

Lokasi pulau ini berada di Desa Kronjo, Kecamatan Kronjo, Kabupaten Tangerang. Jaraknya sendiri 25 kilometer dari kota Tangerang. Itu berarti hanya membutuhkan waktu 1,5 jam untuk mencapai pulau ini.

Fasilitas di Pulau Piala

Fasilitas di Pulau PialaPiala Islandia Sumber: instagram.com/yollafebriyani1

1. Tempat parkir yang luas

Diperlukan tempat parkir yang luas untuk setiap tempat wisata. Pulau ini tidak terkecuali dan menawarkan tempat parkir yang luas. Karena kebanyakan pengunjung membawa kendaraan pribadi. Terutama bagi mereka yang datang dari kota lain. Banyaknya pemandangan yang ada di tempat ini membuat banyak orang penasaran dengan tempat ini.

2. Toilet umum

Ada beberapa toilet umum di pulau ini yang layak digunakan. Keberadaan toilet dan kebersihan sangat diperlukan di setiap tempat. Tidak terkecuali kawasan pulau dalam hal mengakomodir kebutuhan MCK para pengunjungnya.

3. Paviliun

Paviliun yang mudah ditemukan menawarkan kenyamanan bagi pengunjung sebuah pulau. Nah, itulah yang bisa Anda temukan di Pulau Cup. Anda bisa beristirahat sambil menikmati jajanan yang dibeli atau dibawa dari rumah.

4. Masjid

Fasilitas selanjutnya yang tidak kalah pentingnya adalah mushola yang bersih. Hal ini memungkinkan pengunjung, khususnya umat Islam, untuk berdoa dengan mudah dan tenang.

5. Kantin

Beberapa pengunjung tidak selalu memiliki waktu untuk menyiapkan bekal makanan sendiri. Oleh karena itu, Anda bisa makan di warung makan yang tersedia di tempat ini. Warung makan atau kantin kini lebih mudah ditemukan di pulau ini.

Spot foto menarik di Cup Island

Spot foto menarik di Cup IslandCup Island Sumber: instagram.com/krifpic

1. Makam Syekh Waliyuddin

Pulau ini sebenarnya bisa menjadi tempat wisata religi bagi pemeluk Islam. Terutama bagi mereka yang tinggal di Pulau Cup dan sekitarnya. Ini karena makam Syekh Waliyuddin, putra pertama Sultan Hasanuddin.

Selain itu, beliau juga merupakan cucu Sunan Gunung Jati dari Cirebon. Keberadaan makam tersebut sudah dianggap keramat oleh penduduk setempat.

2. Hutan bakau

Sayang sekali kalau melewatkan spot foto yang satu itu. Hutan bakau di dalamnya tumbuh cukup rindang. Anda akan terkagum-kagum dengan keindahan hutan bakau saat datang ke pulau ini. Tak heran jika pemandangan pohon bakau membuat pemandangan semakin eksotis.

3. Pemandangan air laut yang jernih

Keindahan lain dari pulau ini tentu saja air lautnya yang jernih. Wisatawan juga bisa berenang dengan nyaman. Pelampung bisa disewa di sekitar pantai. “Keberadaan persewaan pelampung ini tentunya sangat bermanfaat bagi mereka yang tidak bisa berenang.

4. Mal

Daya tarik lain dari pulau ini adalah pusat perbelanjaan. Anda dapat membeli berbagai produk termasuk ikan segar. Pengunjung bisa menemukannya di berbagai toko yang buka di sana. Jika Anda merasa lapar di perjalanan, Anda bisa membeli makanan ringan terlebih dahulu. Selain itu, pengunjung juga bisa membeli berbagai oleh-oleh di sana.

Biaya masuk ke Pulau Piala

  1. Biaya masuk: Rp 10.000

(Diperbarui April 2023)

Jam buka Pulau Piala

Pulau eksotik ini bisa leluasa dikunjungi wisatawan. Hal ini dikarenakan jam operasionalnya yang buka 24 jam sehari.

Peta Pulau Piala

Akomodasi di dekat Pulau Piala

Sebagai salah satu destinasi wisata terpopuler di Tangerang, mencari akomodasi juga mudah. Berbagai pilihan hotel atau penginapan tersebut adalah Starlet Hotel Serpong, De Green In dan Amars Hotel Citra Raya.

Jadwal perjalanan ke Pulau Piala

Tentunya bagi warga Tangerang tidak ada kesulitan untuk mengunjungi tempat ini. Sementara warga dari luar kota mungkin kebingungan. Tak perlu khawatir, Anda bisa dengan mudah menemukan rute menu tempat ini di google map.

Jika menggunakan mobil atau motor, tempat wisata ini mudah ditemukan. Situasinya berbeda ketika menggunakan transportasi umum. Pastikan angkutan umum yang Anda pilih menuju terminal kota Tangerang, Banten minimal. Jika sudah, lanjutkan perjalanan via ojek online agar bisa langsung menuju pulau tersebut.

Tips berlibur ke Pulau Piala

Tips berlibur ke Pulau PialaPiala Islandia Sumber: instagram.com/__yulianto__

Kami menyarankan Anda untuk terlebih dahulu memastikan bahwa cuaca di tempat wisata ini bagus. Dengan begitu, perencanaan liburan tidak terhalang oleh hal-hal yang tidak diinginkan. Pastikan juga untuk mempersiapkan berbagai kebutuhan yang ada.

Misalnya dengan menyediakan makanan, air minum, baju ganti saat berenang, dll. Selain itu, siapkan kamera Anda sebaik mungkin untuk mengabadikan momen liburan ini. Jika Anda belum pernah berlibur ke suatu pulau sebelumnya, penting untuk memperhatikan semua perlengkapan yang perlu Anda bawa.

Ini termasuk sabun, obat-obatan, tisu basah, pembersih tangan, sabun antiseptik dan sebagainya. Walaupun mungkin setiap orang memiliki kebutuhan barang pribadi yang berbeda. Selain itu, pastikan Anda mempersiapkan kendaraan dan dalam kondisi fisik yang prima. Hal ini akan membuat momen liburan menjadi lebih seru dan menyenangkan.

Apakah Anda tertarik mengunjungi pulau ini? Dengan akses yang mudah dan harga tiket yang murah, pengunjung dapat menikmati wisata pulau yang menawarkan banyak kemudahan.

Gambar dan foto Pulau Piala di Tangerang

Pulau Piala di Tangerang, BantenKeajaiban Cup Island dengan Rocky BeachPantai Cup Island saat air pasangMemancing di Pulau Pialapesona pantaiTempat foto terbaikMatahari terbenam di Pulau Piala

Source: www.tempatwisata.pro

Related Articles

Back to top button