Tempat Wisata

Curug Sadim: harga tiket, foto, lokasi, fasilitas dan spot

Kabupaten Subang menawarkan berbagai wisata yang sangat indah dan menarik untuk dijelajahi. Mulai dari wisata kuliner khas Subang, hingga wisata pantai, wisata air terjun hingga wisata budaya, semuanya bisa Anda temukan di Kabupaten Subang Jawa Barat. Salah satu wisata air terjun menarik yang bisa Anda kunjungi dan jelajahi lebih jauh adalah Air Terjun Sadim.

Pepohonan yang cukup rimbun dan udara yang masih segar membuat Curug Sadim sangat cocok sebagai tempat bersantai bersama keluarga dan teman. Air terjun ini dibuka sekitar tahun 2008 sebagai objek wisata. Air terjun ini merupakan salah satu taman agrowisata yang ditawarkan di Kebun Teh Nusantara VII Ciater.

Fasilitas di Curug Sadim

Beberapa fasilitas tersedia di air terjun ini, antara lain toilet, mushola, toko atau warung, serta beberapa pendopo tempat Anda bisa bersantai dan menikmati keindahan air terjun. Sayangnya, beberapa fasilitas umum tersebut masih kurang terawat dan tidak ada yang merawatnya. Lokasi air terjun ini sepi di hari kerja dan ramai di akhir pekan. Bagi pengunjung yang suka berkemahCurug Sadim adalah pilihan yang tepat untuk mendirikan tenda.

Keindahan Curug Sadim

Curug Sadim merupakan objek wisata yang masih segar dan alami. Pepohonan di sekitar air terjun ini cukup rimbun dan hijau. Udaranya yang segar membuat tempat wisata ini cocok untuk berlibur bersama keluarga dan teman. Hamparan hijau kebun teh menambah keindahan air terjun ini. Selain itu, terdapat berbagai macam bunga yang berbeda seperti bunga terompet yang tidak kalah indahnya.

Lokasi air terjun ini cukup tersembunyi di antara perkebunan teh Perkebunan Teh PT Nusantara VII. Jadi saat anda ke air terjun ini anda akan dimanjakan dengan keindahan hijaunya kebun teh dan pepohonan yang menjulang tinggi. Air di air terjun ini sangat jernih dan dingin. Tebing penyangga air terjun ini memiliki bentuk bebatuan yang unik seperti piramida dr batu kasar.

Berburu foto di Curug Sadim

Tempat menarik untuk fotografi ada di tebing yang mengelilingi Curug Sadim. Tebing-tebing itu unik karena bebatuan tersusun dari bawah ke atas instagramable. Memotret dari tebing akan membuat Anda serasa berada di hutan yang eksotis.

Anda juga dapat mengambil foto dengan melihat air terjun yang jernih. Selain itu, luasnya kebun teh hijau ini sayang jika tidak terekam kamera. Selain itu, Anda juga dapat menggunakannya untuk mengambil foto melihat bunga di kawasan Curug Sadim.

Tiket masuk Air Terjun Sadim

  • Biaya masuk: Rp 12.500/orang
  • Biaya tiket camping anak: Rp 20.000
  • Biaya Tiket Camping Dewasa: Rp 35.000

(Diperbarui Agustus 2023)

Jam buka Curug Sadim

Jalur akses menuju Curug Sadim

Curug Sadim terletak di Dusun Panarubah, Desa Cicadas, Kecamatan Sehari-hari, Kabupaten Subang, Jawa Barat. Curug Sadim terletak di kawasan Perkebunan Teh Nusantara VII Ciater, hanya berjarak sekitar 300 meter dari pintu masuk PTPN.

Untuk mencapai kawasan wisata air terjun ini, Anda bisa menggunakan kendaraan roda dua maupun roda empat. Waktu tempuh sekitar 15 menit atau 30 menit dari pusat kota Subang. Akses jalan tidak terlalu sulit dan cukup mudah ditemukan karena kawasan Curug Sadim sudah dikenal banyak orang.

Kondisi jalan menuju air terjun ini masih berupa jalan batu. Anda bisa berkendara melewati Jalan Sepanjangheran. Dibutuhkan sekitar 20 menit dari jalan ini untuk mencapai air terjun. Sedangkan bagi Anda yang berangkat dari Jalancagak, waktu tempuhnya sekitar 30 menit.

Sebaliknya, jika Anda dari Bandung, Anda bisa mengambil rute dari pertigaan antara Bandung, Ciater, dan Desa Cicada. Kemudian belok kiri menuju Desa Cicadas. Perlintasan tersebut ditandai dengan sebuah tugu di tengah-tengah perlintasan tersebut.

Dari sini Anda akan menemukan lapangan sepak bola di seberang jalan. Di seberang lapangan sepak bola, sekitar 300 meter, ada jalan menuju Curug Sadim. Sekitar 10 menit kemudian Anda akan menemukan kawasan wisata alam.Kamp Petualangan Capolaga“. Capolaga merupakan tempat perkemahan dan di sinilah Curug Sadim berada.

Tips berwisata di Curug Sadim

  • Persiapkan kebutuhan fisik dan kendaraan Anda semaksimal mungkin agar perjalanan berjalan lancar.
  • Jangan lupa membawa kamera untuk mengabadikan momen di air terjun.
  • Kenakan sandal yang nyaman karena Anda akan bermain air.
  • Jangan lupa membawa jaket atau pakaian tebal karena udara di sekitar air terjun cukup dingin.
  • Siapkan beberapa peralatan kesehatan seperti obat-obatan untuk antisipasi.
  • Bawa peralatan mandi seperti sabun dan sikat gigi.
  • Ikuti semua aturan yang ditetapkan oleh pemandu.
  • Pastikan kebersihan dengan membuang sampah di lokasi yang telah disediakan oleh manajemen.

Jika Anda sedang berada di kota Subang atau sedang merencanakan liburan ke sana, jangan lewatkan untuk berkunjung Curug Sadim. Eksotisme air terjun di hamparan kebun teh yang hijau dan sejuknya udara pasti menjadi daya tarik tersendiri. Selain itu juga terdapat tebing-tebing yang unik dan bunga terompet yang sangat indah. Sangat cocok sebagai tempat bersantai melepas penat dari rutinitas sehari-hari dan hiruk pikuk dengan polusi di perkotaan. Tentunya akan menjadi pengalaman berwisata atau liburan yang tak terlupakan bersama keluarga dan sahabat di Curug Sadim.

Galeri Foto Curug Sadim

Air terjun yang indah
Akses jalan menuju air terjun
berburu foto
berkemah
Menikmati keindahan air terjun

Source: www.tempatwisata.pro

Related Articles

Back to top button