Tempat Wisata

HUTAN PINUS BANDUNG: 7 Tempat Wisata Keren

HUTAN PINUS BANDUNG: 7 Tempat Wisata Keren

Daerah Bandung memang identik dengan cuaca yang sejuk cenderung dingin. Suasana ini terutama terdapat di kawasan hutan pinus kawasan tersebut. Deretan pohon pinus menebar oksigen segar yang membuat suasana liburan semakin menyenangkan. menjelajahi daerah Hutan Pinus Bandungberikut 7 destinasi yang bisa dijadikan referensi:

1. Hutan Anggrek Hutan Pinus Cikole Lembang Bandung

Hutan Anggrek Bandung Barat.Hutan Anggrek Bandung Barat. Foto: GMap/Akash Senjaliya

Terletak di Lembang, Hutan Anggrek Cikole di tengah sejuknya kawasan hutan pinus Bandung Barat. Destinasi ini merupakan wisata taman anggrek terbesar di Indonesia dengan koleksi hingga 157 spesies anggrek. Koleksi anggrek yang dibuka sejak 2017 ini mencakup spesies langka dari dalam dan luar negeri.

Saat berada di kawasan hutan lindung seluas 12 hektar ini Anda bisa merasakan kesegaran alam. Lalu ada berbagai wahana menarik di antara pohon pinus yang menjulang tinggi. Wahana utamanya adalah Wood Bridge, sebuah jembatan sepanjang 50 meter yang dipagari lampu gemerlap di malam hari. Selain itu ada juga Ampiteater, Taman Cahaya juga Tempat perkemahan.

Baca: 8 Destinasi Wisata Terkenal di Bandung Barat

2. Taman Hutan Raya Ir. H. Djuanda

Taman Hutan Raya Juanda Bandung.Taman Hutan Raya Juanda Bandung. Foto: GMap/jeannie_yahya

Taman Hutan Raya Ir. H. Djuanda berada di Jalan Ir. H. Juanda No.99, Ciburial. Juga dikenal dengan nama Tahu Juanda, kawasan tersebut merupakan cagar alam sekitar 7 kilometer dari pusat kota Bandung. Wilayahnya meliputi hutan pinus, serta sungai Citarum dan Cikapundung. Sungai ini membentang dari Curug Dago hingga Curug Maribaya.

Taman Hutan Raya Ir. H. Djuanda resmi didirikan pada tahun 1965. Pembukaan destinasi ini merupakan bentuk apresiasi atas jasa Ir. H. Raden Djoeanda Kartawijaya. Ia merupakan putra Pasundan yang menjabat sebagai Perdana Menteri ke-10 Indonesia.

Dengan luas minimal 526,98 hektar, kawasan ini memiliki koleksi ribuan jenis tumbuhan. Alam Tahura Djuanda telah menjadi rumah bagi berbagai satwa seperti kera, burung ketilang dan kepodang.

Menjelajahi kawasan hutan, wisatawan bisa menemukan berbagai objek wisata yang menarik. Di dalamnya terdapat Air Terjun Kidang, Air Terjun Maribaya Nenek, Air Terjun Koleang dan Air Terjun Lalay. Lalu ada Gua Jepang, Gua Belanda, Batu Batik, Tebing Keraton dan Peternakan Rusa.

Baca: 7 Gunung Populer di Bandung yang Cocok untuk Trekking

3. Hutan Pinus Terminal Wisata Grafis Cikole Bandung

Wisata Hutan Pinus Terminal Wisata Grafika Cikole Bandung.Wisata Hutan Pinus Terminal Wisata Grafika Cikole Bandung. Foto: GMap/Yuli Sunaryati

Konsep wisata alam, Terminal Wisata Grafika Cikole berada di jalan raya Tangkuban Parahu Km 8. Tempat tersebut berada di kaki gunung dengan ketinggian sekitar 1400 mdpl, tidak jauh dari hutan anggrek Cikole.

Terminal Wisata Cikole Grafika menawarkan berbagai aktivitas keluar di tengah hutan pinus. Kawasan dengan luas minimal 9 hektar ini memiliki iklim sejuk khas kawasan pegunungan Lembang. Dengan suhu siang hari 20°C, destinasi ini menghadirkan suasana liburan yang menyegarkan.

Baik orang dewasa maupun anak-anak dapat mencoba berbagai wahana keluar. kendaraan rubah terbang mengajak wisatawan untuk meluncur lebih dari 125 meter di ketinggian 25 meter. Selain itu ada bola cat, menuruni tebing, Jembatan Burma dan Jembatan Dua Tali.

Lokasi ini juga menawarkan penginapan bernuansa alam di urban camp, family camping, dan cottage wisata alam. Selain itu ada Balai Dayang Sumbi, Saung Lesehan, Rumah Makan Sunda dan Balai Hutan dengan sajian kulinernya.

Baca: 8 Destinasi Wisata Populer di Bandung

4. Wisata Hutan Pinus Pal 16 Cikole Bandung

Wisata Hutan Pinus Mate 16 Cikole Bandung.Wisata Hutan Pinus Mate 16 Cikole Bandung. Foto: GMap/pal 16 Sirkuit menembus hutan pinus Cikole

Masih di Tol Tangkuban Parahu, teman hutan pinus 16 menambah daftar wisata hutan pinus. Terletak sangat dekat dengan Gunung Tangkuban Perahu, tempat ini dulunya zona tenang. Kontur datarannya lurus dengan udara yang sejuk sehingga cocok untuk rest area. Selain itu, suasana yang ditawarkan hening dengan pemandangan deretan pohon pinus dan udara yang menyegarkan.

Destinasi Hutan Pinus Pal 16 Cikole menawarkan tempat untuk beraktivitas keluar dan berkemah. Wisatawan dapat menikmati perasaan alam dan bersantai di atas tempat tidur gantung tertanam di pohon pinus. Sejumlah photo drive juga tersebar di sekitar area tersebut, dengan latar panorama kawasan hutan pinus yang rimbun.

Baca: Segarnya 7 Destinasi Wisata Curug di Bandung

5. Tur Batu Kuda

Wisata Hutan Pinus Batu Kuda BandungWisata Hutan Pinus Batu Kuda Bandung. Foto: GMap/Rizki Rismawan

Tur Batu Kuda menghadirkan Hutan Pinus Batu Kuda Manglayang di Cileunyi, Kabupaten Bandung. Kawasan yang dibuka sejak tahun 1982 ini berada di ketinggian lebih dari 1.000 Mpdl. Memberikan udara sejuk khas dataran tinggi. Ditambah dengan kabut tipis yang kerap turun di kawasan cagar budaya dengan hutan pinus. Situs Batu Kuda sendiri berjarak sekitar satu kilometer dari pintu masuk kawasan tersebut.

Tempat Wisata Batu Kuda merupakan salah satu pos dari Jalur Pendakian Malangyang. melacak kenaikan di sekitar area tersedia dalam bentuk melacak Tangga. Kemudian banyak juga wisatawan yang berwisata dengan sepeda lari jejak dengan masyarakat di daerah tersebut. Selain itu, wisata di Batu Kuda merupakan tempat berkemah yang populer bagi para pemanjat tebing.

Sementara itu, wisatawan bisa melihat dari sudut pandang yang tersedia pemandangan kota Di kejauhan terbentang kota Bandung. Area ini cocok untuk relaksasi tempat tidur gantung dan kegiatan “botram” atau piknik keluarga dalam bahasa Sunda. Batu Kuda juga cocok untuk mencicipi kopi khas yang diproduksi langsung di kawasan Manglayang.

Baca: Tiket Masuk & Tempat Wisata Puncak Bintang Bandung

6. Perkemahan Hutan Pinus Bandung

Perkemahan hutan pinus Lembang Bandung.Perkemahan hutan pinus Lembang Bandung. Foto: GMap/Habib Febriansyah

Berkemah di hutan pinus menghadirkan area camping eksklusif di Lembang, sekitar 22 kilometer dari pusat kota Bandung. Situs tersebut berada di tengah kawasan hutan pinus pada ketinggian minimal 1200 meter di atas permukaan laut dengan udara yang sejuk. Dibuka sejak tahun 2003, semua kebutuhan camping telah dipersiapkan dengan fasilitas yang stylish.

Kawasan wisata Pine Forest Camp Lembang juga melayani kebutuhan aktivitas keluar Wisatawan. Ada berbagai wahana seperti Pampers Pole, Elvis Walk, Jalur tali tinggi, off-road sampai rubah terbang. Paket wisata perkemahan standar, perkemahan eksklusif, dan perkemahan POD tersedia untuk menginap semalam. Ada juga vila, aula, perapian, jalan setapak Pelacakan, bahkan sampai helipad.

Baca: TEMPAT WISATA DI LEMBANG: 20 Destinasi Wisata Terbaik

7. Wisata Hutan Pinus Pananjung Bandung

Wisata Pinus Pananjung Bandung.Wisata Pinus Pananjung Bandung. Foto: GMap/ARJUNA SAMBA

Sudah terkenal sejak lama, wisata Pinus Pananjung digemari oleh wisatawan bahkan dari luar kota Bandung. Kawasan ini memadukan konsep wisata hutan pinus alami dengan keindahan panorama dari ketinggian. Begitu memasuki kawasan tersebut, wisatawan langsung dihadapkan pada pohon pinus yang menjulang tinggi. Oksigen alami yang dihasilkannya terasa begitu menyegarkan tubuh dan pikiran.

Selain hutan pinus, di kawasan ini juga terdapat lapangan gantung untuk kegiatan olahraga paralayang. Dikenal sebagai negeri di atas awan, tempat peluncuran gantole ini menawarkan panorama alam yang menakjubkan. Wisatawan bisa melihat luasnya kota Bandung dan Cimahi, PLTA Saguling, perbukitan hingga Gunung Tangkuban Perahu.

Source: travelspromo.com

Related Articles

Back to top button