Tempat Wisata

Curug Hordeng, pesona air terjun eksotis dengan panorama yang mempesona di Bogor

harga tiket: Rp35.000 Waktu aktif: 07.00 – 15.00 WIB, Alamat: JL Gunungwangun, Cibadak, Kec. Sukamuka, Kab.Bogor, Jawa Barat; map: pemeriksaan situs

Saat Anda berkunjung ke Bogor, jangan lupa menyempatkan diri untuk mengunjungi Curug Hordeng. Keindahan alam air terjun ini tidak akan mengecewakan. Air terjun ini masih berada di kawasan Sentul, jadi jangan heran jika Anda menjumpai banyak pepohonan rindang di sepanjang jalan. Bagi Anda yang gemar berpetualang dan menguji nyali sepanjang jalan, air terjun di Kampung Cibeureum ini menawarkan rasa tantangan yang berbeda dari yang lain.

Banyak wisatawan mengunjunginya, terutama pada hari libur nasional. Kebanyakan tidak kecewa dengan apa yang disuguhkan, baik panorama alam maupun segarnya udara pegunungan. Juga tidak terlalu jauh dari kota besar seperti Jakarta, Depok dan Bekasi. Hanya saja sebagian besar jalan belum diaspal dan banyak tanjakan dan turunan yang terjal. Karena itu, untuk alasan keamanan, Anda harus berhati-hati.

Disebut Curug Hordeng karena bentuknya menyerupai Hordeng, yaitu tirai dalam bahasa setempat. Uniknya, air terjun ini tidak jatuh lurus ke bawah, melainkan miring. Ini karena arusnya yang cukup deras dan juga terdapat bebatuan di ujungnya sesaat sebelum air masuk ke dalam kolam. Airnya jernih dengan semburat kehijauan, Anda bisa melihat bebatuan di dasar kolam. Kedalamannya sekitar 2 meter untuk kolam yang letaknya persis di bawah air terjun. Kolam di sekitarnya sekarang cukup dangkal, jadi Anda bisa bermain air di sana.

Daya tarik Curug Hordeng

Objek wisata Curug HordengSumber Gambar: Google Maps Uya Setiawan

Setiap tempat wisata memiliki pesona tersendiri, termasuk air terjun ini. Makanya banyak orang yang datang, bahkan rela datang dari jauh. Berikut atraksi Curug Hordeng yang bisa Anda temukan baik di lokasi maupun saat bepergian!

1. Panorama alam pegunungan dan hutan

Di mana lagi Curug kalau bukan di hutan dan pegunungan! Selama perjalanan, Anda akan mendapatkan pemandangan alam berupa pohon pinus dan jenis pohon lain yang umumnya terdapat di dalam hutan. Kawasan Sentul masih alami karena belum banyak dijamah orang. Bahkan penduduknya masih minim, terutama yang masih bermukim di tempat-tempat wisata.

Udara disana masih bersih, tidak ada polusi dari pabrik atau kegiatan sejenis. Kalaupun ada, mungkin hanya asap dari kendaraan bermotor yang lewat. Selain itu, lokasi Curug Hordeng yang ketinggiannya sekitar 700 meter di atas permukaan laut, udara dingin dan sejuk pasti sangat terasa. Untuk ini ada baiknya jika tidak terbiasa dengan cuaca dingin, lebih baik memakai jaket.

2. Keindahan Curug Hordeng

Sesampainya di tempat tersebut, Anda akan terkagum-kagum dengan keindahan salah satu air terjun di Bogor. Airnya sangat jernih dengan warna hijau muda, kejernihannya bisa menembus bebatuan di bawah kolam. Jangan khawatir, untuk kolam yang agak jauh dari air terjun, cukup dangkal. Cocok untuk bermain anak atau anda yang tidak bisa berenang.

Air terjun ini terdiri dari dua tingkatan, dimana setiap tingkatan memiliki kolam tersendiri. Anak tangga pertama tentu saja berada di dekat air terjun. Tidak disarankan untuk berenang di kolam karena kedalamannya mencapai 3 meter. Sedangkan kolam kedua di aliran setelah kolam pertama terbentuk air terjun mini. Tapi itu bukan air terjun karena airnya mengalir melewati bebatuan yang landai.

Dari atas Anda juga bisa melihat keindahan air terjun yang ditumbuhi tumbuhan. Kebanyakan tumbuhan biasa yang tidak terlalu besar dan tinggi. Akar pohon terkadang menonjol dari bebatuan. Pemandangan alam yang disajikan di Curug Hordeng terbilang lengkap. Jangan heran ketika akhir pekan tiba, banyak wisatawan yang datang dan pergi dari tempat wisata.

3. Deret Curug

Objek wisata yang dimiliki oleh Curug HordengKredit foto: Instagram Ridwan adimuliya

Bukan hanya satu air terjun, melainkan beberapa tempat yang jaraknya tidak jauh, makanya disebut rangkaian air terjun. Sebelum atau sesudah menikmati pemandangan di air terjun utama, Anda bisa menuju Air Terjun Kembar. Seperti namanya, ada dua air terjun yang bersebelahan. Airnya mengalir dari sungai yang sama, makanya disebut Curug Kembar.

Tidak butuh waktu lama untuk mencapai tempat itu, hanya 10 menit melalui jalan setapak. Berhati-hatilah karena jalan yang Anda lewati cukup licin, terutama saat musim hujan. Kondisi kolam disana tidak jauh berbeda dengan air terjun utama, masih jernih, dan warnanya agak putih. Kedalaman kolam tidak terlalu dalam, sehingga berenang lebih aman.

Selanjutnya ada Air Terjun Ciburial yang bisa Anda tempuh dengan berjalan kaki sekitar 15 menit. Seperti air terjun lainnya, jangan berharap ada jalan beraspal saat berkunjung. Jalanan tanah dengan kontur bebatuan kecil dan besar siap menghalangi upaya Anda untuk menikmati keindahannya. Air terjun di titik ini tidak terlalu tinggi, namun kedalamannya tidak disarankan untuk berenang. Sekitar 4-5 meter, pastikan Anda perenang berpengalaman atau lebih baik hindari. Selain itu, arusnya juga cukup kencang, bahkan lebih kuat dari air terjun manapun yang ada di tempat ini.

Alamat dan rute menuju lokasi

Alamat Curug Hordeng BogorKredit Foto: Google Maps Ray Restu Fauzi

Alamat Curug Hordeng adalah Jl. Gunungwangun, Kp.Cibeureum, Desa Cibadak, Kecamatan Sukamakmur, Bogor, Jawa Barat. Banyak peregangan untuk dilewati tergantung dari arah mana Anda berasal. Jika Anda berangkat dari kawasan Jonggol, silakan ambil jalur Sukamakmur yang mengarah ke Cibadak. Lanjutkan perjalanan menuju Cibeureum, dari sana anda bisa melihat plang untuk menuju objek wisata tersebut.

Bagi yang dari Sentul, ambil jalan menuju Jungle Land dan arahkan kendaraan ke Gunung Pancar. Anda akan menemukan Desa Loji sebelum mencapai kawasan Cibeureum. Jalan di sini menanjak, Anda harus berhati-hati untuk melanjutkan perjalanan hingga ke pos masuk. Berbeda dengan yang datang dari Citerap, mengambil jalur Tajur, yang menuju Cibadak kemudian berakhir di Cibeureum.

Biaya masuk ke objek wisata

Harga tiket Hordeng BogorKredit foto: Google Maps hasan sadiq shahab

Tentu saja, menikmati keindahan alam dan keajaiban air terjun ada harganya karena penduduk setempat telah mengelola situs tersebut dengan baik. Dengan 35.000 rupiah, Anda sudah bisa menikmati semua yang ada di tempat wisata ini. Harga tiket juga berlaku di hari libur nasional, jadi tidak ada perbedaan antara weekday dan weekend.

Namun demi kenyamanan dan kepuasan beraktifitas di Curug Hordeng, akan lebih baik jika anda datang pada hari aktif karena tidak terlalu ramai. Selain itu, usahakan datang saat musim kemarau. Tidak hanya akses jalan yang licin saat hujan, air kolam juga jernih saat musim kemarau. Hal ini disebabkan arus yang kuat dan limpasan air yang lebih besar pada musim hujan menyebabkan air mengalir dan tambak menjadi keruh.

Hal menarik yang bisa dilakukan di Curug Hordeng

Aktivitas air terjun Bogor HordengSumber Gambar: Google Maps Sugeng Riyanto

Tidak hanya pemandangan alam yang indah dan menakjubkan untuk dinikmati di tempat-tempat wisata. Banyaknya kegiatan menarik yang bisa dilakukan juga menjadi alasan mengapa banyak wisatawan yang rela datang jauh-jauh dari luar kota. Bagi Anda yang baru pertama kali mengunjungi tempat wisata alam berupa air terjun dan masih ragu untuk memilih aktivitas yang menyenangkan, berikut rekomendasi kami!

1. Berenang di Curug Hordeng

Saat Anda berada di kolam, baik itu pemandian umum atau danau air terjun yang indah ini, berenang adalah kegiatan yang tidak boleh dilewatkan. Anda bisa berenang bebas di tempat ini karena airnya tidak terlalu dalam asalkan tidak langsung berada di bawah air terjun. Selain mencapai kedalaman lebih dari 2 meter, arusnya juga cukup kencang. Bermain air di kolam juga menyenangkan, terutama untuk anak-anak.

Selain berenang di Curug Hordeng, Anda juga bisa bermain air di Curug Kembar. Kedalaman kolam air terjun yang terletak sekitar 70 meter dari lokasi utama hanya sedalam mata kaki. Kolam di bawah air terjun tidak disarankan untuk berenang karena terlalu dalam. Begitu juga dengan Air Terjun Ciburial yang hanya bisa dijadikan tempat bermain air atau selfie. Kedalaman kolam mencapai lebih dari 4 meter, jadi lebih baik tidak berenang di sana.

2. Pelacakan yang menantang

Jalanan yang mulus dan datar ternyata jauh dari ekspektasi, malah Anda disuguhi jalan berkelok-kelok dengan tanjakan dan turunan yang ekstrim. Meski kendaraan bermotor bisa melaju hingga pintu gerbang, ada baiknya berhati-hati karena jalannya terkadang licin. Pastikan juga kondisi sepeda motor prima atau pilihlah mobil yang tidak terlalu besar. Bukan tanpa alasan jalannya cukup sempit saat Anda melewatinya bersama atau saat berpapasan dengan mobil lain.

Kendaraan tidak bisa langsung menuju Curug Hordeng, perlu parkir terlebih dahulu dan berjalan kaki untuk menuju lokasi. Jalan yang akan dilalui juga tidak mulus, bebatuan khas kontur gunung menjadi teman selama perjalanan. Ada keuntungan selama perjalanan ini, yaitu pemandangan indah hutan dan perkebunan milik warga. Sesekali Anda bisa berhenti untuk beristirahat sambil menikmati indahnya alam hijau perkebunan.

3. Foto selfie

Banyak wisatawan yang mengabadikan momen tersebut dengan selfie atau berfoto. Tak salah, karena panorama alam di sekitarnya selalu menggoda. Selain itu, banyak spot foto cantik yang menunggu, baik dalam perjalanan menuju lokasi maupun saat tiba di lokasi. Misalnya, jika Anda bepergian, ada tempat unik berupa geladak atau jembatan kayu. Latar belakang yang diambil berupa pepohonan hutan hijau yang tentunya membuat foto layak untuk diunggah ke media sosial.

Ada juga gazebo berbentuk bunga yang bisa dijadikan alternatif. Keduanya menawarkan keindahan alam yang menjanjikan dan menghasilkan foto yang sempurna. Tempat yang tidak kalah indahnya tentu saja situs Curug Hordeng. Bebatuan besar di samping air terjun bisa dijadikan tempat latihan menembak. Bagus atau tidaknya hasil foto sebenarnya tergantung dari sudut pemotretan. Namun kali ini Anda tidak membutuhkan fotografer profesional karena setiap titik dijamin memiliki angle yang bagus.

Fasilitas yang tersedia di kawasan Curug

Fasilitas Hordeng Curug BogorKredit foto: Google Maps Muhammad Yoan Al Rasyid

Fasilitas yang disediakan cukup terjamin karena pihak pengelola juga tidak ingin mengecewakan para pengunjung. Mulai dari tempat ibadah, toilet, dan tempat parkir, semuanya tersedia di sana.

Ada juga warung makan di sekitar tempat parkir yang bisa Anda beli saat berkendara. Belum ada penginapan, namun Anda bisa bermalam dengan berkemah di Puncak Masigit yang tidak jauh dari lokasi air terjun.

Pembahasan tentang wisata alam berupa air terjun memang tidak ada habisnya. Oleh karena itu, sebaiknya Anda datang langsung ke lokasi untuk meyakinkan diri akan keindahannya. Selain melakukan aktivitas seru di Curug Hordeng seperti yang direkomendasikan di atas.

Source: www.itrip.id

Related Articles

Back to top button