Tempat Wisata

Gua Buniayu: harga tiket, foto, lokasi, fasilitas dan tempat

Jawa Barat merupakan tempat dengan banyak tempat wisata alam yang cukup eksotik dan menarik untuk dikunjungi. Tak heran jika banyak wisatawan yang datang ke kawasan ini, baik wisatawan domestik maupun mancanegara. Ada berbagai tempat yang bisa Anda dan keluarga kunjungi. Salah satu tempat dengan keindahan alam tersembunyi yang wajib Anda kunjungi adalah Gua Buniayu. Melakukan perjalanan ekstrem ke dalam perut bumi? Kamu harus mencobanya.

Gua Buniayu memiliki arti keindahan yang tersembunyi dan terdiri dari kata “Buni” (tersembunyi) dan “ayu” (indah). Tempat wisata ini terletak di Sukabumi, Jawa Barat. Bagi penduduk setempat, gua ini lebih dikenal dengan nama Gua Cipicung karena letaknya di Cipicung. Berbeda dengan para penjelajah, gua ini lebih dikenal dengan nama Goa Siluman. Dan untuk informasi Anda: Gua ini pernah dijadikan lokasi syuting film “Si Buta Dari Goa Hantu”, mungkin inilah salah satu alasan mengapa gua ini dinamakan Goa Siluman. Namun setelah goa ini dikelola oleh Perum Perhutani berubah nama menjadi Wisata Wana Goa Buniayu.

Tentang Gua Buniayu

Gua Buniayu memiliki luas sekitar 10 hektar. Gua ini pertama kali dieksplorasi pada tahun 1982 oleh ahli gua Indonesia bersama peneliti dari French Speological Federation, George Robert dan kawan-kawan. Hingga saat ini beberapa gua telah berhasil dipetakan antara lain Gua Cipicung, Gua Kumbang Lanang, Gua Nyangkut, Gua Adni, Gua Bibijilan, Gua Karsim, Gua Gede dan masih banyak lagi. Namun Gua Buniayu menjadi satu-satunya yang diimpikan wisatawan karena memiliki hiasan alam yang indah antara lain stalaktit, stalagmit, batu sungai, garundam dan hiasan lainnya yang mampu membuat wisatawan takjub. Selanjutnya ketika anda berkunjung ke goa ini anda akan disuguhi pemandangan dan pepohonan yang rindang dan sejuk.

Ada dua cara untuk menjelajahi Gua Buniayu. Pertama, cari gua umum (Gua Angin – pencarian horizontal). Medan di sini tidak terlalu sulit. Anda hanya perlu mengenakan sepatu boots dan begitu masuk Anda akan disuguhi pemandangan stalaktit dan stalagmit yang indah dan mempesona.

Berikutnya adalah pencarian gua khusus/dalam (Gua Kerek – pencarian vertikal-horizontal). Jika Anda menyukai tantangan, Anda harus menjelajahi Gua Kerek. Anda mulai dengan turun ke dalam gua dan menjelajahi gua selama 4 jam dengan perjalanan bervariasi yang dimulai melalui jalan berbatu, berlumpur, dan melewati sungai-sungai di dalam gua. Berhati-hatilah saat menjelajah karena banyak jalan licin dan terjal yang sangat berbahaya.

Pesona Gua Buniayu

Gua ini mempunyai tiga zona yaitu zona terang, zona senja, dan zona gelap abadi. Di area terangnya Anda akan disuguhi berbagai ornamen menarik dalam berbagai bentuk. Selanjutnya Anda akan menemukan zona senja, yang mulai sulit ditembus cahaya pada titik ini. Lalu di zona terakhir, zona gelap abadi. Seperti namanya, sinar matahari sudah tidak terlihat lagi. Untuk itu disarankan menggunakan headlamp untuk memberikan penerangan pada area tersebut.

Di dalam goa Anda juga akan menemukan sedimen indah menyerupai karang yang biasanya hanya terdapat di laut. Selain itu, di dalamnya terdapat sumur air asin dengan kedalaman 500 meter.

Fasilitas Gua Buniayu

Bagi Anda yang ingin bermalam, terdapat pilihan akomodasi di kawasan ini seperti kabin dan aula. Harga keluarga angkat Penawaran yang ditawarkan sangat beragam, mulai dari Rp 150.000 hingga Rp 600.000/malam dengan kapasitas 3-12 orang. Anda juga bisa mendirikan tenda di lokasi ini agar terlihat lebih alami. Selain itu, ada juga fasilitas outbound yang bisa Anda manfaatkan. Soal makanan, Anda tidak perlu khawatir karena di lokasi ini juga terdapat warung makan. Fasilitas lain seperti toilet umum dan keran air bersih juga tersedia di sini.

Baca juga: Pantai Ombak Tujuh, eksotisme keindahan pantai di Sukabumi

Peta lokasi Gua Buniayu

Harga tiket dan paket Gua Buniayu

  1. Biaya masuk kawasan Buniayu: Rp 5.000/orang
  2. Gua Horisontal (untuk kepentingan umum): Rp 20.000/orang
  3. Gua Vertikal + Perlengkapan (Jumpsuit + Boots + Helm + Webbing + Air Terjun Bibijilan + Pickup: Rp 150.000/orang

Jam buka Gua Buniayu

  • Buka Jumat hingga Minggu pukul 8 pagi hingga 4 sore

Tips berwisata ke Gua Buniayu

  • Persiapkan kondisi fisik dan kesehatan Anda
  • Gunakan lampu depan untuk menerangi gua
  • Bawalah peralatan P3K, minimal Elastoplast, untuk mengantisipasi apa yang mungkin terjadi saat menjelajahi gua.
  • Ikuti instruksi pemandu Anda. Usahakan untuk tidak menyentuh dekorasi yang ada di dalam gua seperti stamitit dan stalaktit. Sebab, kondisi ornamennya sangat halus. Menjamin kelestarian Gua Buniayu dengan tidak merusak dekorasi yang ada di dalamnya
  • Untuk penelusuran minat tertentu, kenakan pakaian Wearpark yang nyaman atau kasual perlengkapan Pilihlah pakaian yang agak longgar agar Anda lebih mudah bergerak
  • Tetapkan jadwal yang wajar dan usahakan untuk tidak datang saat musim hujan
  • Upaya dilakukan untuk membuat pedoman pemesanan jauh sebelumnya

Galeri foto Gua Buniayu

Selamat datang di Gua Buniayu
Potret di dalam gua
Turun melalui lubang di gua
Potret air setinggi dada di dalam gua
Potret pengunjung menjelajahi gua
Suasana di dalam gua
Hunting foto di dalam gua

Source: www.tempatwisata.pro

Related Articles

Back to top button