Tempat Wisata

Kali Biru, pemandian alam dengan pemandangan alam yang indah di Kendari

Tidak hanya memiliki pemandangan yang indah, Pemandian Kali Biru Kendari juga gratis sehingga banyak wisatawan yang tertarik untuk datang ke sana.

harga tiket: Bebas, Waktu aktif: 24 jam, Alamat: Bungkutoko, Kec. Abeli, Kota Kendari, Sulawesi Tenggara; Bahan pengikat: pemeriksaan situs

Sulawesi merupakan pulau di luar Jawa yang memiliki sejuta pesona. Pulau ini memiliki keindahan alam yang luar biasa yang menarik banyak wisatawan untuk datang ke sana. Salah satu daya tarik utama pulau eksotis ini adalah Sungai Biru Kendari.

Kali Biru adalah tempat wisata terkenal di Kendari, Sulawesi Tenggara. Kota ini sudah ada sejak abad ke-19 dan menjadi ibu kota Kerajaan Laivoi. Kota Kendari sendiri dijuluki Kota Lulo. Sebutan tersebut diambil dari nama tarian tradisional suku Tolaki.

Kota Kendari memiliki banyak wisata yang membuat ramai dikunjungi orang. Tak heran kota ini disebut jendela Sulawesi. Nah pada artikel kali ini kita akan membahas salah satu keunggulan Kendari yaitu Sungai Biru yang terletak di Bungkutoko.

Daya Tarik Kali Biru Kendari

Objek Wisata Sungai Biru KendariSumber gambar: Google Maps Ahmed 47

Tempat ini merupakan tujuan wisata paling terkenal di Kendari. Banyak orang menikmati pengalaman yang menyenangkan dalam tur. Rupanya, beberapa pemandangan berikut membuat tempat itu semakin menarik bagi wisatawan.

1. Air asin

Atraksi pertama milik wisata ini adalah air asin. Alasannya berbeda dengan pemandian lain yang merupakan pemandian air tawar. Jadi jika Anda ingin merasakan bermain air atau berenang di air asin selain laut, Kali Biru bisa menjadi pilihan terbaik Anda.

2. Pemandangan alam yang indah

Kali Biru merupakan pemandian air laut yang selalu ramai dikunjungi orang. Pasalnya, selain airnya yang menyegarkan, tempat ini juga dikelilingi oleh pemandangan alam yang indah dan sejuk, serta kebersihan situsnya juga sangat terjaga.

Tentu hal tersebut menjadi daya tarik bagi wisatawan. Selain itu, Anda bisa melihat air laut yang hijau dan deretan pohon bakau di sekitarnya yang semakin menambah daya tariknya. Wisatawan tentunya akan merasa lebih betah tinggal di sana.

3. Fasilitas yang Memadai

Fasilitas pemandian Kali Biru Kendari juga sangat baik. Fasilitas di sana cukup lengkap dan layak untuk digunakan. Ada beberapa pendopo yang bisa digunakan pengunjung untuk bersantai. Paviliun ini adalah fasilitas yang dimiliki dan disewa warga.

Tidak hanya sebagai tempat peristirahatan, gazebo-gazebo yang ada di kawasan ini juga dilengkapi dengan pilihan pembilasan untuk memudahkan pengunjung yang selesai berenang. Tentu saja pengunjung harus membayar biaya untuk menggunakan fasilitas tersebut.

Biaya penggunaan tempat siram Rp 5.000 untuk satu tabung dan Rp 50.000-100.000 untuk menyewa gazebo. Harga sewa tergantung pada ukuran paviliun.

Namun, tidak hanya paviliun, tetapi juga fasilitas lainnya. Tersedia kamar kecil, tempat ibadah, tempat duduk dan persewaan ban yang dapat memenuhi kebutuhan dan keinginan pengunjung yang berlibur disana.

Bahkan ada papan loncat dua tingkat. Tingkat pertama cukup rendah dan karenanya cocok untuk orang yang takut ketinggian. Sedangkan tingkat kedua merupakan batu loncatan yang cukup tinggi. Level ini bisa digunakan oleh orang yang ingin melompat ke air dari ketinggian.

4. Harga wajar untuk makanan dan minuman

Kendari Blue River tidak hanya dikenal karena keindahannya, tetapi juga karena harga makanan dan minumannya yang terjangkau. Hal ini membuat banyak pengunjung merasa lebih nyaman, karena biaya menikmati aneka kuliner tidak bertambah.

Contohnya adalah harga secangkir kopi yang dijual hanya Rp 5.000 per gelas. Harga snack dan makanan juga sangat terjangkau. Jadi ini adalah tempat liburan terbaik bagi pengunjung dengan anggaran terbatas.

5. Kebersihan terjaga

Kali Biru juga terkenal dengan kebersihan kawasannya yang selalu terjaga dengan baik. Selain itu, tempat tersebut memiliki berbagai fasilitas yang tertata dengan jelas. Tempat wisata ini juga aman untuk anak-anak.

Tentu saja hal ini menjadi daya tarik tersendiri bagi para wisatawan karena disana mereka dapat menikmati keindahan pemandangan alam dan kuliner tanpa harus risih dengan tempat yang kotor. Hal ini juga menunjukkan bahwa pengelola tempat wisata tersebut telah berusaha semaksimal mungkin untuk dapat menarik wisatawan.

Alamat dan rute menuju lokasi

Alamat Sungai Biru KendariKredit foto: Google Maps Ahsan Hidayat Setiadi

Keindahan eksotik Kali Biru menjadikannya tempat wisata populer di Kendari. Kawasan wisata tersebut sebenarnya merupakan kawasan milik PT Pelindo IV yang dikelola oleh warga setempat.

Jika ingin ke sana, wisatawan bisa menempuh dua jalur, yakni Jalur Kota Tua dan Jalur Anduonohu. Pengunjung hanya perlu berkendara selama 27 menit dari Kota Kendari jika melalui Jalur Kota Tua yang berjarak 14 kilometer.

Pengunjung juga dapat dengan mudah menemukan tempat-tempat wisata tersebut menggunakan Google Maps. Alamatnya sendiri terletak di Bungkutoko, Kota Kendari, Provinsi Sulawesi Tenggara. Aksesnya juga mudah karena semua sarana transportasi bisa digunakan untuk menuju ke sana.

Biaya masuk wisata alam

Salah satu faktor yang membuat tempat wisata Kali Biru Kendari begitu ramai pengunjung adalah gratisnya tiket masuk dan biaya parkir. Jadi pengunjung tidak perlu membayar apapun untuk menikmati pemandangan dan berenang disana.

Namun, pengunjung tetap harus membayar untuk menyewa gazebo. Harga berkisar dari Rp 50.000 hingga Rp 100.000 tergantung ukuran paviliun. Area pembilasan juga dikenai biaya Rp 5.000 per tabung.

Aktivitas menarik di Sungai Biru Kendari

Aktivitas menarik di Sungai Biru KendariSumber gambar: Google Maps Ahmed 47

Nah setelah kita mengetahui tentang atraksi dan manfaat wisata pemandian Kali Biru Kendari, kita akan membahas beberapa aktivitas menarik dan menyenangkan yang bisa dilakukan disana. Kegiatannya tidak jauh berbeda dengan kegiatan di pemandian lainnya.

1. Menikmati pemandangan alam

Salah satu kegiatan menarik yang bisa dilakukan di Kali Biru adalah melihat pemandangan alam dan menikmati suasana yang sejuk. Karena masih dikelilingi pepohonan, lingkungan sekitar kawasan ini masih asri.

2. Berenang

Karena Kali Biru adalah wisata berenang, kebanyakan orang yang datang ke sana memang ingin berenang. Air di wisata berasa asin karena merupakan air laut. Namun tenang saja karena airnya masih aman digunakan untuk berenang.

3. Nikmati kuliner yang nikmat

Selain berenang, sebagian besar pengunjung juga menyempatkan diri untuk berburu kuliner. Sebenarnya banyak warung di sekitar Kali Biru yang menawarkan berbagai macam makanan dan minuman yang menggugah selera. Pengunjung bisa menyantapnya sambil bersantai di sana.

Fasilitas yang tersedia di kawasan wisata

Pabrik Sungai Biru KendariSumber gambar: Google Maps Ahmed 47

Terdapat beberapa fasilitas seperti warung makan, gazebo, tempat cuci piring, tempat parkir, tempat ibadah dan papan loncat. Selain itu, pengunjung bisa menyewa pelampung atau ban.

Tak hanya menjadi destinasi wisata yang populer di kalangan anak muda, Kali Biru Kendari juga cocok dijadikan wisata keluarga. Biasanya tempat ini sangat ramai saat musim liburan. Jadi jika ingin merasakan suasana tenang, kunjungilah di luar musim liburan.

Source: www.itrip.id

Related Articles

Back to top button