Tempat Wisata

Keindahan Curug Hordeng, air terjun tersembunyi di Bogor yang penuh pesona

Curug Hordeng Bogor merupakan air terjun yang tersembunyi di tengah panorama pegunungan dan hutan lebat, menawarkan suasana alam yang mempesona.

Harga tiket: Rp 20.000, Jam beroperasi: 07.00-15.00 WIB, Alamat: J L. Gunungwangun, Cibadak, Kecamatan. Sukamakmur, Kab.Bogor, Jawa Barat; Map: Periksa lokasinya

Jika Anda sedang jalan-jalan atau mencari keindahan alam yang mempesona, alam Indonesia menyimpan sejuta keindahan dan keunikan yang bisa dijelajahi. Destinasi wisata air terjun yang tak kalah indahnya adalah Curug Hordeng.

Tersembunyi di tengah hamparan hijau dan keindahan alam, air terjun ini menawarkan keindahan yang sangat menarik bagi seluruh wisatawan yang mengunjunginya. Air terjun eksotik di Bogor ini memancarkan pesona alam yang menakjubkan.

Dikelilingi pepohonan hijau, udara segar dan suara gemericik air yang menyejukkan, air terjun ini layak untuk dikunjungi saat liburan akhir pekan. Dengan keindahan alamnya yang masih alami, air terjun ini menawarkan banyak spot foto. Penasaran? Simak pada artikel dibawah ini.

Atraksi yang ditawarkan Curug Hordeng

Daya tarik Air Terjun HordengFoto: Google Maps/Curug Hordeng

Curug Hordeng merupakan destinasi alam dengan daya tarik yang luar biasa. Keunikan dan keindahan alam di sekitar air terjun ini membuatnya layak untuk dijelajahi dan dinikmati. Salah satu daya tarik air terjun ini adalah air terjunnya yang megah dan indah.

Nama Curug Hordeng berasal dari bentuk air terjun lebar berwarna putih bersih yang mengalir seperti tirai. Air terjun ini berada di ketinggian 720 meter di atas permukaan laut (MDPL) dan dikelilingi oleh vegetasi alam yang asri.

Pepohonan yang rindang, suara air dan segarnya udara membuat pengunjung merasa rileks dan terhubung dengan alam. Lingkungan yang tenang dan damai adalah tempat yang tepat untuk menyegarkan atau menyembuhkan.

Air terjun ini aman untuk berenang karena airnya bersih dan jernih. Dan kedalamannya hanya sekitar 1 hingga 2 meter. Di sini wisatawan bisa berenang di airnya yang sejuk bahkan menyelam.

Destinasi wisata ini juga menawarkan beberapa spot foto ikonik seperti jembatan kayu. Dengan latar belakang pemandangan alam yang indah dan hijau, spot foto ini menjadi salah satu spot foto yang populer ketika mengunjungi objek wisata alam ini.

Tak jauh dari wisata air terjun ini terdapat Air Terjun Ciburial yang wajib dikunjungi. Jaraknya hanya sekitar 15 menit berjalan kaki. Pemandangan dari Curug Ciburial pun tak kalah indahnya, airnya jernih dan sejuk.

Namun pengunjung tidak diperbolehkan berenang di Air Terjun Ciburial karena kedalaman airnya 4 hingga 5 meter dan arus di sana lebih kuat dibandingkan di Air Terjun Hordeng. Hati-hati karena ada batu licin di area tersebut.

Alamat, lokasi, rute dan tiket masuk

Alamat Air Terjun HordengFoto: Twitter/babijo

Destinasi wisata Curug Hordeng terletak di Desa Cibeureum, Desa Cibadak, Kecamatan Sukamakmur, Bogor, Jawa Barat. Wisatawan dari Jakarta bisa melalui Citeureup atau Sentul, namun disarankan melalui Citeureup karena lebih dekat.

Sedangkan akses menuju objek wisata air terjun dinilai masih sempit dan kondisi jalan masih kurang baik. Akses jalan terdiri dari tanjakan dan turunan yang cukup terjal dan terjal dengan beberapa tikungan tajam.

Oleh karena itu, wisatawan yang mengendarai sepeda motor harus lebih berhati-hati karena takut terpeleset. Apabila wisatawan membawa mobil, disarankan menggunakan mobil berukuran kecil, karena jalan yang tidak terlalu lebar akan menyulitkan untuk menyalip kendaraan lain.

Harga tiket masuk wisata air terjun ini adalah harga yang ditawarkan pada hari libur dan hari biasa. Biaya parkir juga berlaku bagi pengunjung dengan kendaraan pribadi.

Harga tiket masuk wisata air terjun ini hanya Rp 20.000 saja. Jika ingin mendaki, Anda bisa membeli Paket Wisata Curug Hordeng, Air Terjun Ciburial, dan Trekking Air Terjun Kembar seharga Rp 178.000.

Aktivitas yang menyenangkan

Kegiatan Air Terjun HordengFoto: Unsplash/Nadhofa Walannae

1. Berenang di Air Terjun Hordeng

Merasakan kesegaran air terjun usai berwisata trekking adalah pilihan yang tepat. Pengunjung dapat mandi di kolam air yang jatuh dari ketinggian dan menikmati sensasi segar dan alami. Airnya yang jernih dan sejuk menciptakan suasana yang menyenangkan, menjadikan berenang di kolam air terjun menjadi aktivitas yang sayang untuk dilewatkan.

Namun hati-hati jangan terlalu dekat dengan air terjun karena dasarnya terlalu dalam dan aliran airnya terlalu deras sehingga dikhawatirkan membahayakan.

2. Trekking

Bagi penggemar petualangan dan keindahan alam, trekking di sekitar Curug Hordeng Bogor menjadi kegiatan yang wajib dicoba. Pasalnya, untuk menuju air terjun harus melalui lembah yang subur dan medan yang cukup menantang.

Namun Anda tidak perlu khawatir tersesat karena rute trekking yang diberikan sudah jelas. Atau Anda bisa menggunakan jasa pemandu wisata di sekitar air terjun.

3. Bermain air di pinggir air terjun

Bagi keluarga atau rombongan yang mencari aktivitas ringan, bermain air di pinggir Curug Hordeng bisa menjadi pilihan yang menyenangkan. Airnya yang tidak terlalu deras membentuk kolam-kolam kecil di pinggirnya sehingga menciptakan area bermain yang aman dan menyegarkan. Kegiatan ini cocok untuk semua kalangan, terutama anak-anak yang ingin merasakan asyiknya bermain di luar ruangan.

4. Berkemah

Jika Anda merasa nyaman berlama-lama dan ingin merasakan kedamaian lebih lama, Anda bisa berkemah di kawasan air terjun ini. Pasalnya, di sekitar air terjun terdapat tempat perkemahan yang bisa digunakan untuk mendirikan tenda. Lokasinya juga tidak terlalu jauh dari air terjun.

Pastikan untuk membawa perlengkapan berkemah pribadi Anda karena tidak ada situs persewaan yang tersedia. Dan jangan lupa membawa logistik yang cukup, seperti makanan dan minuman yang mudah disiapkan, karena di sekitar air terjun tidak terdapat warung.

piknik

Jika tak ingin menginap di Curug Hordeng Bogor, aktivitas piknik bisa menjadi alternatif menikmati alam dengan tenang. Pengunjung dapat membawa perlengkapan piknik dan menikmati makanan di area yang telah ditentukan. Diiringi suara gemuruh air terjun dan gemerisik dedaunan menambah nikmatnya piknik di alam terbuka.

Fasilitas yang tersedia di kawasan pantai

Fasilitas Air Terjun HordengFoto: Instagram/Visitbogor

Bagi pengunjung yang berencana berkunjung ke kawasan wisata Curug Hordeng, penting untuk mengetahui fasilitas yang ditawarkan dan informasi harga tiket agar perjalanan dapat direncanakan dengan lebih baik. Berikut beberapa fasilitas yang umum tersedia dan perkiraan harga tiket:

area parkir

Objek wisata alam ini menawarkan tempat parkir yang cukup luas bagi kendaraan pengunjung. Pengunjung yang datang dengan mobil tidak perlu khawatir karena tersedia tempat parkir yang cukup luas untuk mobil.

toilet dan kamar mandi

Fasilitas toilet dan kamar mandi biasanya tersedia di kawasan wisata. Periksa apakah ada biaya tambahan untuk menggunakan fasilitas ini. Pengunjung tidak perlu khawatir dengan kebersihannya karena semuanya sudah dijaga dengan baik oleh warga dan juga pihak administrasi.

Ruang sholat

Karena letaknya yang tidak jauh dari pemukiman penduduk, maka tidak perlu khawatir ketika waktu salat tiba. Pasalnya di sekitar area air terjun terdapat musala yang bisa Anda manfaatkan.

Warung atau kios makanan

Untuk memenuhi kebutuhan pengunjung, terdapat warung makan atau kios yang menyajikan berbagai makanan ringan dan minuman. Harga makanan dan minuman juga bisa bervariasi.

Demikianlah ulasan informatif tentang keindahan Curug Hordeng di Bogor, Jawa Barat. Dengan beberapa atraksi dan fasilitas penunjang yang cukup lengkap, objek wisata ini bisa menjadi pilihan tepat untuk liburan akhir pekan.

Source: www.pesisir.net

Related Articles

Back to top button