Tempat Wisata

Kebun Raya Cibodas: tiket masuk, foto, lokasi, fasilitas dan spot

Kapan terakhir kali Anda merasakan suasana perkemahan? Berkemah ala Pramuka memang menjadi kegiatan yang tak terlupakan. Tidak perlu pergi ke gunung untuk kegiatan ini. Saat ini sudah banyak tempat wisata yang menawarkan tempat kemping, sehingga Anda bisa berkemah tanpa takut ke daerah atau tempat perkemahan yang berbahaya. Kebun Raya Cibodas, namanya.

Tempat wisata ini merupakan taman yang hijau dan asri dengan luas hampir 80 hektar. Topografi bergelombang dan berbukit menjadikannya tujuan wisata. Fisiologi Tumbuhan, dr. FW Went berkesempatan untuk memaparkan keindahan Kebun Raya Cibodas kepada dunia. Ada juga yang memberi julukan Garden of Paradise in Asia.

Fasilitas di Kebun Raya Cibodas

Seperti yang bisa kamu lihat di atas, Kebun Raya Cibodas mendapat julukan “Taman Surga” di Asia, fasilitas yang ada di tempat ini sangat mumpuni. Terdapat lahan parkir luas yang mampu menampung puluhan kendaraan roda empat atau bus. Ada taman bermain anak, mushola, toilet umum, gazebo, shelter, teater terbuka, dan bumi perkemahan dengan kapasitas 200 tenda.

Sejarah Kebun Raya Cibodas

Diberitakan bahwa lebih dari seabad yang lalu, pada tahun 1852, pohon kina pertama (Cichona Calisaya Wedd) ditanam di Indonesia di Cibodas Singdanglaya Cianjur. Johannes Ellias Teysmann melakukan penanaman yang kemudian dikenal dengan Hortulanus Padas Lands Plansure di Te Buitenzorg, sekarang berganti nama menjadi Pusat Konservasi Tumbuhan Kebun Raya Bogor (LIPI).

Semula, situs ini merupakan bagian dari Kebun Raya Bogor dan berfungsi sebagai kawasan aklimatisasi, yaitu adaptasi iklim untuk berbagai jenis tanaman yang didatangkan dari luar negeri, yang tidak dapat tumbuh dengan baik di Bogor. Belakangan kawasan ini dikembangkan menjadi kebun raya dan mendapatkan namanya dalam Bergtuin te Tjibodas atau dalam bahasa Indonesia Taman Gunung Cibodas.

Sesuai surat keputusan Presiden LIPI tanggal 17 Januari 1987, nomor 2/KRP/D. 5/87 Johanner Ellias Teysmann akhirnya menamai kebun tersebut Cabang Kebun Raya Cibodas. Pada tahun 2000, acara peringatan hari jadi ke-148 diadakan di cabang Kebun Raya Cibodas. Jenis acara ini merupakan yang pertama, karena hingga saat ini belum pernah diketahui secara pasti pada hari apa kebun raya ini didirikan.

Untuk mendapatkan kepastian siapa pendirinya atau tanggal, bulan, dan tahun berapa pendiriannya, Dr. Akhirnya pada tanggal 13 Maret 1999, Dedy Darnedi, Direktur Pusat Konservasi Kebun Raya LIPI, membentuk tim untuk menetapkan arah pendirian Kebun Raya Cibodas dan Purwodadi, dengan tim yang diketuai oleh Dr. disutradarai . Soetomo Soerhaldoko, dengan sekretaris Dr. B. Paul Naiola dan terdiri dari Dr. Rusjdi E. Nasution, Sarkat Danimiharja, M.Si, Drs.R Subekti Purwantoro, Ibu Kinarti Aprilani Soegiarto, Sudjati Budi Susetyo.

pencarian riwayat

Terakhir, penelitian sejarah dilakukan dengan mempelajari literatur dari berbagai perpustakaan seperti Perpustakaan Kebun Raya Cibodas, Kebun Raya Bogor, Perpustakaan Nasional dan Arsip Nasional.

Akhirnya pada tanggal 11 April 1852 diambil kesimpulan bahwa tanggal tersebut adalah berdirinya Kebun Raya Cibodas, karena ada bibit kina dari Belanda yang akan ditanam di Pasir Tjibodas dan tiba di Kebun Raya Bogor.

Berburu foto di keindahan Kebun Raya Cibodas

Kebun Raya Cibodas merupakan kebun raya yang juga didukung oleh kumpulan pohon dari berbagai jenis dan varietas. Ada ratusan pohon di sini, baik tua maupun muda. Sekitar 5.831 spesimen tumbuhan dari 1.206 spesies hidup dan tumbuh di sini.

Untuk mengenal keindahannya, Anda juga bisa mengunjungi rumah kaca yang memamerkan spesimen tanaman dari total 350 spesies kaktus dan 360 spesies anggrek. Ada juga air terjun, curug cibodas, sungai, landscape site, kebun sakura, air mancur, danau dan konsep taman hijau yang asri dan sejuk. Anda dapat mengambil foto di mana saja sesuka Anda. Karena banyak yang menggunakan tempat ini sebagai tempat pemotretan untuk film, menjelang pernikahan atau untuk kepentingan lainnya. Tentu saja mereka semua memiliki tarif yang berbeda. Anda juga bisa menunggang kuda sambil menikmati keindahan alam.

Biaya masuk ke Kebun Raya Cibodas

  • Biaya masuk untuk gerbang pertama: Rp 12.000
  • Harga tiket masuk domestik dan internasional pada weekdays: Rp 15.500
  • Biaya masuk tiket akhir pekan domestik dan internasional: Rp 25.500
  • Biaya masuk sepeda pada hari kerja: Rp 15.000
  • Biaya masuk sepeda akhir pekan: Rp 20.000
  • Biaya Parkir: Rp 35.000
  • Biaya parkir motor: Rp 5.000

(Diperbarui Juni 2023)

Jam buka Kebun Raya Cibodas

  • Hari kerja dari jam 8 pagi sampai jam 4 sore
  • Akhir pekan dan hari libur umum dari jam 7 pagi sampai jam 4 sore

Akses Lokasi ke Kebun Raya Cibodas

Akses menuju tempat yang berjarak sekitar 85 km dari Jakarta atau 90 menit berjalan kaki ini dapat ditempuh dengan menempuh jalur Bogor – Puncak Jawa Barat kemudian jalan tol Cianjur dan sampai di pertigaan Cimacan. Dari situ, Anda tinggal berbelok ke arah Kebun Raya Cibodas yang jaraknya sekitar 4 km. Jika Anda menggunakan angkutan umum, Anda bisa menggunakan angkutan umum yang menuju ke Cipanas – Rarahan – Cibodas.

Tips berkunjung ke Kebun Raya Cibodas

Karena biaya masuknya murah, Anda dapat menggunakan waktu luang Anda untuk berwisata ke sini bersama rekan atau keluarga. Hubungi petugas jika Anda ingin mengunjungi siswa sekolah untuk perjalanan studi. Pra-pemesanan biasanya diperlukan di tempat-tempat seperti ini.

Jika Anda memiliki tujuan ini, tanyakan tentang biaya syuting atau biaya syuting terlebih dahulu. Pasalnya, tak sedikit artis yang sering mampir untuk melakukan pemotretan. Menjaga kebersihan di taman agar tetap asri dan tidak tercemar.

Kebun Raya Cibodas merupakan tempat wisata yang dibanggakan oleh penduduk lokal bahkan mancanegara. Bagikan informasi ini dan ambil gambar atau koleksi foto yang telah Anda ambil melalui media sosial Anda. Tunjukkan bahwa kita memilikinya Kebun Raya CibodaTaman Surga di Asia.

Galeri foto Kebun Raya Cibodas

Kebun Raya Ciboda
Potret udara Kebun Raya Cibodas
Potret pohon pinus
Konservatorium Kebun Raya Cibodas
Taman bunga
Kebun Raya Cibodas saat ini ramai pengunjung

Source: www.tempatwisata.pro

Related Articles

Back to top button